Counter-Strike: Global Offensive

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Counter-Strike: Global Offensive
CS-GO Logo.svg
Pengembang
PenerbitValve
KomponisMike Morasky
SeriCounter-Strike
EngineSource
Platform
Tanggal rilis21 Agustus, 2012
GenrePenembak orang pertama
ModeMultipemain

Counter Strike: Global Offensive adalah permainan dengan mode FPS (First-Person Shooting) yang dikembangkan oleh Valve Corporation dan Hidden Path Entertainment. Kedua perusahaan ini juga merupakan perusahaan yang mengembangkan Counter Strike: Source. Counter Strike: GO merupakan permainan keempat di dalam waralaba Counter Strike, tidak termasuk Counter Strike Neo dan Online. Counter Strike Global Offensive dirilis pada tanggal 21 Agustus, 2012 dan dapat dimainkan pada Microsoft Windows, OS X, Xbox Live Arcade dan Playstation Network versi Amerika. Counter Strike: Global Offensive menampilkan fitur-fitur klasiknya berupa peta yang ada dalam versi sebelumnya dan beberapa peta baru serta karakter tambahan. Permainan ini dapat dimainkan dengan menggunakan beberapa platform yang berbeda yaitu Windows, OS X dan PSN.

Alur permainan[sunting | sunting sumber]

Seperti halnya dalam versi-versi sebelumnya, Counter Strike: Global Offensive merupakan permainan dengan menggunakan sudut pandang orang pertama. Permainan ini didesain dengan menjadikan pemain sebagai penembak. Pemain dapat bergabung ke dalam kelompok Teroris ataupun Anti-Teroris di mana pemain diharuskan untuk menyelesaikan beberapa misi ataupun melenyapkan kelompok musuh. Permainan ini berlangsung dalam ronde yang pendek dan berakhir apabila pemain terkalahkan ataupun misi telah diselesaikan. Dalam kebanyakan mode permainan, seorang pemain yang kalah harus menunggu sampai ronde permainan selesai untuk dapat berpartisipasi kembali. Dalam permainan ini, pemain dapat membeli senjata dan perlengkapan lainnya pada permulaan dengan menggunakan uang yang didapat berdasarkan performa penyelesaian misi. Selain uang yang diberikan apabila pemain menyelesaikan misi atau mengalahkan musuh, terdapat juga sistem pengurangan uang apabila pemain melakukan kesalahan seperti membunuh sandera atau teman satu tim. Sebagai tambahan, setiap pemain mendapatkan hadiah uang setiap ronde yang selesai dan tim yang menang akan mendapatkan uang dengan jumlah yang lebih banyak.

Mode Permainan[sunting | sunting sumber]

Saat ini, Counter Strike: Global Offensive menampilkan 6 mode permainan untuk permainan online:

  • Classic Casual dan Competitive: mode permainan ini adalah mode yang paling dikenal oleh pemain Counter Strike. Dalam mode ini terdapat misi untuk penjinakan bom dan pembebasan sandera. Pada permulaan dari setiap ronde, para pemain dapat membeli senjata dan juga perlengkapan lainnya dari uang yang didapatkan dari beberapa tindakan, mulai dari membantu untuk membunuh musuh sampai penyelesaian misi. Untuk kedua jenis misi ini, setiap ronde akan berakhir apabila sebuah tim telah menyelesaikan misinya ataupun mengalahkan tim yang lain.
  • Penjinakan bom: Tim Teroris harus menanamkan peledak C4 pada beberapa tempat yang diperintahkan dan tim Anti-Teroris harus mencegah agar bom tersebut tidak meledak.
  • Pembebasan Sandera: Tim Anti-Teroris harus membebaskan beberapa sandera dari tim Teroris dan membawa mereka ke tempat yang telah disediakan. Tim Teroris harus mencegah agar sandera yang ada tidak dapat melarikan diri. Bagi kedua tim, membunuh seorang sandera akan mendapatkan penalti berupa pengurangan uang.
  • Arms Race: mode permainan dengan menggunakan sistem deathmatch di mana setiap pemain akan diberikan hadiah uang untuk setiap musuh yang dikalahkan dengan menggunakan senjata baru, di mana pemain pertama yang mengalahkan musuh dengan beberapa senjata yang ditentukan akan memenangkan permainan.
  • Demolition (Pemusnahan): mode permainan ini tidak memberikan kesempatan kepada pemain untuk membeli senjata pada awal permainan namun akan memberikan senjata baru yang telah ditentukan atas setiap musuh yang dikalahkan.
  • Deathmatch: mode ini diberikan batas waktu, yaitu 10 menit, di mana pemain diharuskan untuk mencapai skor tertinggi dengan mengalahkan musuh dengan senjata yang berbeda. Poin yang diterima oleh pemain bergantung kepada jenis senjata yang digunakan. Pemain juga dapat menerima waktu tambahan untuk setiap senjata yang digunakan untuk mendapatkan poin tambahan.
  • Danger Zone: Danger Zone adalah mode pertempuran royale di mana pemain mencari peralatan dan terlibat dalam pertempuran satu sama lain di arena pertempuran menyusut, dan pemain yang bertahan terakhir (atau tim pemain) menang. Mode ini memiliki maksimal 18 pemain per game, baik di Solo atau di Duos.

Pengembangan dan perilisan[sunting | sunting sumber]

Video luar
Counter-Strike: A Brief History, video YouTube yang diterbitkan oleh Valve pada 23 Januari 2017

Counter-Strike: Global Offensive adalah sekuel penembak orang pertama yang populer Counter-Strike: Source, dikembangkan oleh Valve. Pengembangan Global Offensive dimulai ketika Hidden Path Entertainment mencoba memasukkan Counter-Strike: Source ke konsol permainan video sebelum akhir masa pakainya.[1][2] Dalam pengembangannya, Valve melihat peluang untuk mengubah port tersebut menjadi permainan lengkap dan mengembangkan alur permainan pendahulunya. Global Offensive mulai dikembangkan pada Maret 2010, dan diungkapkan kepada publik pada 12 Agustus 2011.[3] Beta tertutup dimulai pada 30 November 2011, dan awalnya dibatasi untuk sekitar sepuluh ribu orang yang menerima kunci di acara yang dimaksudkan untuk menampilkan Global Offensive. Setelah masalah dengan klien dan stabilitas server diatasi, beta dibuka untuk semakin banyak orang,[4] dan pada E3 2012, Valve mengumumkan bahwa Global Offensive akan dirilis pada 21 Agustus 2012, dengan beta terbuka yang dimulai kira-kira sebulan sebelumnya.[4] Sebelum beta publik, Valve mengundang pemain Counter-Strike profesional untuk menguji permainan dan memberikan umpan balik.[5]

Ada rencana untuk multipemain lintas platform antara pemain Windows, OS X, Linux, Xbox 360, dan PlayStation 3, tetapi pada akhirnya terbatas untuk hanya menyertakan versi PC karena perbedaan frekuensi pembaruan antara sistem.[6] Pada 21 Agustus 2012, permainan ini dirilis secara publik di semua platform kecuali Linux,[7] yang tidak akan dirilis hingga 23 September 2014.[8]

Pada bulan Desember 2020, Operation Broken Fang telah dirilis. Ini beroperasi sangat mirip dengan operasi sebelumnya dengan 16 minggu misi untuk mendapatkan bintang, yang membuka hadiah kosmetik dan permainan. Itu juga memperkenalkan dua mode permainan baru, senjata kosmetik baru, peta baru dan peninjau statistik dalam permainan. Hadiah dan salah satu mode permainan hanya tersedia bagi mereka yang membeli tiket operasi.[9]

Promosi[sunting | sunting sumber]

SteelSeries Rival 300 Fade, item promosi untuk Global Offensive

Sejak perilisan permainan, Global Offensive memamerkan aksesoris yang telah dirilis. Tersedia toko resmi yang menjual produk-produk koleksi, termasuk versi kehidupan nyata dari "Five Year Veteran Coin".[10] Perusahaan seperti SteelSeries telah bermitra dengan Valve untuk mempromosikan periferal kehidupan nyata, termasuk headset, mouse, dan alas mouse.[11]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Penerimaan
Nilai agregat
AgregatorNilai
MetacriticPC: 83/100[12]
PS3: 80/100[13]
X360: 79/100[14]
Nilai ulasan
PublikasiNilai
DestructoidPC: 9.5/10[15]
EurogamerPC: 9/10[16]
GameSpotPC/PS3/X360: 8.5/10[17]
GameSpyPC: 4/5 stars[18]
IGNPC: 8/10[19]
PC Gamer (US)PC: 84%[20]

Counter-Strike: Global Offensive menerima sambutan yang umumnya positif dari para kritikus, menurut review aggregator Metacritic.[12][14][13] Sejak perilisan permainan, Global Offensive telah dengan mantap berada di puncak statistik Steam dalam hal sebagian besar pemain bersamaan.[21][22] Permainan ini memenangkan penghargaan "eSports Game of the Year" pilihan penggemar di The Game Awards 2015.[23]

Peninjau memuji kesetiaan Global Offensive pada permainan sebelumnya, Counter-Strike: Source, dengan Allistair Pinsof dari Destructoid menilai permainan ini sangat tinggi dan mengatakan bahwa Global Offensive adalah versi permainan yang "dipoles dan terlihat lebih baik".[15] Penulis GameSpot Eric Neigher mengatakan dalam ulasannya bahwa permainan ini tetap setia pada pendahulunya dengan menambahkan banyak konten, tetapi mengubah jumlah kecil dan mempertahankan fitur terbaiknya.[24] Peninjau di gamesTM menulis dalam ulasan mereka bahwa permainan ini berdiri "sebagai pengingat yang cemerlang bahwa desain permainan berkualitas dihargai dalam umur panjang dan variasi."[25] Mereka juga terus memberi selamat kepada Valve bahwa mereka tidak hanya memperbarui permainan populer, tetapi "telah benar-benar melampaui orang-orang sezamannya."[25] Martin Gaston dari VideoGamer.com menulis bahwa meskipun dia terlalu tua untuk benar-benar menikmati permainan, dia percaya bahwa itu adalah "angsuran bagus dari salah satu permainan terbaik yang pernah dibuat," dan beberapa orang akan mengalaminya" apa yang akan menjadi momen pasti dalam kehidupan permainan mereka."[26] Xav de Matos untuk Engadget menulis bahwa untuk harga, "Global Offensive adalah perpanjangan yang bagus untuk warisan itu."[27] Mitch Dyer dari IGN mengatakan bahwa "Global Offensive adalah tentu saja sekuel Counter-Strike – itu terlihat dan terasa akrab,dengan sedikit perubahan di sana-sini untuk membantu menyeimbangkan masalah lama dan mengejutkan pemain lama."[19]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama savedcsgo
  2. ^ McGee, Maxwell (August 29, 2011). "PAX 2011: Counter-Strike: Global Offensive Hands-On Preview – New Gear". GameSpot. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 13, 2017. Diakses tanggal January 13, 2017. 
  3. ^ Alec Meer (August 12, 2011). "Revealed: Counter-Strike: Global Offensive". Rock Paper Shotgun. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 22, 2017. Diakses tanggal November 8, 2011. 
  4. ^ a b Senior, Tom (October 31, 2011). "Counter-Strike: Global Offensive beta delayed". PC Gamer. Future plc. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 22, 2017. Diakses tanggal June 22, 2017. 
  5. ^ Alec Meer (August 15, 2011). "Counter-Strike: GO Explained Properly". Rock Paper Shotgun. Diakses tanggal November 10, 2011. 
  6. ^ Hinkle, David (March 5, 2012). "Counter-Strike: Global Offensive loses cross-play". Joystiq. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 22, 2017. Diakses tanggal June 22, 2017. 
  7. ^ Wesley Yin-Poole (June 4, 2012). "Counter-Strike: Global Offensive release date announced". Eurogamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 13, 2017. Diakses tanggal August 21, 2012. 
  8. ^ Stahi, Silviu (September 23, 2014). "Counter-Strike: Global Offensive Officially Lands on Linux, Skips Beta". Softpedia. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 13, 2017. Diakses tanggal April 13, 2017. 
  9. ^ "CS:GO - Operation Broken Fang". counter-strike.net (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-04. 
  10. ^ Chalk, Andy (April 8, 2017). "Valve is now selling a real-life Counter-Strike: Global Offensive 'Five Year Veteran Coin'". PC Gamer. Future plc. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 22, 2017. Diakses tanggal June 22, 2017. 
  11. ^ "SteelSeries Introduces Peripherals for Counter-Strike: Global Offensive and Dota 2". Entertainment Close-up. Close-Up Media. June 7, 2012. Diarsipkan dari versi asliPerlu langganan berbayar tanggal November 15, 2018. Diakses tanggal February 11, 2017 – via HighBeam Research. 
  12. ^ a b "Counter-Strike: Global Offensive for PC Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 10, 2017. Diakses tanggal August 25, 2012. 
  13. ^ a b "Counter-Strike: Global Offensive for PlayStation 3 Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 10, 2017. Diakses tanggal September 16, 2012. 
  14. ^ a b "Counter-Strike: Global Offensive for Xbox 360 Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 10, 2017. Diakses tanggal September 16, 2012. 
  15. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Destructoid Review
  16. ^ Bramwell, Tom (August 22, 2012). "Counter-Strike: Global Offensive Review". Eurogamer. Diakses tanggal August 25, 2012. 
  17. ^ "Counter-Strike: Global Offensive reviews (MAC, PS3, X360, PC, LNX)". GameSpot. August 31, 2012. Diakses tanggal May 19, 2015. 
  18. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama GameSpy Review
  19. ^ a b Dyer, Mitch (August 27, 2012). "Counter-Strike: Global Offensive Review". IGN. Ziff Davis. Diakses tanggal August 28, 2012. 
  20. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama PCGamer Review
  21. ^ Walker, Patrick (October 16, 2015). "How Counter-Strike: Global Offensive is still dominating Steam". Diarsipkan dari versi asli tanggal August 18, 2017. Diakses tanggal August 18, 2017. 
  22. ^ Lahti, Evan (March 25, 2014). "Valve explains how CS:GO became the second most-played game on Steam". Diarsipkan dari versi asli tanggal August 18, 2017. Diakses tanggal August 18, 2017. 
  23. ^ Sarkar, Samit (December 3, 2015). "Here are the winners of The Game Awards 2015". Polygon. Vox Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 22, 2017. Diakses tanggal June 22, 2017. 
  24. ^ Neigher, Eric (August 31, 2012). "Counter-Strike: Global Offensive Review". GameSpot. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 9, 2017. Diakses tanggal April 9, 2017. 
  25. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama gamestmreview
  26. ^ Gaston, Martin (August 23, 2017). "Counter-Strike: Global Offensive Review". VideoGamer.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 12, 2017. Diakses tanggal April 12, 2017. 
  27. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama engadgetreview

Pranala luar[sunting | sunting sumber]