Dota 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Dota 2
DotA2.jpg
Logo
Pengembang Valve Corporation
Penerbit USA Valve Corporation

PRC Perfect World ROK Nexon Co. Ltd. JPN Nexon Co. Ltd.

Distributor Steam
Sutradara Erik Johnson
Perancang IceFrog
Penulis Chet Faliszek
Ted Kosmatka
Marc Laidlaw
Komposer musik Jason Hayes
Tim Larkin[1]
Chance Thomas[2]
Aplikasi dasar permainan Source
Platform Microsoft Windows, OS X, Linux[3]
Tanggal rilis Microsoft Windows 9July 2013[4]
OS X & Linux 18 July 2013[5]
Genre Multiplayer online battle arena
Mode Multiplayer
Media digital/distribusi Download

Dota 2 adalah sebuah permainan multiplayer online battle arena, merupakan sekuel dari Defense of the Ancients mod pada Warcraft 3 : Reign of Chaos dan Warcraft 3 : The Frozen Throne. DotA 2 dikembangkan oleh Valve Corporation, terbit juli 2013 dota 2 dapat dimainkan secara gratis pada operation system Microsoft Windows, OS X and Linux. Dota 2 dapat dimainkan secara eksklusif melalui distributor resmi valve, Steam.

Dota 2 dimainkan oleh 2 team yang beranggota 5 orang pemain, setiap tim memiliki markas yang berada dipojok peta, setiap markas memiliki satu bangunan bernama "Ancient", Dimana tim harus berusaha menghancurkan "Ancient" tim lainnya agar dapat memenangkan pertandingan. Setiap pemain mengontrol satu karakter "Hero" yang berfokus pada menaikan level, mengumpulkan gold, membeli item dan melawan tim lawan untuk menang.

Pengembangan Dota 2 dimulai sejak tahun 2009. Ketika pengembang mod DotA, Icefrog, dipekerjakan oleh Valve sebagai lead designer. Dota 2 dipuji oleh kritikus karena gameplay-nya, kualitas pembuatan dan kesetiaan pada gameplay pendahulu (DotA mod Warcraft 3). tetapi Dota 2 juga menuai kritik sebagai game yang susah dipelajari dan para pemain yang tidak ramah. Dota 2 menjadi game yang memiliki aktifitas pemain paling banyak di Steam, dengan pucak 800,000 pemain online bersamaan setiap hari.

Perkenalan Gameplay[sunting | sunting sumber]

Dota 2 mengadu 2 tim berisikan masing-masing 5 pemain, tim sebelah kiri disebut "Radiant" dan tim sebelah kanan disebut "Dire, dimana keduanya memiliki markas utama yang disebut Ancient dan tim pertama yang berhasil menghancurkan Ancient lawan adalah pemenangnya. Terdapat 3 jalan atau jalur (disebut ‘lanes’) yang menghubungkan kedua Ancient tersebut dan pasukan (‘creeps’) yang spawn atau muncul secara berkala di jalur-jalur tersebut, Setiap 'lanes' memiliki 3 menara yang akan menyerang hero atau creeps didekatnya (disebut 'tower'). Pada tower terakhir terdapat 2 barracks yaitu melee barracks dan ranged barracks. Apabila melee barracks atau ranged barracks hancur, Maka creeps musuh akan bertambah kuat (disebut 'super melee creeps atau super ranged creeps), bertarung dengan ‘creeps’ lawan di sepanjang pertempuran menuju Ancient lawan.

Masing-masing pemain dapat mengendalikan sebuah unit/ karakter yang disebut ‘Hero’ yang dipilih pada awal permainan. Terdapat lebih dari 100 Hero dengan type yang berbeda : Strength, Agility dan Intelligence. Setiap Hero memiliki 4 skill (beberapa memiliki lebih) aktif maupun pasif. Dengan membunuh creeps, menaikkan level, membeli item dan membuat keputusan strategi, pemain akan berusaha menjelajah map untuk menghancurkan Ancient lawannya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Napolitano, Jayson (August 23, 2011). "Composer Jason Hayes joins audio team at Valve". Destructoid. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 10, 2012. 
  2. ^ Greening, Chris. "DOTA 2 adds epic orchestral music pack from Chance Thomas". Game Music Online. Diakses tanggal 12 September 2014. 
  3. ^ "Dota 2 on Steam". Steam. Valve Corporation. Diakses tanggal July 19, 2013. 
  4. ^ Hernandez, Patricia (July 9, 2013). "Valve Finally "Releases" DOTA 2". Kotaku. Diakses tanggal July 9, 2013. 
  5. ^ McDonald, Tim. "Dota 2 patch adds Linux and Mac support, plus customisable chat wheel". incgamers.com. IncGamers. Diakses tanggal July 19, 2013.