SteamOS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SteamOS
SteamOS 3.0 "holo" dengan desktop default KDE Plasma 5 yang berjalan di Steam Deck
Perusahaan / pengembangValve, Collabora[1]
KeluargaMirip Unix
Status terkiniAktif
Model sumberSumber terbuka sistem dasar dengan komponen sumber tertutup.
Rilis perdana13 Desember 2013; 10 tahun lalu (2013-12-13)
Repositorihttps://repo.steam powered.com/steamos/
Target pemasaranGaming, entertainment
Ketersediaan bahasaBermacam-macam
Manajer paket
Dukungan platformx86-64
Kernel typeMonolithik (Linux)
Ruang penggunaGNU
Antarmuka bawaanSteam (gaming mode)
KDE Plasma 5 (desktop mode)
Situs web resmiSteamOS

SteamOS adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Valve. Sistem operasi ini menggabungkan Steam dan merupakan sistem operasi utama untuk Steam Machines dan Steam Deck. SteamOS merupakan sistem operasi sumber terbuka dan juga sumber tertutup untuk beberapa komponennya.

SteamOS awalnya dibuat untuk mendukung streaming video game dari satu komputer pribadi ke komputer yang menjalankan SteamOS dalam jaringan yang sama, meskipun sistem operasi tersebut dapat mendukung sistem mandiri dan dimaksudkan untuk digunakan sebagai bagian dari platform Steam Machines. SteamOS versi 1.0, dirilis pada bulan Desember 2013, dan 2.0 didasarkan pada distribusi Debian dari Linux dengan desktop GNOME.[4] Dengan SteamOS, Valve mendorong pengembang untuk memasukkan kompatibilitas Linux ke dalam rilis mereka untuk lebih mendukung opsi game Linux.

Pada bulan Februari 2022, Valve merilis perangkat genggam komputer gaming Steam Deck yang menjalankan SteamOS 3.0. SteamOS 3 didasarkan pada distribusi Arch Linux dengan KDE Plasma 5.[5][6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Works after disabling write-protection on the OS image. Packages installed with pacman may not persist across updates.[3]
  1. ^ "Portable Linux gaming with the Steam Deck". Collabora (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-11. 
  2. ^ "SteamOS". Diakses tanggal December 12, 2013. 
  3. ^ "Steam Support :: Steam Deck Desktop: FAQ". Steam Support (dalam bahasa Inggris). What if I want to do more than what’s available by flatpak?. Diakses tanggal 2023-10-03. 
  4. ^ Makuch, Eddie. "Valve mengungkap Mesin Uap". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 September 2013. Diakses tanggal 30 September, 2013. 
  5. ^ Duckett, Chris (16 Juli 2021). "Steam Deck adalah PC genggam bertenaga AMD dari Valve yang menjalankan KDE di Arch Linux". ZDNet. Diakses tanggal 16 Juli 2021. 
  6. ^ "Spesifikasi Teknis". Steam Deck. Valve Corporation. Diakses tanggal 16 Juli 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Linux distributions