Pasifik Satelit Nusantara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari PSN)
Lompat ke: navigasi, cari

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pasifik Satelit Nusantara (PSN) berdiri pada tahun 1991, adalah perusahaan satelit swasta pertama di Indonesia. Berawal dari sebuah ide sederhana namun inovatif dari dua orang ahli satelit yakni Bpk. Adi Rahman Adiwoso dan Bpk. Iskandar Alisjahbana. Kedua ahli memahami bahwa teknologi satelit memiliki umur yang telah ditentukan dan pada saat proses penggantian satelit sering kali masih terdapat bahan bakar yang tersisa untuk menjaga satelit tetap berada pada orbit inclined, sehingga akan memperpanjang umur satelit.

Pada tahun 1992, PSN memperoleh satelit Palapa B1 yang telah habis usia ekonomisnya dan memperpanjang masa pakainya. Pada fase awal, PSN merupakan perusahaan yang menyewakan transponder satelit. Beberapa tahun kemudian PSN bersama dengan PT. Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) dan Huges Corporation membangun satelit Palapa C1 yang memiliki kapasitas, usia dan kekuatan yang lebih baik.

Di kawasan Asia, PSN bersama dengan dua mitra dari Filipina dan Thailand, membentuk The Asia Cellular Satellite (ACeS), sebagai usaha untuk menyediakan layanan telepon genggam berbasis satelit di kawasan Asia Pasifik. ACeS menggunakan satelit milik sendiri yaitu Garuda-1 yang memiliki cakupan layanan regional.

Pada tahun 1996, dengan meningkatnya kebutuhan akan jasa sewa transponder, PSN meluncurkan satelit Palapa C2. Dengan keunggulan dan posisi bisnis dalam industry satelit dan telekomunikasi, PSN terus melihat peluang pasar yang besar yang dapat dimanfaatkan.

Sekilas Perusahaan[sunting | sunting sumber]

PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN) merupakan operator dan perusahaan yang bergerak dibidang informasi dan telekomunikasi satelit. Berawal dari usaha penyediaan transponder satelit, kini PSN tumbuh menjadi penyedia layanan informasi dan komunikasi berbasis satelit.

PSN memberikan layanan komunikasi bergerak berbasis satelit melalui BYRU dan PASTI, dan juga juga layanan komunikasi data melalui satelit kepada industri perbankan, perkebunan, dan industri lainnya, baik dengan sistem VSAT IP maupun SCPC.

PT. Pasifik Satelit Nusantara tercatat sebagai perusahaan satelit swasta pertama dan salah satu dari 5 operator satelit di Indonesia, serta menjadi pelopor inovasi Mobile VSAT (MVSAT) yang merupakan sistem antena VSAT bergerak dengan teknologi Auto Pointing pertama buatan bangsa Indonesia.

Visi dan Misi[sunting | sunting sumber]

Visi: Menjadi perusahaan satelit terdepan dengan menyediakan layanan terlengkap dan terluas.

Misi: Berkomitmen untuk memberikan nilai terbaik bagi para pemegang kepentingan (stakeholders) dengan menyediakan layanan yang terlengkap melalui pengembangan inovasi produk yang berkelanjutan dengan kualitas dan teknologi terbaik.

Bidang Usaha[sunting | sunting sumber]

PSN mengoperasikan sistem satelit dengan memanfaatkan berbagai macam transponder yang ada, yaitu jenis C-Band, extended C-Band dan Ku-Band baik dari satelit yang dimiliki atau disewa oleh Perusahaan.

Transponder C-Band terutama digunakan untuk layanan Cellular Backhaul PSN, untuk beberapa transponder lainnya digunakan untuk bisnis VSAT, sedangkan Transponder Ku-Band digunakan untuk VSAT Broadband.

Selain memiliki dan menyewakan transponder satelit, PSN juga telah memiliki izin untuk menggunakan dua slot orbit satelit, yaitu di 144o Bujur Timur serta di 146o Bujur Timur. Perusahaan juga memiliki beberapa izin untuk mengoperasikan jaringan tetap tertutup (JARTUP), sebagai penyedia layanan internet (ISP) serta penyedia akses jaringan (NAP).

PSN mengoperasikan Pusat Kontrol Jaringan/Network Operation Center (NOC) di Kawasan Industri Karyadeka Pancamurni, Cikarang, Bekasi yang dibangun di atas lahan sebesar 25.000 meter persegi untuk memantau dan mengawasi jaringan komunikasi dan internet yang dimiliki.

NOC PSN dilengkapi dengan catu daya cadangan mandiri dan terhubung dengan Internet Exchange & Telco Interconnection Center. Perusahaan juga mengoperasikan NOC di Jakarta untuk memonitor jaringan layanan internet PSN serta sebagai pusat jaringan lalu lintas data. Kedua NOC saling terhubung melalui jaringan serat optik yang cepat dan canggih.

Satelit PSN[sunting | sunting sumber]

Satelit-satelit yang digunakan PSN, baik yang dimiliki

Satellite Name Platform Contractor Lifetime Band Served Status Used
TELKOM 2 (118°E) GEOSTAR-2 Orbital Sciences Corporation 15 years C-Band Cell Backhaul/ VSAT-SCPC Leased 2 txp
Palapa-D (113°E) Spacebus-4000B3 Thales Alenia Space 15 years Ext C-Band VSAT-IP Leased 2 txp
Palapa-C2 (146°E) 601 HP Boeing 14 years C-Band, Ext C-Band, Ku-Band Cell Backhaul/ VPN, VSAT-SCPC Owned 24 txp C-Band (8 used), 6 txp Ext C-Band (5 used)
APSTAR VI (134°E) SB 4000 C2 Thales Alenia Space 15 years Ext C-Band Cell Backhaul Leased 1 txp
APSTAR V (138°E) LS-1300 Space Systems Loral (SSL) 13 years Ext C-Band Cell Backhaul Leased 1 txp
MEASAT-3 (95.5°E) BSS-601HP Boeing 15 years Ext C-Band VSAT-IP Leased 1 txp
CHINASAT 11 (98°E) DFH-4 Bus China Aerospace Science & Technology Corporation (CASC) 15 years Ext C-Band VSAT-SCPC Leased 1 txp
ASIASAT 3S (146°E) HS-601HP Boeing 15 years C-Band, Ku-Band Cell Backhaul, VSAT-SCPC Leased 28 txp C-Band (11 used)
Koreasat-8 (75°E) LS-1300 Space Systems Loral (SSL) 15 years Ku-Band VSAT-SCPC Leased 6 MHz

Produk dan Layanan[sunting | sunting sumber]

Dalam menjalankan bisnisnya, PSN menawarkan produk dan layanan informasi dan komunikasi berbasis satelit kepada pelanggan. Produk dan layanan tersebut dibagi ke dalam beberapa kategori berikut:

Transponder Leasing[sunting | sunting sumber]

Transponder Leasing atau Penyewaan Transponder Satelit adalah salah satu bisnis inti pertama PSN. PSN merupakan perusahaan penyewa transponder satelit terkemuka di kawasan Asia yang dapat digunakan untuk penyiaran (broadcasting), koneksi backbone maupun backup dan komunikasi VSAT dengan pilihan spectrum frekuensi C-Band, Extended C-Band dan Ku-Band.

Cellular Backhaul[sunting | sunting sumber]

PSN menyediakan backbone/backhaul untuk jaringan seluler dengan interkoneksi stasiun terestrial melalui relay satelit, di mana data yang dikirim dari BTS (Based Transceiver Satellite) ke BSC (Based Station Controller) dan BSC ke MSC (Mobile Switching Center) melalui jaringan lain atau link jaringan internal. Sistem ini diterapkan untuk menjangkau daerah-daerah di pelosok Indonesia yang tidak memiliki jaringan telekomunikasi terrestrial.

Dengan wilayah geografi Indonesia yang terdiri dari pegunungan dan lautan, kebutuhan untuk menggabungkan sistem jaringan satelit dan terestrial untuk dapat menyediakan cakupan jaringan seluler yang memadai terus meningkat.

Jaringan Cellular Backhaul melalui satelit ini juga dapat digunakan sebagai jaringan backup untuk mengantisipasi gangguan pada sistem kabel laut atau upgrade dan migrasi kapasitas jaringan yang ada dengan lebih cepat.

PSN sendiri telah menjadi penyedia utama layanan berbasis satelit untuk Cellular Backhaul sejak tahun 2001 kepada operator GSM terbesar di Indonesia yang menghubungkan jaringan seluler di seluruh Indonesia, bahkan hingga ke daerah terpencil.

VSAT Services[sunting | sunting sumber]

Salah satu layanan utama yang ditawarkan oleh PSN adalah layanan VSAT. VSAT adalah singkatan dari Very Small Aperture Terminal, sebuah istilah yang digunakan untuk menerangkan alat komunikasi satelit dengan antena yang berdiameter mulai dari 1m hingga 4.5m. Layanan VSAT memungkinkan penyediaan konektivitas yang hemat biaya, handal dan aman di seluruh wilayah cakupan satelit.

By Band Spectrum[sunting | sunting sumber]

VSAT C-Band[sunting | sunting sumber]

Layanan VSAT PSN dengan spektrum C-band dikenal dengan kehandalannya terhadap perubahan cuaca dan Service Level Agreement (SLA) yang tinggi. VSAT C-Band umumnya digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan tingkat kehandalan serta keamanan yang tinggi seperti aplikasi perbankan, layanan darurat dan implementasi ERP.

Dalam hal alokasi bandwidth untuk VSAT C-Band, PSN menawarkan layanan VSAT-Internet Protocol (VSAT-IP) dengan rasio bandwidth yang dibagi ke beberapa pelanggan, serta layanan VSAT SCPC (Single Carrier Per Channel) yang menjamin tersedianya bandwidth tertentu (dedicated) untuk setiap terminal VSAT.

Ubiqu - VSAT Ku-Band[sunting | sunting sumber]

Ubiqu adalah layanan VSAT Ku-Band terbaru dari PSN yang menawarkan koneksi broadband dengan perangkat antenna yang lebih kecil dan harga yang lebih terjangkau.

Layanan Ubiqu dapat digunakan siapa saja yang membutuhkan koneksi internet, baik itu di rumah, sekolah, pedesaan (kantor desa), usaha kecil menengah (UKM), klinik, rumah sakit maupun berbagai macam jenis bisnis usaha multi sektor lainnya.

Ubiqu menjadi solusi layanan internet broadband di mana saja di seluruh Indonesia karena dapat melayani hingga ke daerah yang tidak ada jaringan komunikasi terrestrial seperti radio, GSM, kabel dan fiber optik.

By Services[sunting | sunting sumber]

VSAT VPN[sunting | sunting sumber]

Layanan VSAT Virtual Private Network (VPN) memungkinkan beberapa lokasi kantor atau situs dalam suatu organisasi dapat terhubung melalui suatu jaringan tertutup, meskipun mereka tersebar di lokasi yang berbeda. Pengguna layanan VSAT VPN pada umumnya adalah bank, pemerintah dan juga industri lainnya. Keamanan dan kehandalan adalah dua aspek penting dari layanan ini karena sensitivitas dan urgensi dari data yang dikirimkan.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, PSN menawarkan pilihan layanan yang fleksibel, mulai dari konfigurasi layanan yang sesuai dengan kebutuhan individu hingga yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan lalu lintas tinggi bagi perusahaan-perusahaan besar.

VSAT Internet[sunting | sunting sumber]

Layanan VSAT Internet memungkinkan daerah atau lokasi yang tidak terjangkau jaringan terrestrial seperti kabel, fiber maupun selular untuk dapat menikmati layanan Internet.

Layanan ini menawarkan bandwidth yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dengan pilihan akses unlimited maupun berbasis quota yang terjangkau dan efisien.

Dengan menggunakan hub tersendiri, yang terhubung dengan backbone internet lokal maupun internasional melalui satelit dan serat optic, serta dipadukan dengan teknologi terkini untuk mengakomodasi naiknya permintaan kebutuhan internet, PSN terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Dengan efisiensi yang lebih tinggi, PSN menawarkan nilai terbaik dengan harga yang terjangkau dibandingkan dengan kompetitor lain.

VSAT Hardware Solutions[sunting | sunting sumber]

VSAT Auto Track[sunting | sunting sumber]

PSN terus berupaya untuk mengembangkan dan memperluas layanan VSAT melalui inovasi dengan memanfaatkan keahlian yang dimilikinya. Pada 2015, PSN menyempurnakan desain platform antena autotracking yang disebut SAPM (Single Axis Polar Mount) dan DAZEL (Dual Axis Azimuth Elevation). Platform yang dikembangkan sendiri ini memungkinkan VSAT untuk digunakan pada satelit yang dioperasikan pada inclined orbit. Dengan demikian PSN dapat menawarkan solusi yang lebih hemat biaya kepada pelanggan. Dari 2011 sampai saat ini, lebih dari 264 unit platform SAPM dan DAZEL telah dibangun dan dipasang.

M-VSAT[sunting | sunting sumber]

Sistem MVSAT atau Mobile VSAT adalah inovasi lain yang diciptakan sepenuhnya oleh PSN dan saat ini ditawarkan kepada pelanggan. MVSAT adalah sistem antena dengan fitur auto-pointing yang yang dapat dipasang di atas kendaraan seperti unit mobile banking, kendaraan untuk pelayanan publik dan keadaan darurat. Sekitar 350 unit MVSAT saat ini telah terpasang untuk mendukung berbagai organisasi.

IP Services[sunting | sunting sumber]

PSN IP Transit[sunting | sunting sumber]

Sebagai pemegang izin Network Access Point (NAP), PSN juga menyediakan infrastruktur jaringan berbasis satelit sebagai penghubung utama ke jaringan internet internasional sehingga PSN dapat memenuhi kebutuhan koneksi jaringan internasional yang aman dan terpercaya bagi operator telekomunikasi dan penyedia layanan internet. Untuk layanan ini, PSN menyediakan landing point di Jakarta.

ISP[sunting | sunting sumber]

Sebagai pemilik lisensi Penyedia Layanan Internet, PSN menyediakan layanan broadband internet untuk perusahaan di lokasi perkotaan seperti Jakarta, Cikarang, Medan, Pontianak. Selain itu, PSN juga menawarkan koneksi aman selama 24 jam pada kecepatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dengan memanfaatkan infrastruktur terestrial.

Integrated Solutions[sunting | sunting sumber]

Sejak 2006, PSN telah memberikan layanan terintegrasi bagi instansi pemerintah untuk keperluan mitigasi bencana. PSN menyediakan dan juga bertanggung jawab atas pemeliharaan sistem sirene sebagai bagian dari Sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia (Ina-TEWS) dengan memanfaatkan satelit sebagai sambungan komunikasi utama dalam situasi bencana.

Ina-TEWS[sunting | sunting sumber]

Sistem Peringatan Dini di Indonesia (InaTEWS) adalah sebuah sistem yang komprehensif dan berkembang sebagai sebagai sarana untuk peringatan publik yang dapat digunakan pada luar ruangan dan sesuai untuk berbagai aplikasi yang dirancang oleh PSN. Sistem ini sangat fleksibel dan mampu mengelola sistem peringatan pada komunitas kecil yang dapat diperluas menjadi skala besar. Sistem peringatan dini ini terintegrasi dengan sistem peringatan regional maupun nasional. InaTEWS menyediakan semua fungsi yang diperlukan untuk mempertahankan keamanan sebuah sistem informasi, responsif dan diandalkan oleh masyarakat karena mampu untuk menyiarkan informasi peringatan tanggap darurat dengan cepat. Desain sistem InaTEWS didasarkan pada konsep sistem peringatan nasional terpadu dengan arsitektur sistem manajemen hirarkis dan terdiri dari Regional/ Community Control center dan National/ Central Control Center.

Hingga tahun 2015, Sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia (Ina-TEWS) yang disediakan oleh PSN berjumlah 55 unit. Selain itu, PSN juga memberikan layanan diseminasi bencana via DVB/WRS yang telah terpasang di 261 lokasi. Proyek ini diselenggarakan bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia.

PSN menyediakan dan juga bertanggung jawab atas pemeliharaan sistem sirene sebagai bagian dari Sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia (Ina-TEWS) dengan memanfaatkan satelit sebagai sambungan komunikasi utama dalam situasi bencana.

Solusi Kemanan Maritim[sunting | sunting sumber]

Selain Ina-TEWS, anak perusahaan PSN telah mengembangkan solusi aplikasi untuk keamanan maritim. Dengan menggunakan alat SEAIS, PSN mampu mengintegrasikan data maritim yang diperoleh melalui berbagai jenis teknologi penginderaan jauh serta menyajikan analisis yang komprehensif kepada pengguna melalui aplikasi perangkat lunak untuk pemantauan dan analisis yang dapat diandalkan.

Repeater & MCPA[sunting | sunting sumber]

Ditahun 2015 anak perusahaan PSN Juga memberikan layanan pemasangan dan pemeliharaan peralatan pendukung operator seluler. Salah satunya adalah repeater dan MCPA yang merupakan perangkat yang digunakan untuk meningkatkan jangkauan operator seluler dan saat ini sudah terpasang 300 unit di Jawa dan Balinusra. Selain itu, PSN dan Telkomsel sudah bekerja sama sejak 2014 untuk membangun Mini CME untuk meningkatkan jumlah BTS milik operator di area-area yang padat penduduk yang sampai saat ini sudah terpasang hingga 100 titik. Area pembangunan saat ini mencakup Pulau Jawa, Balinusra dan Papua.

Optimasi BTS[sunting | sunting sumber]

Sejaki 2014 anak perusahaan PSN juga telah dipercaya oleh Telkomsel untuk menangani pekerjaan optimasi BTS di area Jawa Timur. Selain itu, Telkomsel juga telah mempercayakan anak perusahaan PSN, Mahaga untuk memberikan layanan terbaru yaitu FMC (Full Maintenance Contract) yang merupakan, layanan jasa pengamanan serta perbaikan pada beberapa lokasi BTS milik Telkomsel.


Rujukan[sunting | sunting sumber]