Bendera Afrika Tengah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Bendera Republik Afrika Tengah
Flag of the Central African Republic
Pemakaian Bendera nasional
Perbandingan 3:5, 2:3
Dipakai 1 Desember 1958
Rancangan Empat garis mendatar berwarna biru, putih, hijau dan kuning, dan satu garis merah vertikal di tengah; serta bintang berwarna kuning di pojok kiri atas.
Perancang Barthélemy Boganda

Bendera Republik Afrika Tengah ini dipakai oleh pemerintahan sejak tanggal 1 Desember 1958 dengan desain buatan Barthélemy Boganda, presiden pertama daerah otonom Oubangui-Chari yang percaya bahwa "Prancis dan Afrika hendaklah berjalan beriringan".

Bendera ini merupakan gabungan dari warna bendera Prancis dan Pan-Afrikanisme. Bendera ini terdiri dari empat garis mendatar sama lebar dengan warna dari atas ke bawah: biru, putih, hijau, kuning; di samping itu juga sebuah garis tegak selebar garis yang mendatar tepat di tengah-tengah bewarna merah di atas keempat garis mendatar tersebut. Sebuah bintang segi lima bewarna kuning juga terdapat di bagian kiri atas bendera, di garis biru.

Warna merah melambangkan darah rakyat; warna biru melambangkan langit dan kebebasan; warna putih melambangkan kedamaian dan wibawa; warna hijau melambangkan iman dan pengharapan; warna kuning melambangkan toleransi. .

Republik Afrika Tengah merupakan negara di Afrika yang tidak memiliki laut dan berbatasan dengan Kamerun, Chad, Sudan, dan Kongo.[1] Negara ini merupakan negara yang penuh dengan konflik, adanya perang Sipil yang terjadi dari tahun 2012 antara pasukan bersenjata dengan pasukan republik Afrika Tengah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Firman, Tony. "Darah Terus Mengalir di Afrika Tengah". tirto.id. Diakses tanggal 2021-10-22.