Bendera Haiti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
FIAV 011011.svg Rasio bendera: 3:5
FIAV 100100.svg Bendera sipil. Rasio bendera: 3:5
Bendera Haiti, 1964–1986.

Bendera Haiti disetujui tanggal 25 Februari 1986. Bendera ini terbagi menjadi dua segiempat melintang. Setengah atas berwarna biru dan bawahnya merah. Di tengah terdapat lambang Haiti yang meliputi sebuah pohon palem yang digunakan dikelilingi beberapa bendera. Terdapat dua meriam di sisi samping pohon palem. Tulisan di bawahnya adalah motto nasional: L'Union Fait La Force (Persatuan Menghasilkan Kekuatan). Bendera dan ensain sipil tidak memasukkan lambang.

Warna biru dan merah bendera diperoleh dari Tricolore Perancis yang disobek oleh revolusioner jean-Jacques Dessalines tahun 1803. Kedua bagian dijahit secara melintang untuk membuat bendera baru.

Pada Olimpiade Musim Panas 1936 di Berlin, terlihat Haiti dan Liechtenstein menggunakan bendera yang sama, yang menyebabkan gambar mahkota ditambahkan ke dalam bendera Liechtenstein.

Sejak 25 Mei 1964 hingga 25 Februari 1986, selama kediktatoran keluarga François dan Jean-Claude Duvalier, negara ini memiliki bendera lain, dengan warna merah dan hitam, secara menurun, tidak melintang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]