Bendera Botswana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Botswana
Flag of Botswana.svg
Pemakaian Bendera nasional
Perbandingan 2:3
Dipakai 30 September 1966
Rancangan Medan biru muda dipotong secara horizontal di tengah oleh garis hitam dengan bingkai putih tipis.

Bendera Botswana ini dipakai oleh pemerintahan sejak tanggal 30 September 1966. Diadopsi untuk menggantikan Union Jack, bendera ini telah menjadi bendera Republik Botswana sejak negara tersebut memperoleh kemerdekaan tahun itu. Ini adalah salah satu dari sedikit bendera Afrika yang tidak menggunakan warna gerakan Pan-Afrika maupun warna partai politik terkemuka di negara itu.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1885, Bechuanaland menjadi protektorat Kerajaan Inggris di dalam kerajaan kolonialnya. Hal ini terjadi setelah para pemimpin suku Tswana melakukan negosiasi dengan pihak Inggris untuk menawarkan perlindungan dari Boer, yang menyerang wilayah mereka dari negara tetangga Republik Afrika Selatan.[2] Terlepas dari perlindungan yang baru ditemukan ini, Afrika Selatan terus menekan Inggris untuk mengizinkan mereka untuk mencaplok Bechuanaland ke dalam persatuan mereka.[2] Namun, ini tidak terjadi, karena oposisi luas dari orang Batswana, dan Bechuanaland memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1966; Negara baru berganti nama menjadi Botswana.

Sebelum merdeka, Botswana tidak memiliki bendera kolonial tersendiri, dengan bendera Britania Raya yang berfungsi sebagai bendera de facto protektorat tersebut. Ketika bendera nasional Botswana diciptakan pada tahun 1966, secara simbolis dirancang untuk kontras dengan bendera Afrika Selatan, karena negara tersebut diperintah di bawah rezim apartheid. Oleh karena itu, garis hitam dengan bingkai putih datang untuk melambangkan kedamaian dan keharmonisan antara orang-orang keturunan Afrika dan Eropa yang tinggal di Botswana. Bendera baru pertama kali dikibarkan pada tengah malam pada tanggal 30 September 1966, pada hari Botswana menjadi negara merdeka.

Desain[sunting | sunting sumber]

Desainnya bewarna latar biru muda dengan garis hitam yang diapit oleh garis putih di sepertiga tengah-tengahnya. Garis-garis tersebut memiliki rasio 9:1:4:1:9. Warna biru melambangkan air, terutama hujan, warna putih dan hitam melambangkan keharmonisan antar ras, dan juga melambangkan zebra yang terdapat di lambang Botswana.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kindersley, Dorling (3 November 2008). Complete Flags of the World. Dorling Kindersley Ltd. p. 101. Diakses tanggal 5 June 2013.  (Inggris)
  2. ^ a b "History of Botswana". Lonely Planet. Diakses tanggal 5 Juni 2013.  (Inggris)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]