Bendera Latvia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Latvia
Flag of Latvia.svg
Pemakaian 110100
Perbandingan 1:2
Dipakai 27 Februari 1990
Rancangan Tiga garis merah-putih-merah, dengan perbandingan rasio garis 2+1+2.
Naval Ensign of Latvia.svg
Varian bendera Latvia
Pemakaian 000001
Perbandingan 2:3
Dipakai 1991
Rancangan Persegi panjang putih, di bagian tengahnya terdapat warna-warna Bendera Negara yang melintang secara vertikal dan horizontal dan yang lebarnya 1/5 dari lebar bendera.

Bendera Latvia diadopsi ulang tanggal 27 Februari 1990. Bendera yang sama digunakan dari tahun 1918 hingga 1940. Bendera ini memiliki warna latar merah dengan garis horisonal putih di tengah-tengahnya.

Pada awalnya, bendera ini digunakan dari tahun 1918 hingga negara itu dianeksasi oleh Uni Soviet pada tahun 1940; Latvia pasca-Soviet menganggap dirinya sebagai negara yang sama dengan Latvia pra-Soviet, dan bukan hanya negara penerus.

Meskipun secara resmi diadopsi pada tahun 1922, bendera Latvia digunakan sejak abad ke-13, tetapi penggunaannya dilarang selama masa pemerintahan Soviet. Warna merah kadang-kadang digambarkan sebagai melambangkan kesiapan orang Latvia untuk memberikan darah dari hati mereka untuk kebebasan dan kesediaan mereka untuk mempertahankan kebebasan mereka. Sebuah interpretasi alternatif, menurut salah satu legenda, adalah bahwa seorang pemimpin Latvia terluka dalam pertempuran, dan ujung kain putih saat dia dibalut ternoda oleh darahnya. Garis putih bisa berarti kain yang membungkusnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]