Bendera Namibia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Republik Namibia
Flag of Namibia.svg
Perbandingan 2:3
Dipakai 21 Maret 1990
Rancangan Sebuah garis merah diagonal dengan pinggiran putih yang membentang dari sudut bawah kerekan. Segitiga atas berwarna biru, dengan matahari emas dengan 12 runcing segitiga dan segitiga bawah berwarna hijau.
Perancang Frederick Brownell[1]atau
Roy Allen[2]
Presidential Standard of Namibia.svg
Varian bendera Republik Namibia
Nama Bendera Kepresidenan Namibia

Bendera Namibia disetujui tanggal 21 Maret 1990 atas kemerdekaan dari Afrika Selatan.

Warna utama diambil dari bendera SWAPO (Organisasi Rakyat Afrika Barat Daya), pergerakan kebebasan penting di Namibia. Bendera diambil tahun 1971 dan terdiri dari garis miring biru-merah-hijau, warna-warna penting Ovambo, penduduk etnis terbesar. Bendera juga mewakili Democratic Turnhalle Alliance, partai politik Namibia lain. Matahari emas dengan 12 runcing mewakili kehidupan dan energi.

Desain[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa laporan yang berbeda tentang bagaimana desain tersebut terpilih. Frederick Brownell mengklaim bahwa ia merancang bendera dalam perannya sebagai Bentara Negara Afrika Selatan. Ketua subkomite yang memilih bendera dari 850 pengajuan menjelaskan simbolisme warna bendera sebagai berikut:[1]

  • Merah - merupakan sumber daya yang paling penting Namibia, rakyatnya. Hal ini mengacu pada heroisme mereka dan tekad mereka untuk membangun masa depan dengan kesempatan yang sama bagi semua.
  • Putih - mengacu pada perdamaian dan persatuan.
  • Hijau - melambangkan vegetasi dan sumber daya pertanian.
  • Biru - mewakili langit Namibia yang jelas dan Samudra Atlantik, sumber daya air negara yang berharga dan hujan.

Roy Allen asal Inggris mengklaim bahwa desain bendera tersebut adalah hasil dari kompetisi yang dijalankan oleh Hannes Smith dari Windhoek Observer, dan bahwasanya ia menang. Simbolisme nya berarti garis merah di bendera melambangkan pertumpahan darah yang yang terjadi atas Perang Kemerdekaan Namibia, hijau untuk pertanian negara, dan biru untuk mewakili Samudra Atlantik. Matahari mewakili harapan untuk pemerintahan yang baik; makna tersebut berasal dari piktogram Mesir.


Sejarah bendera[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (reported by) FG Brownell (December 1990), Coats of Arms and Flags in Namibia  (A series of 8 articles.) (Inggris)
  2. ^ Schütz, Helge (23 October 2015). "Allen from Plymouth ... The man who designed the Namibian flag". The Namibian.  (Inggris)