Bendera Lesotho

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
FIAV 111000.svg Rasio bendera: 2:3

Negara Lesotho mengesahkan bendara barunya pada 4 Oktober 2006, dengan pola garis horisontal biru, putih dan hijau dengan topi Basotho hitam di tengahnya. Rancangan ini, yang diperkenalkan untuk memperingati hari kemerdekaan ke-40 negara itu, dikabarkan dimaksudkan untuk mencerminkan orientasi damai negara itu.[1][2]

Bendera-bendera sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Bendera pertama Lesotho diperkenalkan pada 4 Oktober 1966, hari kemerdekaan penuh Lesotho dari Britania Raya. Bendera ini menampilkan sebuah topi Basotho berwarna putih. Warna birunya melambangkan langit dan hujan, warna putih melambangkan perdamaian, warna hijau untuk tanah, dan warna merah melambangkan iman.

Sebuah rancangan baru diterima pada 20 Januari 1987, setelah sebuah kudeta militer yang menggulingkan Partai Nasional Basotho yang telah berkuasa selama 20 tahun. Sebuah perisai tradisional Basotho berwarna coklat muda dengan sebuah assegai (tombak) dan tongkat pemukul menggantikan topi Basotho sebagai emblem utamanya. Rancangan warna dan polanya juga berubah, dengan segitiga putih yang melambangkan perdamaian. Garis diagonal di bawahnya berisi garis berwarna biru yang melambangkan hujan dan segitiga hijau yang melambangkan kemakmuran.

Meskipun pemerintah militer telah mengalihkan kekuasaannya kepada pemerintahan yang demokratis pada 1993, benderanya masih kontroversial karena bendera itu terkait dengan junta militer dan muncul tuntutan yang kian meningkat untuk menggantinya.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lesotho unfurls 'peaceful' flag". BBC News. 2006-10-04. 
  2. ^ "Senators give new flag green light". The Lesotho Government Portal. Diakses tanggal 2006-10-05.