Bendera Selandia Baru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rasio bendera: 2:1

Bendera Selandia Baru diperkenalkan pada 1869 dan dijadikan bendera kebangsaan pada 1902. Ia merupakan bendera biru dengan bendera Britania Raya di bagian atas sebelah kiri dan empat bintang merah bersalut putih di sebelah kanan.

Bendera Britania Raya melambangkan warisan Selandia Baru dengan persatuan Persemakmuran. Bintang-bintang melambangkan rasi bintang (constellation) Crux atau Southern Cross. Bermula dari sebelah atas searah jam adalah bintang Acrux, Becrux, gamma Crucis dan delta Crucis.

Rasio bendera ialah 2:1 dan warna-warnanya adalah Merah (Pantone 186), Biru (Pantone 280) dan Putih. Rasio dan warna bendera serupa dengan bendera Britania Raya.

Referendum perubahan bendera[sunting | sunting sumber]

Salah satu usulan bendera Selandia Baru yang didesain oleh Kyle Lockwood pada tahun 2015. Rasio 2:1.

Untuk beberapa tahun, terdapat usulan untuk mengubah bendera Selandia Baru ke bentuk yang baru. Pelopor gagasan ini mengatakan bahwa bendera yang kini terlalu memberatkan hubungan Selandia Baru dengan Britania Raya dan tidak berhasil membangkitkan semangat kebangsaan di kalangan rakyat.

Salah satu desain bendera usulan yang paling populer adalah bendera bergambar daun Cyathea dealbata berwarna putih yang bergelombang dan membentang dari pojok kiri bawah ke tengah atas serta rasi bintang Southern cross berwarna merah di sebelah kanan dengan warna hitam di sebelah kiri daun, dan warna biru di sebelah kanan daun. Didesain oleh Kyle Lockwood pada tahun 2015.

Mereka yang membantah usulan ini mengatakan bahwa banyak rakyat Selandia Baru telah berperang dan gugur di bawah bendera ini; oleh karena itu ia tidak harus diubah. Jajak pendapat di Selandia Baru menunjukkan bahwa mayoritas penduduknya ingin mengabadikan bendera ini.

Bendera lain[sunting | sunting sumber]

Bendera Tino Rangatiratanga atau Bendera Rakyat Māori yang dikibarkan pada Waitangi Day setiap tanggal 6 Februari.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]