Bendera Slowakia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Slowakia
Flag of Slovakia.svg
Pemakaian Bendera nasional
Perbandingan 2:3
Dipakai 3 September 1992
Rancangan Triwarna horizontal yang terdiri dari putih, biru, dan merah; dengan lambang berisi salib ganda putih ditaruh di area pusat-kiri.
Bendera Slowakia sebelum 1938

Bendera Slowakia dengan desain yang saat ini diadopsi oleh konstitusi Slowakia, yang mulai berlaku pada tanggal 3 September 1992. Bendera tersebut, yang mempunyai kesamaan dengan negara-negara Slavia lainnya, menggunakan warna putih, biru, dan merah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bendera Slowakia dengan bentuk yang sekarang (tetapi dengan lambang lain atau tanpa lambang) bisa ditelusuri kembali ke tahun revolusioner 1848. Ini juga digunakan secara semi-resmi di Cekoslowakia sebelum Perang Dunia II, oleh Republik Slovakia selama Perang Dunia II, dan akhirnya diadopsi (tanpa lambang) pada 1 Maret 1990 sebagai bendera Republik Slowakia dalam Cekoslovakia. Lambang ditambahkan pada 3 September 1992 dan diikuti dengan undang-undang khusus yang menjelaskan rincian bendera pada bulan Februari 1993.

Desain[sunting | sunting sumber]

Bendera Slowakia merupakan bendera triwarna putih-biru-merah (warna tradisional pan-Slavia) dengan gambar lambang Slowakia di bagian kiri atas. Bendera ini hampir sama dengan bendera Rusia dan Slovenia, namun bendera ini (tanpa gambar lambang) secara tidak resmi telah digunakan sejak 1848, pada saat Perang Dunia II, dan sejak 1 Maret 1990. Gambar lambang Slowakia ditambahkan pada tanggal 3 September 1992 agar benderanya berbeda dengan bendera Rusia.


Bendera-bendera[sunting | sunting sumber]

Sejarah bendera[sunting | sunting sumber]

Bendera Kepresidenan[sunting | sunting sumber]

Bendera-bendera yang mirip[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]