Bendera Brasil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Bendera Brasil
Flag of Brazil.svg
Nama
  • A Auriverde
  • Verde e amarela
Pemakaian Bendera dan bendera kapal nasional
Perbandingan 7:10
Dipakai 19 November 1889 (versi 21 bintang)
11 Mei 1992 (versi sekarang dengan 27 bintang)
Rancangan Bidang hijau dengan belah ketupat berwarna kuning di tengah, dengan lingkaran biru yang menggambarkan langit dengan dua puluh tujuh bintang putih kecil bersudut lima, yang direntang oleh pita lengkung khatulistiwa putih dengan Motto Nasional: "ORDEM E PROGRESSO" (dalam bahasa Portugis yang berarti "Keteraturan dan Kemajuan), ditulis dengan warna hijau.
Perancang Raimundo Teixeira Mendes

Bendera Brasil ini dipakai oleh pemerintahan sejak tanggal 19 November 1889. Desainnya oleh Raimundo Teixeira Mendes dengan warna latar hijau dengan jajar genjang kuning di tengah-tengahnya. Di tengah-tengah jajar genjang terdapat lingkaran biru dengan bintang putih (memiliki 5 macam ukuran dan melambangkan ke-27 negara bagian Brasil) dan dilingkari pita yang bertuliskan Ordem e Progresso (Keteraturan dan Kemajuan) dalam huruf kapital bewarna hijau yang sama dengan warna latar. Bendera ini diberi nama A Auriverde.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Daftar konstelasi bintang1. ProcyonCanis Minor). 2. Canis Major: lima bintang, bintang terbesar Sirius. 3. CanopusCarina). 4. SpicaVirgo). 5. Hydra: dua bintang, bintang terbesar Alpha. 6. Crux Australis: lima bintang, yang terbesar Alpha Crucis. 7. Sigma Octantis (σ Octantis, bintang kutub selatan). 8. Triangulum Australe: tiga bintang 9. Skorpio: delapan bintang, yang terbesar Antares.