Barbekyu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Barbekyu iga sapi di Memphis, Amerika Serikat.

Barbekyu (juga disebut barbecue atau BBQ) adalah istilah yang merujuk baik terhadap teknik memasak panggang ataupun peralatan memanggang secara khusus. Perbedaan umum yang dapat diterima antara barbekyu dan pemanggangan adalah dari lama waktu memanggang dan jenis panas yang digunakan. Pemanggangan biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang singkat dengan menggunakan panas api langsung berkekuatan menengah hingga tinggi, sementara barbekyu dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama dengan menggunakan panas tak langsung, dengan cara ini makanan memperoleh aroma dan cita rasa khas melalui proses pengasapan.

Istilah barbekyu, bila digunakan sebagai kata benda, dapat merujuk pada daging yang dimasak dengan cara ini, atau merujuk kepada alat untuk memasak dengan cara ini ("panggangan barbekyu" atau hanya "barbekyu"). Jika digunakan sebagai kata sifat, barbekyu mengacu kepada makanan dimasak dengan cara ini. Istilah ini juga digunakan sebagai kata kerja untuk menyebutkan tindakan memasak makanan dengan cara ini. Memanggang biasanya dilakukan di lingkungan luar ruang dengan mengasapi daging di atas bara kayu atau arang. Restoran barbekyu biasanya memasak hidangan ini dengan menggunakan oven besar berbahan bata atau logam yang khusus dirancang untuk tujuan itu. Barbekyu memiliki banyak variasi regional dan dipraktikkan di banyak wilayah di dunia.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Beberapa pakar etimologi percaya bahwa istilah barbecue berasal dari kata barabicu dari bahasa suku Taino di Karibia dan juga suku Timucua di Florida,[1] dan memperkaya kosakata beberapa bahasa Eropa dalam bentuk barbacoa. Secara khusus Kamus Bahasa Inggris Oxford melacaknya kembali ke Haiti, yang mengartikannya sebagai "jaringan tongkat yang dipasang di atas pasak".[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Great American Barbecue and Grilling Manual by Smoky Hale. Abacus Publishing, 2000. ISBN 0-936171-03-0.
  2. ^ O'Connell, Joe. "Oxford English Dictionary and Barbecue". Oxford English Dictionary. Diakses tanggal October 13, 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]