Aubervilliers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Aubervilliers
Aubervilliers map.svg
Negara Prancis
Arondisemen Saint-Denis
Antarkomune Plaine Commune
Kode INSEE/pos 93001

Aubervilliers merupakan sebuah komune di pinggiran timur laut Paris, Prancis. Terletak 7.2 km (4.5 mil) dari pusat kota Paris. Merupakan salah satu kotamadya terpadat di Eropa.

Pusat data Telecity Paris yang memiliki server Wikimedia terletak di Aubervilliers.

Nama[sunting | sunting sumber]

Pada Abad Pertengahan nama Aubervilliers tercatat sebagai Alberti Villare, berarti "kediaman (villare) Adalbert". Adalbert adalah nama orang Jermanik yang berarti "bangsawan (Adal-) dan cerah (-bert)" (Inggris Lama Æþelbeorht) yang mencetuskan kata Albert bahasa Inggris, Aubert Prancis Lama, dan Albert modern bahasa Prancis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tanggal 1 Januari 1860, kota Paris diperluas dengan menganeksasi komune sekitarnya. Karena itu, sebagian kecil komune Aubervilliers dianeksasi ke kota Paris. Pada waktu yang sama, komune La Chapelle-Saint-Denis dihapus dan dibagi antara kota Paris, Aubervilliers, Saint-Denis, dan Saint-Ouen. Aubervilliers menerima sebagain kecil teritori La Chapelle-Saint-Denis.

Hari ini[sunting | sunting sumber]

Aubervilliers memiliki wilayah penghunian dan proyek perumahan yang dikenal memiliki jumlah kejahatan dan pembunuhan yang tinggi[butuh rujukan] bila dibandingkan dengan komune tetangganya, La Courneuve[butuh rujukan].

Demografi[sunting | sunting sumber]

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Aubervilliers tahun 1999
Lahir di Prancis Metropolitan Lahir di luar Prancis Metropolitan
63.2% 36.8%
Lahir di
Prancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Prancis ketika lahir¹ Imigran EU-15² Non-imigran EU-15
2.8% 2.3% 5.8% 25.9%
¹Grup ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Prancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Prancis), dan anak ekspatriat Prancis yang lahri di luar negeri. Diketahui bahwa suatu negara lain mengerti bahwa negara itu bukan merupakan bagian dari Prancis pada tahun 1999, sehingga seseorang lahir contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral Prancis, dicatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam statistik Prancis.
² Seorang imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Prancis ketka lahir. Diketahui bahwa seorang imigran mendapat kewarganegaraan Prancisnya sejak pindah ke Prancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam statistik Prancis. Lainnya, penduduk yang lahir di Prancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak dicatat sebagai imigran.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Aubervilliers

Aubervilliers terbagi menjadi dua kanton:

  • Kanton Aubervilliers-Est (Timur): 36.010 jiwa;
  • Kanton Aubervilliers-Ouest (Barat): 27.126 jiwa.

Orang terkenal yang lahir di Aubervilliers[sunting | sunting sumber]

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Aubervilliers dilayani oleh dua stasiun Métro de Paris Jalur 7: Aubervilliers – Pantin – Quatre Chemins dan Fort d'Aubervilliers.

Aubervilliers juga dilayani oleh stasiun La Courneuve – Aubervilliers pada RER jalur B Paris. Stasiun ini, meskipun secara administratif terletak di teritori komune tetangga La Courneuve, sebenarnya dekat dengan pusat kota Aubervilliers.

Monumen[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]