Montreuil, Seine-Saint-Denis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Montreuil, Seine-Saint-Denis
Montreuil map.svg
NegaraPrancis
ArondisemenBobigny
KantonChief town of 3 cantons
Antarkomunebelum ada pada 2005
Kode INSEE/pos93048

Montreuil (kadang-kadang secara tak resmi disebut

Montreuil, Seine-Saint-Denis
Montreuil map.svg
NegaraPrancis
ArondisemenBobigny
KantonChief town of 3 cantons
Antarkomunenone as of 2005
Kode INSEE/pos93048

Montreuil merupakan sebuah komune di pinggiran timur Paris, Prancis. Terletak 6.6 km (4.1 mil) dari pusat kota Paris. Merupakan pinggiran terpadat ketiga di Paris (setelah Boulogne-Billancourt dan Argenteuil). Montreuil terletak dekat taman Bois de Vincennes.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Montreuil tercatat untuk pertama kalinya dalam piagam kerajaan 722 sebagai Monasteriolum, berarti "biara kecil" dalam Latin Pertengahan. Pemukiman Montreuil berawal sebagai sekumpulan rumah yang dibangun di sekitar biara kecil ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kota ini melindungi di bawah Louis XIV dan Louis XVI dinding dengan pemancingan Istana. Kemudian melindungi Lumière bersaudara dan George Méliès dalam toko kerajinannya yang terletak di Montreuil hilir.

Tanggal 1 Januari 1860, kota Paris diperluas dengan menganeksasi komune sekitarnya. Karena itu, komune Charonne dihapus dan dibagi antara kota Paris, Montreuil, dan Bagnolet. Montreuil menerima sebagian kecil teritori Charonne.

Hari ini Montreuil terbagi menjadi beberapa distrik:

Warisan artistik utama[sunting | sunting sumber]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Montreuil tahun 1999
Lahir di Prancis Metropolitan Lahir di luar Prancis Metropolitan
73.1% 26.9%
Lahir di
Prancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Prancis ketika lahir¹ Imigran EU-15² Non-imigran EU-15
2.3% 2.8% 4.8% 17.0%
¹Grup ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Prancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Prancis), dan anak ekspatriat Prancis yang lahri di luar negeri. Diketahui bahwa suatu negara lain mengerti bahwa negara itu bukan merupakan bagian dari Prancis pada tahun 1999, sehingga seseorang lahir contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral Prancis, dicatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam statistik Prancis.
² Seorang imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Prancis ketka lahir. Diketahui bahwa seorang imigran mendapat kewarganegaraan Prancisnya sejak pindah ke Prancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam statistik Prancis. Lainnya, penduduk yang lahir di Prancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak dicatat sebagai imigran.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Wali kota Montreuil adalah Senator Hijau Dominique Voynet, yang terpilih dalam putaran kedua Pemilu Kotamadya 2008, mengalahkan bekas wali kota eks-Komunis Jean-Pierre Brard.

Sejak 1984, wali kota Montreuil adalah Jean Pierre Brard, seorang eks-Komunis yang meninggalkan beberapa perbedaan. Pendukungnya mendukung perumahan berkualitas tinggi dan kebijakan budaya aktif. Kritiknya meerujuk pada perlakuan terhadap pelancong dan orang Rom, dan keinginan mengatur segala jenis organisasi bantuan di kota.

Ia telah menyebabkan kontroversi tahun 2004 dan 2005 oleh keinginannya lebih jauh dari hukum yang melarang simbol keagamaan mencolok di sekolah. Ia mencoba, dengan beberapa keberhasilan, melarang ibu-ibu mengenakan penutup kepala dari baju sekolah contohnya.

Ia juga tertarik melawan apa yang ia sebut "sekte", tetapi juga yang mengelilinginya adalah pendukung yang sangat ekstrem terhadap pesaingnya dalam percampuran agama.

Kota ini terbagi menjadi tiga kanton:

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Jalan di Montreuil.

Montreuil dilayani oleh tiga stasiun pada Métro de Paris Jalur 9: Robespierre, Croix de Chavaux, dan Mairie de Montreuil.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]