Aulnay-sous-Bois

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Koordinat: 48°56′03″N 2°30′00″E / 48.93417°N 2.50000°E / 48.93417; 2.50000

Aulnay-sous-Bois
Aulnay-sous-Bois map.svg
Negara Prancis
Arondisemen Le Raincy
Kode INSEE/pos 93005

Aulnay-sous-Bois merupakan sebuah komune di pinggiran timurlaut Paris, Prancis. Terletak 13.9 km (8.6 mil) dari pusat kota Paris.

Pada Oktober dan November 2005, daerah ini memperoleh perhatian nasional dan internasional sebagai salah satu tempat terjadinya kerusuhan pinggiran kota Prancis.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Aulnay berasal dari alnetum Latin Pertengahan, berarti semak alder", setelah pohon alder (Prancis: aulnes) yang menutupi teritori Aulnay-sous-Bois pada masa lampau.

Sebenarnya bernama Aulnay-lès-Bondy (berarti "Aulnay dekat Bondy"), komune ini berganti nama menjadi Aulnay-sous-Bois (berarti "Aulnay di bawah hutan") pada 5 Januari 1903. Hutan yang disebutkan di dalam nama adalah Hutan Bondy yang mencakup sebagian wilayah hingga timurlaut Paris.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Aulnay-sous-Bois bukanlah kota yang miskin, pendapatan per keluarga mencapai 18 000 $ pada 2004 menurut INSEE, pendapatan rata-rata nasional menurut keluarga. Banyak warga kelas menengah-atas menetap di rumah-rumah di selatan kota. Terdapat banyak HLM di utara.

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Aulnay-sous-Bois tahun 1999
Lahir di Prancis Metropolitan Lahir di luar Prancis Metropolitan
71.9% 28.1%
Lahir di
Prancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Prancis ketika lahir¹ Imigran EU-15² Non-imigran EU-15
2.9% 2.6% 3.4% 19.2%
¹Grup ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Prancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Prancis), dan anak ekspatriat Prancis yang lahri di luar negeri. Diketahui bahwa suatu negara lain mengerti bahwa negara itu bukan merupakan bagian dari Prancis pada tahun 1999, sehingga seseorang lahir contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral Prancis, dicatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam statistik Prancis.
² Seorang imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Prancis ketka lahir. Diketahui bahwa seorang imigran mendapat kewarganegaraan Prancisnya sejak pindah ke Prancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam statistik Prancis. Lainnya, penduduk yang lahir di Prancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak dicatat sebagai imigran.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Aulnay-sous-Bois dilayani oleh stasiun Aulnay-sous-Bois pada RER jalur B Paris.

Admnistrasi[sunting | sunting sumber]

Aulnay-sous-Bois terbagi menjadi dua kanton:

  • Kanton Aulnay sous Bois Nord (Utara): 55.298 jiwa (69.1%);
  • Kanton Aulnay sous Bois Sud (Selatan): 24.723 jiwa (30.9%).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]