Clichy-sous-Bois

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Clichy-sous-Bois
Clichy-sous-Bois map.svg
NegaraPrancis
ArondisemenLe Raincy
KantonLe Raincy
AntarkomuneCommunauté
d'agglomération
de Clichy-sous-Bois -
Montfermeil
Kode INSEE/pos93014
Untuk tempat lain dengan nama yang sama, lihat Clichy.

Clichy-sous-Bois (sebelumnya Clichy-en-Aulnois) merupakan sebuah komune di pinggiran timur Paris, Prancis. Terletak 15.8 km (9.8 mil) dari pusat kota Paris.

Kerusuhan pinggiran kota Prancis 2005 berawal di Clichy-sous-Bois.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Komune memiliki luas 3.95 km² dengan 1.1 km² hutan. Pohon-pohon adalah sisa dari hutan Bondy (Forêt Départementale de Bondy, Parc de la Fosse Maussoin, Parc de la Mairie).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama Clichy-sous-Bois berasal dari Cleppius Romawi, Clippiacum superius abad ke-17, Clichiacum abad ke-20.

Peralatan Neolitikum ditemukan di sini. Clichy en Aulnois dimiliki para pimpinan Livry pada Era Pertengahan. Dipimpin Kesatria Kenisah pada abad ke-13, kekuasaan Clichy diberikan pada Kesatria Hospitaler. Pada abad ke-16, daerah ini menjadi resor pemburuan bagi raja Prancis. Abad ke-18, Clichi dimiliki Duc d'Orléans. Tahun 1820, desa ini memiliki 150 penduduk.

Tanggal 20 Mei 1869, sebagian teritori Clichy-sous-Bois dipisahkan dan bergabung dengan teritori Livry-Gargan dan sebagian kecil Gagny untuk membentuk komune Le Raincy.

Tahun 1870, Clichy terkena dampak Perang Prancis-Prusia.

Tahun 1912, penduduk sebanyak 1.434 jiwa menetap di kota itu.

Urbanisasi komune dimulai tahun 1955.

Kejahatan dan kerusuhan sipil[sunting | sunting sumber]

Clichy-sous-Bois memiliki jumlah pengangguran tertinggi daripada banlieue lainnya. Insiden kejahatan di Seine-Saint-Denis adalah yang tertinggi di Prancis. Sinagog Clichy-sous-Bois diserang Oktober 2001, dan lagi pada Agustus 2002[1]. Kerusuhan pinggiran kota Oktober 2005 berawal di Clichy-sous-Bois dan menyebar ke komune lain di département Seine-Saint-Denis, dan kemudian setiap wilayah urban besar di Prancis.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Clichy-sous-Bois tahun 1999
Lahir di Prancis Metropolitan Lahir di luar Prancis Metropolitan
63.7% 36.3%
Lahir di
Prancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Prancis ketika lahir¹ Imigran EU-15² Non-imigran EU-15
2.6% 2.0% 4.0% 27.7%
¹Grup ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Prancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Prancis), dan anak ekspatriat Prancis yang lahri di luar negeri. Diketahui bahwa suatu negara lain mengerti bahwa negara itu bukan merupakan bagian dari Prancis pada tahun 1999, sehingga seseorang lahir contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral Prancis, dicatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam statistik Prancis.
² Seorang imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Prancis ketka lahir. Diketahui bahwa seorang imigran mendapat kewarganegaraan Prancisnya sejak pindah ke Prancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam statistik Prancis. Lainnya, penduduk yang lahir di Prancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak dicatat sebagai imigran.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Clichy-sous-Bois tidak dilayani oleh stasiun Métro de Paris, RER, atau jaringan rel pinggiran. Stasiun terdekat dengan Clichy-sous-Bois adalah Le Raincy – Villemomble – Montfermeil pada RER jalur E Paris. Stasiun ini terletak di komune tetangga Le Raincy, 3.2 km (2 mil) dari pusat kota Clichy-sous-Bois. Angkutan langsung satu-satunya ke dalam dan ke luar Clichy-sous-Bois adalah bus 601AB.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]