Mantes-la-Jolie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Untuk daerah lain dengan nama Mantes, lihat Mantes (disambiguasi).
Mantes-la-Jolie
Mantes-la-Jolie di Prancis
Mantes-la-Jolie
Koordinat: 48°59′27″N 1°43′02″E / 48.9908333333°N 1.71722222222°E / 48.9908333333; 1.71722222222
NegaraPrancis
ArondisemenMantes-la-Jolie
KantonMantes-la-Jolie
AntarkomuneCommunauté
d'agglomération
de Mantes-en-Yvelines
Kode INSEE/pos
78361

Mantes-la-Jolie (sering disebut Mantes) merupakan sebuah komune di pinggiran barat Paris, Prancis. Terletak 48.4 km (30.1 mil) dari pusat kota Paris. Mantes-la-Jolie merupakan sous-préfecture dari département Yvelines, menjadi ibu kota Arondisemen Mantes-la-Jolie.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mantes terletak setengah jalan antara pusat kekuasaan adipati Normandia di Rouen dan Raja Prancis di Paris. Bersama utara Prancis, kekuasaan itu berpindah-pindah pada Perang Seratus Tahun. Philip Augustus meninggal di Mantes, 14 Juli 1223.

Louis XIV membantu pembuatan instrumen musik di Mantes, dan dipilih menjadi pusat pembuatan instrumen kuningan dan alat musik tiup kayu. Pada abad ke-19, para pelukis memasuki kota, termasuk Corot, di mana lukisan jembatan dan katedral dipamerkan. Prokofiev menghabiskan musim panas 1920 di sana dan mengadakan pentas balet Chout.

Sebenarnya dinamai Mantes-sur-Seine (berarti "Mantes di tepi Seine"), Mantes bergabung dengan komune Gassicourt tahun 1930 dan komune yang lahir dari pergabungan ini diberi nama Mantes-Gassicourt.

Mantes adalah lokasi jembatan pertama Sekutu melintasi Seine tanggal 9 Agustus 1944, oleh Angkatan Darat Ketiga Jenderal Patton. Pembangunan kembali segera dilaksanakan setelah perang.

Tanggal 7 Mei 1953, komune Mantes-Gassicourt dinamai Mantes-la-Jolie (berarti "Mantes indah"), setelah surat Raja Henry IV yang dikirimkan kepada perempuan simpanan Gabrielle d'Estrée yang menetap di Mantes: "Aku sedang menuju ke Mantes, sayangku".

Jumlah penduduk[sunting | sunting sumber]

Palais de Justice

Penduduknya disebut Mantais.

Le Val-Fourré, proyek perumahan terbesar di dunia menempati seperempat Mantes-la-Jolie, di mana 28.000 dari 45.000 penduduknya menetap, kebanyakan di antaranya Muslim.

Bangunan[sunting | sunting sumber]

Bangunan utama di Mantes adalah gereja Notre-Dame, yang berasal dari akhri abad ke-12. Gereja sebelumnya dibakar oleh William Sang Penakluk bersama seluruh kota, pada penangkapannya ia meninggal tahun 1087. Jembatan modern menghubungkan Mantes dengan kota Limay di sisi lain sungai.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Mantes hari ini memiliki industri kecil, terpusat pada semen dan bahan kimia, tetapi dikeluarkan dari orbit ekonomi dekat Paris.

Merupakan tempat lahir penyanyi Faudel.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Mantes-la-Jolie dilayani oleh dua stasiun pada jalur rel pinggiran Transilien Paris – Saint-Lazare dan Transilien Paris – Montparnasse: Mantes – Station and Mantes-la-Jolie.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]