Sevran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sevran
Sevran map.svg
NegaraPrancis
ArondisemenLe Raincy
Antarkomunetidak ada pada 2005
Kode INSEE/pos93071

Sevran merupakan sebuah komune di pinggiran timurlaut Paris, Prancis. Terletak 16.2 km (10.1 mil) dari pusat kota Paris.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Sevran tahun 1999
Lahir di Prancis Metropolitan Lahir di luar Prancis Metropolitan
71.3% 28.7%
Lahir di
Prancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Prancis ketika lahir¹ Imigran EU-15² Non-imigran EU-15
4.5% 2.5% 3.0% 18.7%
¹Grup ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Prancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Prancis), dan anak ekspatriat Prancis yang lahri di luar negeri. Diketahui bahwa suatu negara lain mengerti bahwa negara itu bukan merupakan bagian dari Prancis pada tahun 1999, sehingga seseorang lahir contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral Prancis, dicatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam statistik Prancis.
² Seorang imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Prancis ketka lahir. Diketahui bahwa seorang imigran mendapat kewarganegaraan Prancisnya sejak pindah ke Prancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam statistik Prancis. Lainnya, penduduk yang lahir di Prancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak dicatat sebagai imigran.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Sevran adalah rumah bagi sekolah musik dan tari terkenal, Espace François Mauriac, juga dikenal sebagai conservatoire de Sevran. Banyak pemusik terkenal Prancis dan internasional belajar di sini, termasuk Claude Ballif, Allain Gaussin dan Vincent Decleire.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Sevran dilayani oleh dua stasiun RER jalur B Paris: Sevran – Livry dan Sevran – Beaudottes.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]