Corbeil-Essonnes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Corbeil-Essonnes
NegaraPrancis
ArondisemenÉvry
Kantonibukota 2 kanton
Corbeil-Essonnes-Est, Corbeil-Essonnes-Ouest
AntarkomuneCA Seine-Essonne

Corbeil-Essonnes merupakan sebuah komune di pinggiran selatan Paris, Prancis. Terletak 28.3 km (17.6 mil) dari pusat kota Paris.

Meskipun Évry adalah ibu kota resmi Arondisemen Évry, bangunan sous-préfecture dan administrasinya terletak di dalam komune Corbeil-Essonnes.

Pada abad ke-19, Corbeil Essonnes adalah pusat industri tepung; Essonnes juga memiliki banyak pabrik kertas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama Corbeil berasal dari bahasa Latin Corbulinum.[butuh rujukan] Sejak masa Aymon, comte de Corbeil (meninggal 957), hingga abad ke-12 Corbeil menjadi ibu kota sebuah kabupaten besar, yang kekuasaannya diberikan pada Mauger, anak Richard I dari Normandia.

William de Corbeil (meninggal 1136), menjadi uskup besar Canterbury, tetapi tidak diketahui masa dewasanya. Gereja Gothic dibangun abad ke-10 dan dibuat kembali abad ke-15. Sebelum pengusiran Yahudi Corbeil memiliki sebuah komunitas Yahudi yang makmur, termasuk cendekiawan abad ke-13 Isaac ben Joseph dari Corbeil dan Perez ben Elijah. Peter dari Corbeil (meninggal 1222) adalah guru Lotario de' Conti, yang menjadi paus Innocent III.

Perwakilan raja Prancis menandatangani dua perjanjian Corbeil yang ditandatangani di kota itu, Perjanjian Corbeil (1258) antara Prancis dan Aragon dan Perjanjian Corbeil (1326) antara Prancis dan Skotlandia.

Corbeil dikepung oleh Adipati Burgundia tahun 1418. Protestan Prancis menyerangnya tahun 1562 yang memecahkan perang agama yang disebut Perang Sipil Pertama. Tahun 1590 Jenderal Alessandro Farnese ikut bergabung dengan Katolik di Prancis dan bertempur di Corbeil.

Komune Corbeil-Essonnes dibentuk 10 Agustus 1951 dengan penggabungan komune Corbeil dengan komune Essonnes. Balai kota komune (mairie) terletak di Corbeil.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Menurut sensus 1999, populosinya 39.378 jiwa.
Perkiraan untuk 2005 adalah 40.900 jiwa.

Penduduk Corbeil-Essonnes dikenal sebagai Corbeil-Essonois.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Corbeil-Essonnes dilayani oleh stasiun Corbeil-Essonnes yang merupakan persimpangan pada RER jalur D dan jalur rel pinggiran Transilien Paris – Lyon.

Corbeil-Essonnes juga dilayani stasiun Essonnes – Robinson pada jalur rel pinggiran Transilien Paris – Lyon dan oleh Moulin-Galant pada RER jalur D Paris.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]