Fontenay-sous-Bois

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fontenay-sous-Bois
NegaraPrancis
ArondisemenNogent-sur-Marne
Antarkomunetidak ada pada 2005
Kode INSEE/pos
94033

Fontenay-sous-Bois merupakan sebuah komune di pinggiran timur Paris, Prancis. Terletak 9.3 km (5.8 mil) dari pusat kota Paris.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Fontenay tercatat pada Abad Pertengahan sebagai Fontanetum, berarti "padang rumput", dari Latin Pertengahan fontana ("padang rumput alami").

Komune ini dikenal sebagai Fontenay-les-Bois (berarti "Fontenay di hutan"), Fontenay-sur-le-Bois (berarti "Fontenay dalam hutan"), atau Fontenay-sous-Bois (berarti "Fontenay di bawah hutan"), tetapi pada awal abad ke-19 Fontenay-sous-Bois ditetapkan sebagai namanya. Hutan yang disebutkan di nama komune adalah Bois de Vincennes.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tahun 1929, komune Fontenay-sous-Bois kehilangan lebih dari sepertiga teritorinya ketika kota Paris menganeksasi Bois de Vincennes, sebagian besar yang dimiliki Fontenay-sous-Bois.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Fontenay-sous-Bois tahun 1999
Lahir di Prancis Metropolitan Lahir di luar Prancis Metropolitan
80.0% 20.0%
Lahir di
Prancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Prancis ketika lahir1 Imigran EU-152 Imigran Non-EU-15
2.2% 3.3% 4.5% 10.0%
1 Kelompok ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Prancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Prancis), dan anak ekspatriat Prancis yang lahir di luar negeri. Negara lain dimengerti sebagai negara yang bukan merupakan bagian dari Prancis pada tahun 1999, sehingga seseorang yang lahir, contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral dari negara Prancis, maka akan tercatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam data statistik Prancis.

2 Imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Prancis ketika lahir. Seorang imigran bisa mendapatkan kewarganegaraan Prancis sejak pindah ke Prancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam data statistik Prancis. Selain itu, penduduk yang lahir di Prancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak tercatat sebagai imigran.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Fontenay-sous-Bois dilayani oleh stasiun Fontenay-sous-Bois pada RER jalur A Paris.

Juga dilayani oleh stasiun Val de Fontenay, yang merupakan persimpangan RER jalur A dan RER jalur E Paris.

Gambar[sunting | sunting sumber]

Air mancur Rosettes hilang selama Perang Dunia II. Beberapa tahun kemudian, ditemukan secara kebetulan di sebuah pasar di selatan Prancis. Kota Fontenay-sous-Bois mengembalikannya, dan memasangnya kembali di tempat yang masih bisa dilihat sampai sekarang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]