Courbevoie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Courbevoie
NegaraPrancis
ArondisemenNanterre
Antarkomunebelum ada pada 2005
Kode INSEE/pos
92026

Courbevoie merupakan sebuah komune di departemen Hauts-de-Seine. Terletak 8.2 km (5.1 mil) dari pusat kota Paris di pinggiran baratlaut. Merupakan salah satu kotamadya terpadat di Eropa.

La Défense, distrik bisnis yang termasuk bagian Puteaux dan Nanterre, memiliki bangunan-bangunan tertinggi di wilayah metropolitan Paris, dan tersebar di bagian selatan Courbevoie.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Courbevoie berasal dari Curva Via Latin dan berarti "jalan melengkung", merujuk pada jalan Romawi dari Paris ke Normandia yang melakukan belokan tajam untuk menaiki bukit di mana Courbevoie dibangun.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Courbevoie terbagi menjadi dua kanton:

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Courbevoie dilayani oleh dua stasiun jalur rel pinggiran Transilien Paris – Saint-Lazare: Courbevoie dan Bécon-les-Bruyères

Courbevoie juga dilayani oleh stasiun Esplanade de La Défense pada Métro de Paris Jalur 1, di distrik bisnis La Défense.

Dalam transportasi udara, Courbevoie dilayani oleh Bandar Udara Charles de Gaulle Paris.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Wali kota Courbevoie[sunting | sunting sumber]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Courbevoie tahun 1999
Lahir di Prancis Metropolitan Lahir di luar Prancis Metropolitan
80.0% 20.0%
Lahir di
Prancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Prancis ketika lahir1 Imigran EU-152 Imigran Non-EU-15
1.1% 3.8% 3.4% 11.7%
1 Kelompok ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Prancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Prancis), dan anak ekspatriat Prancis yang lahir di luar negeri. Negara lain dimengerti sebagai negara yang bukan merupakan bagian dari Prancis pada tahun 1999, sehingga seseorang yang lahir, contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral dari negara Prancis, maka akan tercatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam data statistik Prancis.

2 Imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Prancis ketika lahir. Seorang imigran bisa mendapatkan kewarganegaraan Prancis sejak pindah ke Prancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam data statistik Prancis. Selain itu, penduduk yang lahir di Prancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak tercatat sebagai imigran.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]