Conflans-Sainte-Honorine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Conflans-Sainte-Honorine
NegaraPrancis
ArondisemenSaint-Germain-en-Laye
KantonConflans-Sainte-Honorine
Kode INSEE/pos
78172

Conflans-Sainte-Honorine merupakan sebuah komune di pinggiran barat laut Paris, Prancis di département Yvelines. Terletak 24.2 km (15 mil) dari pusat kota Paris.

Sungai Oise
Sungai Oise

Komune ini dinamai karena letak geografisnya di persimpangan sungai Seine dan Oise. Desa tersebut diberi tambahan nama "Saint Honorine" pada abad ke-13 setelah wanita bernama Saint Honorina, yang tulang belulangnya disimpan di sana sejak 876.

Karena posisinya yang strategis, Conflans-Sainte-Honorine dianggap sebagai ibu kota jalur air darat Prancis, dan tepi kanan Sungai Seine masih dipenuhi kapal barang (meskipun saat ini digunakan sebagai kapal rumah). Setiap tahun bulan Juni, kota ini merayakan "Pardon national de la batellerie" untuk memperingati sejarahnya pada perkapalan darat.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Conflans-Saint-Honorine dilayani oleh stasiun Conflans-Sainte-Honorine pada jalur rel regional Transilien Paris – Saint-Lazare.

Juga dilayani stasiun Conflans – Fin d'Oise yang merupakan persimpangan RER jalur A Paris dan jalur rel pinggiran Transilien Paris – Saint-Lazare

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]