Rueil-Malmaison

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rueil-Malmaison
Rueil-Malmaison map.svg
NegaraPrancis
ArondisemenNanterre
Antarkomunebelum ada pada 2005
Bangunan perkantoran baru di distrik bisnis Rueil-sur-Seine, dekat pusat bersejarah Rueil-Malmaison.

Rueil-Malmaison (diucapkan [ʀɥœj malmɛzɔ̃] atau [ʀɥɛj malmɛzɔ̃]) merupakan sebuah komune di pinggiran barat Paris, Prancis. Terletak 12.6 km (7.8 mil) dari pusat kota Paris.

Nama[sunting | sunting sumber]

Rueil-Malmaison sebenarnya hanya bernama Rueil. Pada abad pertengahan nama Rueil dieja Roialum, Riogilum, Rotoialum, Ruoilum, atau Ruellium. Nama ini berasal dari kata ialo Celtic (berarti "bersih, berkilau", "tempat") yang menjadi akhiran dari "tepi, sungai" (rivus Latin, Prancis Lama), atau "ford" (ritu Celtic).

Tahun 1928 nama komune ini secara resmi menjadi Rueil-Malmaison karena atraksi turisnya yang terkenal, Château de Malmaison, rumah istri pertama Napoléon, Joséphine de Beauharnais.

Nama Malmaison berasal dari mala mansio Latin Pertengahan, yang berarti "kediaman bermasalah", "rumah kesialan". Pada Abad Pertengahan Awal Malmaison adalah situs kediaman kerajaan yang dihancurkan Viking pada 846, menggunakan namanya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rueil terkenal untuk Château de Malmaison di mana Napoleon dan istri pertamanya Joséphine de Beauharnais menetap. Setelah kematiannya tahun 1814, ia dimakamkan di gereja St. Pierre dan St. Paul, yang terletak di tengah kota.

Barak Penjaga Swiss Rueil dibangun tahun 1756 di bawah Louis XV oleh arsitek Axel Guillaumot, dan telah menjadi Monumen Bersejarah sejak 1973. Penjaga ini dibentuk oleh Louis XIII tahun 1616 dan dibantai di Tuileries tanggal 10 Agustus 1792.

Selama Perang Prancis-Prusia tahun 1870, Rueil terletak di garis depan.

Di akhir abad ke-19 pelukis terkenal seperti Pierre-Auguste Renoir, Edouard Manet dan Claude Monet datang untuk melukis Seine yang melintasi kota.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Imigrasi[sunting | sunting sumber]

Tempat lahir penduduk Rueil-Malmaison tahun 1999
Lahir di Prancis Metropolitan Lahir di luar Prancis Metropolitan
86.3% 13.7%
Lahir di
Prancis Seberang Laut
Lahir di luar negeri dengan kewarganegaraan Prancis ketika lahir¹ Imigran EU-15² Non-imigran EU-15
1.0% 3.3% 3.7% 5.7%
¹Grup ini terdiri atas pieds-noirs dari Afrika Baratlaut, diikuti dengan bekas warga negara kolonial yang memiliki kewarganegaraan Prancis ketika lahir (seperti kaum elit asli di koloni Prancis), dan anak ekspatriat Prancis yang lahri di luar negeri. Diketahui bahwa suatu negara lain mengerti bahwa negara itu bukan merupakan bagian dari Prancis pada tahun 1999, sehingga seseorang lahir contohnya tahun 1950 di Aljazair, ketika Aljazair merupakan bagian integral Prancis, dicatat sebagai seseorang yang lahir di luar negeri dalam statistik Prancis.
² Seorang imigran adalah seseorang yang lahir di luar negeri tanpa kewarganegaraan Prancis ketka lahir. Diketahui bahwa seorang imigran mendapat kewarganegaraan Prancisnya sejak pindah ke Prancis, tetapi masih dianggap sebagai imigran dalam statistik Prancis. Lainnya, penduduk yang lahir di Prancis dengan kewarganegaraan luar negeri (anak imigran) tidak dicatat sebagai imigran.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Kampus utama organisasi penelitian Institut Petroleum Prancis terletak di Rueil. Kota ini juga menjadi rumah bagi banyak perusahaan besar yang keluar dari distrik bisnis La Défense, terletak 5 km (3 mil) dari Rueil, sebuah gaya yang pertama diperkenalkan oleh perpindahan kantor Esso ke Rueil.

Terdapat sekitar 850 perusahaan jasa yang terletak di Rueil, 70 diantaranya mempekerjakan lebih dari 100 orang. Sebuah distrik bisnis bernama Rueil-sur-Seine (sebelumnya "Rueil 2000") dibangun dekat stasiun Rueil-Malmaison RER A untuk menampung perusahaan tersebut. Distrik bisnis ini dilengkapi dengan sebuah jaringan serat optik.

Beberapa perusahaan besar Prancis memiliki kantor pusatnya di Rueil-Malmaison, seperti Schneider Electric dan VINCI. Beberapa perusahaan internasional besar juga memiliki kantor Prancisnya di Rueil-Malmaison, seperti ExxonMobil,AstraZeneca dan Unilever.

Angkutan[sunting | sunting sumber]

Rueil-Malmaison dilayani oleh stasiun Rueil-Malmaison pada RER jalur A Paris.

Marka tanah[sunting | sunting sumber]

Château de Malmaison, rumah istri pertama Napoléon, Joséphine de Beauharnais, terletak di Rueil-Malmaison. Orang-orang dapat mengunjungi puri ini sebagai musée national Napoleonik, dengan tur panduan yang tersedia.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]