Virginie Ledoyen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Virginie Ledoyen
Virginie Ledoyen Cannes 2012.jpg
LahirVirginie Fernandez
15 November 1976 (umur 42)
Aubervilliers, Paris, Prancis
PekerjaanAktris
Tahun aktif1987–sekarang
Pasangan serumahLouis Soubrier
Arie Elmaleh
AnakLilias Soubrier (b. 2001)
Isaac Elmaleh (b. 2010)

Virginie Fernandez (15 November 1976 (umur 42))[1], yang dikenal dengan nama panggungnya Virginie Ledoyen (pengucapan bahasa Prancis: [viʁʒini lədwaˈjɛ̃]), adalah seorang aktris asal Prancis.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

DIA lahir di Aubervilliers, Paris, putri Olga, seorang pemilik restoran, dan Bernard Fernandez, seorang pedagang yang menjual produk pembersih[2]. Kakek dari pihak ayahnya adalah orang Spanyol[3]. Dia adalah seorang model dari usia 2 tahun dan kemudian mengambil nama panggung "Ledoyen".

Kariernya melunjak setelah membintangi film A Single Girl, yang ia dinominasikan dalam César Award untuk Aktris paling menjanjikan. Dia juga menerima dua nominasi César Award untuk Les Marmottes dan L' eau froide. Di luar Prancis, perannya yang paling terkenal adalah bersama Leonardo DiCaprio dalam The Beach. Pada musim gugur 2000, ia menandatangani kontrak dengan L' Oréal sebagai spokesmodel dengan perusahaan kosmetik. Dia tampil bersama dua model, Laetitia Casta dan Noémie Lenoir. Dia digambarkan karakter Cosette dari 2000 adaptasi dari Les Miserables.

Pada tanggal 29 September 2001, ia melahirkan anak pertamanya, seorang gadis bernama Lila. Sejak Juli 2010 ia memiliki seorang putra Ishak dengan pasangannya Arie Elmaleh, yaitu kakaknya Gad Elmaleh yang mana adalah lawan mainnya di The Valet.

Pada tahun 2013 ia diangkat sebagai anggota juri di Festival Film Venice yang ke-70[4].

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Ledoyen di Festival Film Cannes tahun 2000.

Media lain[sunting | sunting sumber]

  • "Saint-Germain des Pres," suara narator tur keliling di lingkungan Paris. Dibuat oleh Soundwalk[5].

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]