Wikipedia:Kebijakan dan pedoman

Halaman yang dilindungi semi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Aturan)

Halaman ini merupakan kebijakan resmi di Wikipedia bahasa
Indonesia
.
Isinya telah diterima luas oleh para pengguna dan dianggap sebagai standar yang normalnya harus diikuti oleh semua pengguna. Perubahan yang dibuat harus mendapatkan konsensus terlebih dahulu.

Wikipedia memiliki sejumlah peraturan dan panduan yang telah membantu kami selama ini untuk mencapai tujuan kita bersama:

Peraturan di Wikipedia dapat berubah seiring waktu. Hal tersebut umum terjadi di Wikipedia bahwa suatu aturan dapat diperdebatkan di halaman diskusinya. Setiap orang dapat berpartisipasi. Wikipedia mempunyai sedikit aturan dan garis panduan yang diterima umum dan dianggap agak penting, atau perlu, oleh pendiri proyek dan pesertanya. Hal ini membantu kita mencapai tujuan kita semua. Amat penting untuk disadari bahwa sebagian aturan bisa berubah karena Wikipedia masih berkembang dan maju. Sebagian yang lain telah diterima dan tidak dianggap kontrovensial oleh kebanyakan anggota lama Wikipedia.

Pancapilar

Penting: Wikipedia:Pancapilar

Anda tidak harus sudah membaca seluruh kebijakan Wikipedia sebelum berkontribusi. Namun demikian, ada kunci-kunci utama yang penting yang harus Anda ikuti:

  1. Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia
    Ini adalah satu-satunya tujuan kelahiran Wikipedia, dan bahan-bahan tulisan yang di luar tujuan ini harus dipindahkan ke proyek Wikimedia lainnya atau dihapus bila tidak bisa. (Lihat: Wikipedia bukanlah...)
  2. Hormati pengguna lain
    Pengguna yang menyumbangkan artikel atau suntingan datang dari berbagai latar belakang, kebudayaan, bahkan negara, dan mempunyai pandangan yang berbeda-beda. Dengan saling menghormati, kita dapat bekerjasama membangun ensiklopedia ini.
    Jangan menulis hal-hal yang bisa mengganggu keharmonisan bersama, dan jangan menulis hal-hal yang menyinggung perasaan dan menyinggung SARA. (Lihat: kesopanan, etika, dan menyelesaikan perselisihan.)
  3. Jangan melanggar hak cipta
    Wikipedia merupakan ensiklopedia bebas yang dilisensikan di bawah syarat Lisensi Atribusi-BerbagiSerupa Creative Commons 3.0 dan Lisensi Dokumentasi Bebas GNU.
    Bila Anda menyumbangkan suatu karya orang lain tanpa izin, maka itu akan mengancam tujuan utama kami untuk membangun ensiklopedia bebas yang bisa disebarluaskan secara bebas. Sumbangan karya tanpa izin juga bisa mengakibatkan masalah hukum bagi Wikipedia. (Lihat hak cipta Wikipedia.)
    Poin ini merupakan hal mendasar yang juga berlaku bagi seluruh proyek Wikimedia.
  4. Jauhi prasangka
    Artikel perlu ditulis dari sudut pandang netral, yang berarti artikel patut mewakili pandangan dari sudut berbeda secara adil, proporsional, dan tanpa prasangka.
    Poin ini juga merupakan hal mendasar yang juga berlaku bagi seluruh proyek Wikimedia.
  5. Hanya untuk informasi yang dapat diverifikasi.
    Artikel-artikel Wikipedia harus berdasarkan sumber-sumber publikasi yang tepercaya, dan sumber-sumber ini harus dituliskan sehingga penyunting lainnya dapat memeriksa artikel-artikel tersebut. (Lihat Wikipedia:Pemastian dan Wikipedia:Bukan riset asli).

Peraturan WMF dan WMID

Yayasan Wikimedia (WMF) berwenang untuk menyusun beberapa peraturan yang berlaku pada seluruh proyek Wikimedia dan tidak dapat digantikan oleh kebijakan komunitas lokal. Daftar yang lebih lengkap dapat diakses di halaman ini. Antara peraturan yang berlaku dan relevan untuk Wikipedia bahasa Indonesia adalah:

Wikimedia Indonesia (WMID) adalah mitra lokal Yayasan Wikimedia di Indonesia. Untuk kegiatan-kegiatan luar dan dalam jaringan Wikipedia bahasa Indonesia yang diselenggarakan oleh WMID, berlaku Kebijakan Ruang Ramah Acara (Friendly Space Policy).

Kebijakan dan pedoman komunitas

Kebijakan

Komunitas Wikipedia bahasa Indonesia berwenang untuk membuat kebijakannya sendiri. Kebijakan ini berlaku untuk Wikipedia bahasa Indonesia, dan tidak bertentangan dengan Pancapilar atau kebijakan Yayasan Wikimedia.

Anda adalah penyunting Wikipedia. Wikipedia tidak memiliki "editor kepala" atau mekanisme vertikal. Sebaliknya pengguna-pengguna aktif yang memantau perubahan-perubahan terkini dan membuat suntingan, koreksi/pembetulan terhadap format atau masalah yang mereka lihat. Jadi, para pengguna merupakan penulis sekaligus penyunting.

Untuk sejarah permohonan pendapat dan upaya komunitas dalam mencapai konsensus memberlakukan masing-masing kebijakan, lihat halaman Permohonan pendapat.

Pedoman

Tambahan pada aturan yang sudah diterima umum tertulis di atas, sedangkan panduan-panduan berikut telah diusulkan oleh pengguna berlainan, terutama dari Wikipedia Bahasa Inggris. Anda dapat turut serta mempertimbangkan apakah panduan-panduan ini perlu dijadikan peraturan Wikipedia Bahasa Indonesia atau tidak.

Bila panduan yang diusulkan dirasa kurang jelas, harap periksa di suntingan lama artikel serupa Wikipedia bahasa Inggris yang diduga menjadi sumber acuan halaman ini (misalnya, panduan "Cek fakta-fakta Anda" bisa diperiksa di Wikipedia bahasa Inggris melalui pranala en:Wikipedia:Check your facts).