Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Akademi Tekstil Solo)
Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tesktil Surakarta
Nama lain
AK-Tekstil Solo
JenisPerguruan Tinggi Negeri
Didirikan18 September 2015
DirekturAhmad Wimbo Helvianto
Alamat
Jl. Ki Hajar Dewantara, Jebres, Jebres
, , ,
57126
,
BahasaBahasa Indonesia
Situs webak-tekstilsolo.ac.id

Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta (disingkat AK-Tekstil Solo) adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berlokasi di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Perguruan tinggi ini dikelola oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surakarta, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jawa Tengah, dan Solo Technopark mendirikan Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil (AK-Tekstil) Surakarta pada akhir tahun 2015 dilatarbelakangi oleh tingginya permintaan tenaga kerja tingkat ahli untuk industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT). Pemilihan Kota Surakarta sebagai lokasi kampus tidak terlepas dari ikon Kota Surakarta dan sekitarnya sebagai sentra tekstil khususnya batik di Indonesia. Konsep pengembangan Akademi Komunitas yang dibangun sepenuhnya untuk kepentingan industri dengan konsep pendidikan vokasi industri berbasis kompetensi. AK-Tekstil Surakarta merupakan lembaga pendidikan tinggi vokasi di bidang teknologi tekstil dan garmen yang berada di bawah Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli tekstil dan garmen yang kompeten bagi dunia industri yang membutuhkan. Selain dilengkapi dengan fasilitas pendidikan berupa laboratorium, workshop, dan teaching factory, AK-Tekstil Surakarta juga merupakan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Tempat Uji Kompetensi (TUK).

AK-Tekstil Surakarta diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo pada tanggal 26 Januari 2016. Kegiatan pendidikan sendiri telah dimulai sejak tahun 2015. Sejak diresmikan hingga saat ini, AK-Tekstil Surakarta memiliki 3 program studi strata Diploma Dua, yaitu: Teknik Pembuatan Benang, Teknik Pembuatan Kain Tenun, dan Teknik Pembuatan Garmen. AK-Tekstil Surakarta menerapkan metode pendidikan vokasi yang juga diterapkan di negara-negara industri maju dengan konsep dual system yang berorientasi kepada penguasaan kemampuan kerja dengan mengintegrasikan pendidikan di kampus dengan pendidikan di industri sehingga terwujud sinergi pembelajaran yang efektif guna menghasilkan tenaga kerja yang memiliki daya saing tinggi dan benar-benar siap bekerja di dunia industri. AK-Tekstil Surakarta memberikan beasiswa selama pendidikan dan telah meluluskan tenaga kerja yang tersebar di berbagai perusahaan tekstil di Indonesia karena telah mendapatkan garansi dan jaminan bekerja setelah lulus.

Pimpinan[sunting | sunting sumber]

Unsur pimpinan AK-Tekstil Surakarta terdiri dari:

  • Direktur: Ahmad Wimbo Helvianto
    • Pembantu Direktur: Wawan Ardi Subakdo

Program studi[sunting | sunting sumber]

AK-Tekstil Surakarta memiliki tiga program studi sebagai berikut:

Jenjang Program Studi Akreditasi
BAN-PT
D2 Teknik Pembuatan Benang Baik Sekali
D2 Teknik Pembuatan Garmen Baik Sekali
D2 Teknik Pembuatan Kain Tenun Baik Sekali

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]