Stadion Andi Makkasau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stadion Andi Makkasau
Andi Makkasau
Informasi stadion
PemilikPemerintah Kota Parepare
Lokasi
LokasiIndonesia Jl. Karaeng Burane, Kelurahan Mallusetasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia
Konstruksi
Dibuat1962
PermukaanRumput
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Stadion Andi Makkasau adalah sebuah stadion yang terletak di pusat Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia. Stadion ini mulai didirikan oleh Wali Kota KDH Parepare H. Andi Mannaungi pada tahun 1962. Sebelum dibangun dan dirampungkannya Stadion Gelora Mandiri (sekarang bernama Stadion Gelora B.J. Habibie) pada tahun 2001. Stadion ini dipergunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola Habibie Cup dan sebagai markas klub sepak bola Persipare Parepare dalam mengarungi kompetisi Liga Sepak bola Indonesia, baik Perserikatan, Piala Soeratin, maupun awal era Liga Indonesia. Pada tahun 2022, stadion ini direncanakan akan menjadi tempat latihan pemain PSM Makassar seiring penggunaan Stadion Gelora B.J. Habibie sebagai kandang PSM Makassar dalam kompetisi Liga 1.[1][2][3]

Riwayat penggunaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Untari, Atik (14 November 2021). "Tinjau Lapangan Andi Makkasau, Appi Semakin Yakin PSM Makassar Bermarkas di Parepare". daerah.sindonews.com. Diakses tanggal 1 Desember 2021. 
  2. ^ Imandiar, Yudistira Perdana (2 November 2021). "HUT Ke-106 PSM, Walkot Parepare: Insyaallah Selalu Jadi Kebanggaan". news.detik.com. Diakses tanggal 1 Desember 2021. 
  3. ^ Paembonan, Andika (16 September 2021). "Bakal jadi Homebase PSM, Stadion Andi Makkasau Pakai Rumput yang Sama di GBK Jakarta". sulselekspres.com. Diakses tanggal 1 Desember 2021.