Stadion Lagaligo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stadion Lagaligo
Lagaligo
Informasi stadion
Nama lengkapStadion Lagaligo Kota Palopo
PemilikPemkot Palopo
Lokasi
LokasiIndonesia Jl. Salak, Kelurahan Lagaligo, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia
Data teknis
PermukaanRumput
Kapasitas10.000 (tempat duduk)
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Stadion Lagaligo Kota Palopo atau secara singkat lebih dikenal Stadion Lagaligo[1] adalah sebuah stadion yang terletak di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia. Stadion ini dipergunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola dan sebagai markas klub sepak bola Gaspa Palopo, Palopo United, dan Palopo Raya FC. Stadion ini pernah digunakan dalam ajang Habibie Cup (2012), Divisi Satu Liga Indonesia (2005), Piala Indonesia (2005–2007), dan Liga 3 (2018 dan 2019). Penamaan Stadion Lagaligo sendiri diambil dari nama kelurahan dimana stadion ini berada. Nama Lagaligo diinspirasi dari karya sastra Bugis kuno, I La Galigo, yang menceritakan asal-usul masyarakat Luwu, yang mana Kota Palopo adalah bekas ibukota/kotaraja (ware') Kerajaan Luwu terakhir. Karena kebanggaan memiliki karya sastra terpanjang di dunia tersebut, maka berbagai fasilitas umum di Kelurahan Lagaligo dinamai pula Lagaligo, seperti Stadion Lagaligo, Gedung Olahraga (GOR) Lagaligo, SD Negeri Lagaligo, dan Arena Basket Lagaligo.

Riwayat penggunaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Redaksi Palopo Pos (5 November 2018). "Rehab Stadion Lagaligo Contohi GBK". palopopos.co.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-11-28. Diakses tanggal 28 November 2021. 
  2. ^ Ghazali, Munjiyah Dirga (31 Juli 2018). "Sore Ini, Persi Pangkep Hadapi Palopo United di Stadion Lagaligo". Tribunnews.com. Diakses tanggal 28 November 2021. 
  3. ^ Asrul (16 September 2019). "RMB Buka Liga 3 Sulsel di Stadion Lagaligo Palopo". www.sulselsatu.com. Diakses tanggal 28 November 2021.