Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah (Bahasa Inggris: Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC)) merupakan lembaga Muhammadiyah yang bertugas untuk mengkoordinasikan mobilisasi sumberdaya dalam Tanggap Darurat Bencana, Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana dan Rehabilitasi Pasca Bencana. Sehingga dalam pelaksanannya diperlukan komunikasi dan koordinasi dengan Seluruh Jajaran Pimpinan, Majelis, Lembaga, Amal Usaha, Organisasi Otonom dan Kader Muhammadiyah. Selain itu juga bekerja sama dengan lembaga SAR di Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pimpinan Pusat Muhammadiyah memutuskan bahwa Pusat Penanggulangan Bencana yang telah dibentuk pada tahun 2007, pada periode 2010 – 2015 diubah menjadi Lembaga Penanggulangan Bencana, sebagai instusi yang langsung berada di bawah koordinasi Pimpinan Muhammadiyah. Sementara sebutan dalam bahasa Inggris Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) tetap dipertahankan.

Dasar pembentukannya adalah Keputusan Muktamar Muhammadiyah ke-46 tahun 2010 yang dirilis (tanfidz) dalam Berita Resmi Muhammadiyah No. 1/2010-2015.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]