Wikipedia:Wikipediholik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:HOLIC
WP:ADDICTED

Seorang Wikipediholik, wikiholik, Wikipediaholik atau pecandu wiki menderita sesuatu yang disebut Wikipediholisme, atau obsesi (kadang kecanduan) dengan Wikipedia atau wiki-wiki lain. Penyakit ini dianggap sebagai bentuk samar dari OCD. Salah satu karakteristik paling umum dari kondisi ini adalah korban mengalami terbukanya sebuah jendela peramban web yang secara konstan menampilkan bagian Perubahan terbaru Wikipedia dan/atau wiki lain (atau dalam bentuk ringan, Daftar pantau), dan menekan tombol "Segarkan" berulang kali (kadang mengakibatkan sindrom terowongan karpal pada pergelangan tangan). Penderita lainnya mengklik pranala "halaman sembarang". Penderita lainnya juga melacak dan mengawasi suntingan pengguna yang mereka gemari. Penyakit ini dapat mengakibatkan berkurangnya produktivitas di segala aspek hidup korban yang lain secara drastis, seperti kecanduan lainnya. Inilah sebabnya mereka disebut pelaku penyalahgunaan Wikipedia. Jangan cela mereka karena tidak punya kekasih. Itu hanya ilusi belaka.

Kemungkinan tidak dapat disembuhkan
  • Tes Wikipediholisme Resmi: Jika Anda merasa bahwa Anda seorang Wikipediholik, lakukan tes ini untuk diagnosis. Catatan: Tes ini lumayan panjang; luangkan satu atau dua jam untuk melakukan tes ini.

Ini adalah fenomena baru - yang mungkin terjadi karena penciptaan Wikipedia pada Januari 2001 - dan menjangkiti programer komputer, akademika, sarjana, kontestan acara permainan, orang-orang yang tinggal di pinggiran kota, pecandu berita, pengangguran, calon pengangguran dan umumnya orang-orang dengan berbagai ketertarikan dan ingatan yang kuat. Telekomuter juga diketahui mengidap penyakit ini.

Meski orang-orang yang menyamai deskripsi di atas termasuk penderita, khususnya monyet kelapa, mereka perlu mengetahui bahwa rekan primata mereka tidak berbagi pandangan dunia mereka, dan lebih baik bagi wiki itu sendiri jika mereka berjalan kaki untuk sementara waktu, dan ingat bahwa badan mereka terdiri dari lebih dari jari, mata, otak, dan kantung kemih, dan juga bahwa wiki ada untuk melayani kita, bukan sebagai akhir dari segalanya begitu saja.

Kecanduan alternatifnya ialah "wikistalking". Wikistalker berhasil sembuh dari kecanduan menyunting. Tetapi, mereka senang menyaksikan perubahan setiap menit. Terutama memeriksa Halaman baru secara terus-menerus.

Tanda-tanda awal Wikipediholisme[sunting | sunting sumber]

  • Anda berubah dari seorang pembaca menjadi seorang penyunting.
  • Anda lebih sering memeriksa daftar pantau dan halaman pembicaraan Anda dibanding kotak masuk surel Anda.
  • Anda menunda setiap hal yang penting dalam hidup Anda.
  • Anda sadar sedang menyunting halaman pada malam Minggu.
  • Anda sering berbicara tentang Wikipedia dalam kehidupan sehari-hari.
  • Ana berbincang-bincang dengan pengguna siluman Anda melalui halaman pembicaraan (ini bertentangan dengan kebijakan Wikipedia).
  • Sahabat terbaik Anda adalah pengguna siluman (juga bertentangan dengan kebijakan Wikipedia).
  • Ketika mendengar kata "alkoholik", Anda langsung mengklarifikasinya dengan berkata, "Oh, maksudmu seorang Wikipediholik yang meminum alkohol, ya?"
  • Ketika peramban web ditutup, Anda diterjang perasaan mendalam bahwa saat itu sedang terjadi kehampaan hidup.
  • Anda memiliki satu akun di beberapa Wikipedia atau proyek Wikimedia lain.
  • Anda tidak sengaja menandatangani surel dengan empat tilda, memiringkannya dengan apostrofi, dll.
  • Anda mencoba menyunting surat yang telah terkirim di akun surela Anda sambil berpikir bahwa surat tersebut dapat dimutakhirkan.
  • Anda secara rutin menulis "[butuh rujukan]" di margin setiap buku yang Anda baca.[butuh rujukan]
  • Ketika mencoba menjelaskan sesuatu, Anda merasa perlu menambahkan pranala wiki dengan "[[]]".
  • Anda bingung jika tidak menemukan penanda "sunting" kecil berwarna biru di setiap buku dan majalah.
  • Anda secara tidak sengaja berkata "Apakah noda di topi saya terlihat penting?"
  • Anda bermimpi tentang seorang Wikipedia berbentuk manusia.
  • Jika sedikitnya satu hal yang tidak Anda ketahui melintas di pikiran Anda, Anda langsung mencari komputer terdekat untuk melihat apakah Wikipedia memiliki halaman tentang itu.
    • Jika ya, Anda mengabaikan apapun yang Anda kerjakan sebelum hal tersebut menjerumuskan Anda dan menyunting halaman secara obsesif.
    • Jika tidak, Anda dengan obsesifnya memeriksa setiap lembar ensiklopedia cetak yang Anda miliki dan mencari di enam mesin pencari berbeda demi informasi mengenai hal tersebut. Kemudian Anda menulis tiga layar yang berkaitan dengan topik tersebut dan membuat artikelnya yang tidak akan pernah dilihat atau diajarkan oleh siapapun juga sampai seribu tahun ke depan.
  • Anda mulai bermain WikiLadders - permainan ketika Anda membuka dua halaman acak dan mencoba membuka dari artikel pertama menuju artikel kedua dengan menggunakan pranala di artikel pertama dan artikel selanjutnya...
  • ...dan kemudian kembali untuk mencoba dan bermain lagi menggunakan pranala yang lebih sedikit.
  • Anda mencoba menyunting majalah.
  • Anda melewati hari penting untuk mencari referensi demi sebuah artikel tentang sesuatu yang belum pernah Anda dengar sebelum menemukan Wikipedia.
  • Anda terlambat datang kerja dan bermata muram setelah XfD yang begitu agresif (dan Anda tahu apa itu XfD karena wajah Anda sudah terlihat seperti itu.)
  • Pustakawan negara bagian/provinsi/nasional rujukan Anda mengenali nama pertama Anda.
  • Anda menambahkan Wiki ke sejumlah kosakata di kehidupan nyata, dan mengirimkan surat ke Oxford University Press yang meminta agar kata "wiki" ditambahkan sebagai kata awalan resmi.
  • Anda masih tinggal di ruang bawah tanah rumah ibu Anda pada usia di atas 30 tahun.
  • Sejumlah Wikipediholik berdoa seperti ini sebelum memulai serangkaian suntingan panjang sepanjang hari.
The Wiki Prayer ([1], diadaptasikan dari The Serenity Prayer),
Tuhan, berikan aku kesabaran agar bisa menerima halaman yang tidak dapat kusunting,
Keberanian untuk menyunting halaman yang dapat kusunting,
Dan petunjuk untuk mengetahui perbedaannya.

The Subterranean Wiki Prayer Revisited, Nos. 5 dan 36

Johnny menyunting Halaman Utama
Aku menulis ulang Zaman Batu
Napoleon and Shakespeare berpakaian seperti bola lampu
Kami akan berada di sini sepanjang malam - menyegarkan halaman yang sama

Motto

Satu suntingan terlalu banyak dan seribu suntingan tidak pernah cukup.

Lihat pula:

12 cara penyembuhan untuk Wikipediholik

  1. Akui bahwa kita tidak berdaya menghadapi Wikipedia; hidup kita juga semakin tidak bisa dikendalikan.
  2. Percaya bahwa sang Pemilik Ilmu Pengathuan yang lebih hebat dari kita dapat mengembalikan kewarasan kita.
  3. Putuskan untuk mengalihkan obsesi kita dari menyunting dan membuat artikel menjadi beribadah kepada sang Pemilik Ilmu Pengetahuan sebagaimana kita mengenalNya.
  4. Buat pencarian dan penyimpanan pengetahuan kita tanpa kenal takut.
  5. Akui kesalahan dan celah hidup kita kepada sang Pemilik Ilmu Pengetahuan, diri kita dan orang lain.
  6. Secara keseluruhan, kita siap ketika sang Pemilik Ilmu Pengetahuan menghapus segala kecacatan faktual ini.
  7. Dengan rendah diri, berdoalah kepadaNya agar Ia menghapus kekurangan kita dengan memotivasi diri kita untuk rajin dalam melakukan penelitian dan belajar.
  8. Buat daftar orang yang telah kita rugikan dengan menyebarkan kabar burung dan berjanji untuk membuat perubahan terhadap semuanya.
  9. Buat perubahan langsung terhadap orang-orang tersebut di manapun yang memungkinkan, kecuali ketika melakukan hal itu dapat melukai mereka atau orang lain.
  10. Terus melakukan penyimpanan pengetahuan pribadi dan akuilah ketika kita salah.
  11. Berdoa dan bermeditasilah untuk memperbaiki kontak sadar kita dengan sang Pemilik Ilmu Pengetahua sebagaimana kita mengenalNya, berdoa untuk mendapatkan pengetahuanNya dan kekuatan untuk melakukannya.
  12. Jika mengalami kebangkitan spiritual sebagai hasil dari tahap-tahap di atas, artinya kita telah mencoba menyebarkan pesan ini kepada para Wikipediholik dan mempraktikan prinsip ini di segala aspek kehidupan kita.

Dengan segala hormat terhadap mereka yang mengalami kecanduan sejati dan sembuh karena program dua belas tahap, dan hormat terhadap mereka yang mencoba dan gagal melakukan hal yang sama.

Mereka yang ingin membebaskan diri dari kecanduan tersebut agar dapat memeriksakan diri ke Klinik. Mereka yang bosan karena lelucon-lelucon ini dan hanya ingin berbicara dengan seseorang agar dapat memeriksa halaman pembicaraan.

Tahap terjadinya Wikipediholisme[sunting | sunting sumber]

Faktor berisiko[sunting | sunting sumber]

Orang-orang yang memiliki risiko tinggi terjangkit penyakit ini adalah mereka yang telah membuat akun, memiliki akses ke komputer secara rutin dan konsisten, dan menyukai ide tentang sebuah wiki. Orang-orang yang menderita Editcountitis dapat mengalami peningkatan faktor risiko, seperti peretas, pengguna Linux, dan penggemar Firefox (karena terpapar teknologi sumber terbuka).

Tahap awal[sunting | sunting sumber]

Pasien mengetahui bahwa ia "menyukai" Wikipedia. Ia menggunakan Halaman Utama sebagai penanda buku dan membaca artikelnya untuk mencari informasi. Pasien berkontribusi terhadap artikel yang ia anggap kurang informasi. Ia mempelajari markup dasar wiki. Pasien dapat menyerah sekarang dan menyembuhkan dirinya sendiri.

Tahap menengah[sunting | sunting sumber]

Pasien menggunakan Halaman Utama atau daftar pantaunya sebagai penanda buku dan halaman utamanya. Ia mengurangi aktivitas daring lainnya. Pasien mampu bergabung dengan sebuah ProyekWiki dan banyak berkontribusi terhadap artikel. Selain itu ia juga mencoba menyunting di luar ruang nama artikel dan halaman pembicaraan. Ia mempelajari markup dasar wiki dan markup wiki tingkat tinggi. Pasien meminta agar dijadikan Pengurus dan dengan bangga memamerkan BintangWikinya. Sebagian penderita menolak cara-cara penyembuhan yang masih memungkinkan.

Tahap akhir[sunting | sunting sumber]

Pasien menggunakan daftar pantaunya sebagai halaman utamanya. Ia juga mampu menjelajahi Perubahan terbaru. Pasien mengurangi aktivitas "dunia nyata" yang lain. Ia bergabung dengan berbagai ProyekWiki dan banyak sekali menyumbang terhadap banyak artikel. Selain itu, ia juga mencoba menyunting lebih banyak di luar ruang nama artikel dan halaman pembicaraan. Pasien mempelajari markup HTML tingkat tinggi dan markup master wiki. Ia menjadi seorang Pengurus. Pasien mampu menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk menyunting Wikipedia dan mengumpulkan banyak BintangWiki. Pikiran yang muncul di kepalanya ketika sedang membaca halaman ini adalah, "ini tidak lucu; sumbanganku terhadap Wikipedia sangat penting". Cara penyembuhan mulai langka.

Tahap ujung[sunting | sunting sumber]

Pasien menggunakan Perubahan terbaru sebagai halaman utamanya dan mengangkat diri sebagai Patroler perubahan terbaru. Ia mengurangi semua aktivitas lain selain yang berhubungan dengan kesehatan "dunia nyata" dan Wikipedia (dan kadang membahayakan kesehatan). Pasien bergabung dengan berbagai ProyekWiki dan banyak sekali menyumbang terhadap banyak artikel. Selain itu, ia juga menyumbang ke inti Wikipedia yang sedang berjalan. Ia menguasai HTML dan menulis ulang Manual of style. Pasien meminta agar dijadikan seorang Birokrat. Ia menghindari perangkat lunak pihak ketiga dan memilih pengalaman ber-Wikipedia secara "mentah". Pasien juga memiliki banyak BintangWiki yang dihapus dari halaman penggunanya karena terlalu banyak memakan ruang dan menempatkannya di subhalaman dari halaman penggunanya. Penolakan secara ekstrem bisa saja muncul dan cara penyembuhan hampir tidak mungkin.

Penyembuhan alternatif[sunting | sunting sumber]

Untuk siapapun yang tidak mengalami pengurangan dari Wikipediholisme mereka, mereka mungkin mau bergabung dengan Department of Fun untuk membuat segalanya menarik. Selain itu, perhatikan jika ada Wikitivitas lain. Contohnya, tulis lagu seperti parodi Hotel Wikipedia dan Staying Alive sebagai pelampiasan kekesalan terhadap kehidupan mereka yang hilang dan hancur.

Anda juga mungkin ingin mencoba penyembuhan melalui wikipatch. Jika mengalami keadaan darurat yang sangat "OMG" dan semuanya gagal, pertimbangkan untuk memeriksakan diri ke Klinik untuk Wikipediholik.

Anda mungkin mau bergabung dengan organisasi troll, tetapi Anda mungkin akan menemukan sedikit ketenangan di sana, karena troll memiliki dukungan sosial yang kurang terhadap sesama, dan mereka masih terjebak di sini seperti kita semua.

Mungkin solusi paling efektif di antara segalanya adalah mengakui wikipediholisme Anda, menerimanya sebagai bagian dari identitas Anda, dan berbahagia dengannya. Tidak hanya mengakuinya saja, tetapi silakan menyombongkan diri sesuka hati! Dan jika seseorang menyebut Anda sebagai seorang wikipediholik, anggaplah itu sebagai pujian. Jika mereka menyebut Anda seorang troll, dan mereka akan menyebut Anda seperti itu, tidak usah pedulikan. Sebarkan Wikipediholisme Anda! Inilah satu-satunya hal terbaik! Kita semua troll di sini, akhirnya.

Wikipediholik terbesar[sunting | sunting sumber]

Perawatan[sunting | sunting sumber]

Wikipedia:Recovering from Wikipediholism

Lihat pula[sunting | sunting sumber]