Pinggir kota

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pinggiran kota)
Lingkungan pinggiran kota di wilayah metropolitan Cologne, Jerman
Männistö, lingkungan pinggiran kota di Kuopio, Finlandia

Pinggiran kota atau janapada (serapan bahasa sansekerta "जनपद"), lebih luas daerah pinggiran kota, adalah wilayah di dalam area metropolitan yang terutama merupakan daerah pemukiman, meskipun juga dapat mencakup area komersial dan penggunaan campuran. Pinggiran kota dapat ada baik sebagai bagian dari kota/daerah perkotaan yang lebih besar atau sebagai entitas politik yang terpisah. Nama tersebut menggambarkan suatu daerah yang tidak sepadat kota dalam, namun lebih padat penduduknya daripada daerah pedesaan di pedesaan. Di banyak wilayah metropolitan, pinggiran kota ada sebagai komunitas pemukiman terpisah dalam jarak perjalanan pulang pergi dari sebuah kota (lih. "pinggiran kota kamar tidur".) Pinggiran kota dapat memiliki yurisdiksi politik atau hukumnya sendiri, terutama di Amerika Serikat, tetapi hal ini tidak selalu terjadi, terutama di Britania Raya, di mana sebagian besar pinggiran kota terletak di dalam batas administratif kota. Di sebagian besar negara berbahasa Inggris, wilayah pinggiran kota didefinisikan berbeda dengan wilayah pusat atau dalam kota, tetapi dalam bahasa Inggris Australia dan Inggris Afrika Selatan, pinggiran kota sebagian besar telah menjadi sinonim dengan apa yang disebut "lingkungan" di AS, dan istilah tersebut meliputi daerah dalam kota.

Di beberapa daerah, seperti India, Cina, Selandia Baru, Kanada, Inggris Raya, dan sebagian Amerika Serikat, pinggiran kota baru secara rutin dianeksasi oleh kota-kota yang berdekatan karena urban sprawl. Di tempat lain, seperti Maroko, Prancis, dan sebagian besar Amerika Serikat, banyak pinggiran kota tetap menjadi kotamadya yang terpisah atau diperintah secara lokal sebagai bagian dari wilayah metropolitan yang lebih besar seperti county, distrik, atau borough. Di Amerika Serikat, wilayah di luar pinggiran kota dikenal sebagai "daerah mancajanapada" atau manja pinggir kota; mancajanapada memiliki kepadatan penduduk yang lebih sedikit daripada pinggiran kota, tetapi masih lebih banyak dari daerah pedesaan. Pinggir kota dan mancajanapada terhubung ke area metropolitan terdekat yang lebih besar secara ekonomi, terutama oleh komuter.

Pinggiran kota pertama kali muncul dalam skala besar pada abad ke-19 dan ke-20 sebagai hasil dari peningkatan transportasi kereta api dan jalan raya, yang menyebabkan peningkatan perjalanan. Secara umum, mereka kurang padat penduduknya dibandingkan lingkungan kota terdalam wilayah dengan metropolitan yang sama, dan sebagian besar penduduk secara rutin bepergian ke pusat kota atau kawasan bisnis melalui kendaraan pribadi atau angkutan umum; namun, ada banyak pengecualian, termasuk kawasan industri, komunitas terencana, dan kota satelit. Pinggiran kota cenderung berkembang biak di sekitar kota yang memiliki banyak tanah datar yang berdekatan.