Psikiatri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Psikiatri adalah suatu cabang ilmu kedokteran yang mempelajari aspek kesehatan jiwa serta pengaruhnya timbal balik terhadap fungsi-fungsi fisiologis organo-biologis tubuh manusia. Sebagai suatu cabang ilmu kedokteran, ilmu psikiatri tidaklah berdiri sendiri, melainkan selalu berkolaborasi dan segala aspeknya selalu berkaitan dengan cabang-cabang ilmu kedokteran lainnya, misalnya dengan cabang ilmu saraf (Neurologi) dan ilmu penyakit dalam.

Psikiatri di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Ahli psikiatri (ilmu kedokteran jiwa) di Indonesia disebut sebagai psikiater. Psikiater memiliki gelar spesialis, yakni Spesialis Kedokteran Jiwa atau Sp.K.J. (dahulu: DSJ/Dokter Spesialis Jiwa). Organisasi profesi psikatri di Indonesia adalah Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI).[1] Prof. Dr. Kusumanto Setyonegoro disebut sebagai Bapak Psikiatri Indonesia. Atribusi ini ditetapkan dalam Kongres PDSKJI Keenam pada 2009 di Manado, Sulawesi Utara.[2]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PDSKJI | PDSKJI.org". pdskji.org. Diakses tanggal 2021-09-12. 
  2. ^ Media, Kompas Cyber (2011-06-27). "Ilmu Psikiatri Jalan di Tempat Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2021-09-12.