Wikipedia:WikiJaguar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seekor Wikijaguar sedang bersembunyi di balik dedaunan halaman pembicaraan seorang pengguna.

WikiJaguar adalah pengguna yang suka (terkadang bahkan terobsesi) untuk mengawasi dan melihat-lihat halaman pembicaraan para pengguna lainnya. Alat favorit WikiJaguar tentu saja adalah daftar pantauan. WikiJaguar sering menjawab atau ikut serta dalam pembicaraan yang sebenarnya tidak melibatkan dirinya.

WikiJaguar sering memberi komentar yang konstruktif, dan dengan demikian mereka hendaknya dibedakan dari WikiKuntit. Dianjurkan untuk memperlakukan mereka dengan sopan dan ramah, namun mereka juga perlu diawasi dengan hati-hati untuk gejala Wikipediholisme.

Halaman pembicaraan yang sering diintai oleh WikiJaguar di antaranya adalah milik para pengurus, birokrat, pengguna yang sangat aktif, pengguna yang ramah, dan beberapa jenis megalomaniak. Mereka bahkan diketahui sering saling mengintai sesama WikiJaguar. WikiJaguar bukanlah penjahat karena mereka terkadang cukup membantu dengan memberi saran dan nasehat yang membangun, terutama jika pengguna yang dituju sedang tidak hadir. WikiJaguar juga terkadang merapikan halaman pembicaraan pengguna yang dia intai.