Wikipedia:WikiBayaran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Seekor WikiBayaran sedang menari setelah artikelnya dibayar
Berkas:Belgian protesters clash with police over pensions and pay.jpg
Polisi sedang menghalau para gerombolan WikiBayaran

Wikipediawan Bayaran (atau sering disingkat WikiBayaran) adalah Wikipediawan yang mengembara untuk mencari pekerjaan. Berbeda dengan WikiFauna lain yang bekerja tanpa pamrih, WikiBayaran menjelajah Wikipedia tanpa tujuan, menawarkan bantuan pada siapapun yang mampu membayar mereka.

Sifat[sunting sumber]

WikiBayaran biasanya hanya menolong orang yang bersedia membayarnya. Mottonya adalah "tak ada duit, tak ada edit". Mereka bisa ditemukan di situs-situs yang menawarkan uang bagi siapa saja yang dapat menerjemahkan suatu artikel ke dalam berbagai bahasa. Beberapa WikiBayaran juga spesialis dalam mengembangkan artikel pendek atau melakukan perbaikan artikel di sana-sini, tetapi tentu saja mereka bekerja untuk dibayar. Kehadiran mereka semata-mata karena uang saja. Mereka tidak pernah mengerti mengapa WikiFauna lain mau mengerjakan sesuatu tanpa dibayar, dan orang-orang semacam itu dipandang bodoh oleh WikiBayaran.

Beberapa WikiFauna lain terkadang juga luluh oleh godaan harta dan menjadi WikiBayaran, baik sementara maupun tetap. Beberapa WikiFauna lain sama sekali tidak menganggap WikiBayaran, dan memandang mereka sebagai makhluk rendahan yang tidak layak diperhatikan. "Karya-karya" mereka juga tidak diakui dan sebisa mungkin dibatalkan. Meskipun mereka sering berada di tempat-tempat sosial, WikiBayaran adalah penyendiri yang pendiam. Karena kesetiaan mereka kurang jelas, mungkin ada beberapa wikipediawan yang menyimpan dendam terhadap WikiBayaran, menyebut mereka dengan hinaan seperti "WikiPemBayaran" (Wikipediawan Pembunuh Bayaran). Karena sikap negatif itu, WikiBayaran lebih suka melakukan bisnis dengan klien pribadi daripada untuk publik, untuk menjaga dirinya tetap aman. WikiBayaran adalah orang yang rahasia, meskipun mereka nampak licik, mereka tahu bahwa kontrak mengikat mereka. Ketika seorang WikiBayaran menawarkan bantuan kepada kontraktor mereka, mereka akan melakukan pekerjaan dengan baik, agar tidak merusak reputasi mereka. Namun, ketika seorang WikiBayaran telah menyelesaikan kontraknya, mereka akan mengambil imbalannya, kemudian langsung berangkat untuk mencari pekerjaan lain.