Wikipedia:WikiGnome

Halaman ini mengandung materi yang dianggap lucu. Halaman ini mungkin juga mengandung sebuah nasihat.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

WikiGnome
Wikignome.gif
Seekor WikiGnome di habitat aslinya
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Smallus
Spesies:
S. editus

WikiGnome [1] adalah sebutan untuk seorang WikiFauna yang melakukan hal yang berguna yakni menyunting tanpa menuntut dengan ribuan perhatian. Mereka bekerja di belakang layar Wiki yaitu yang menyangkut tentang hal yang tidak diurus yang sedikit dan berbagai hal dengan lembut. Contoh perilaku WikiGnome yaitu suka memeriksa adanya kesalahan cetak dengan cara memperbaiki, mengoreksi tatabahasa yang masih belum baku, memperbarui Ejaan Soewandi menjadi EYD, dan mengganti nama pemeran sinetron yang dirusak orang lain. Oleh karena itu, WikiGnome pun juga dikenal sebagai Abang Tukang Kebun.[2] Banyak orang yang sangat aktif memperlihatkan perilaku WikiGnome yang suka menjadi bagian dari pekerjaan mereka, selagi boleh membatasi diri mereka hanya untuk aktivitas WikiGnome.

WikiGnome dianggap ramah seperti WikiPeri dan WikiElf (bersama-sama membentuk grup mariachi bernama EGP, jangan dikelirukan dengan EDM ataupun BTS). Tapi keramahan mereka sebenarnya adalah topeng dari filosofi hidup mereka yang sebenarnya. Musuh dari WikiGnome adalah Wikitroll.

WikiGnome juga sangat mencintai pekerjaan mereka dari berbagai sudut Wikipedia dan memperhatikan perubahan yang terbaru yang kamu boleh melihatnya. Contoh lebih lanjut dari pekerjaan yang WikiGnome lakukan adalah: menambahkan ISBN dari suatu buku, menambahkan koma pada daftar dengan lebih dari dua anggota, memperbaiki kategori-kategori film yang acak-acakan, menghapus lawakan jelek dan omong kosong lainnya, dan mengganti segala penyebutan Perancis serta Sumatera menjadi Prancis dan Sumatra.

Beberapa WikiGnome yang sudah tua juga terkenal mahir (membuat dan) mengoperasikan WikiBot (bukan WikiFauna, lebih ke WikiCyborg) untuk membantu mereka melakukan bersih-bersih tidak kontroversial di Wikipedia semacam mengganti "dimana" menjadi "di mana" (yang disebut perbaikan kosmetik), menambahkan templat rintisan dan templat yatim, serta mengubah urutan beberapa templat di satu halaman. Yang terakhir ini agak kurang penting, tapi sudah terlanjur, ya bagaimana lagi.

Konservasi[sunting sumber]

Status konservasi WikiGnome dikategorikan IUCN3.1 (Risiko Rendah) bukan karena jumlahnya yang banyak dan tidak berisiko punah (sebenarnya merupakan WikiFauna yang sungguh sangat langka sekali, kurang dari 1 di antara sejuta), namun karena, sesuai nama kategorinya: "risiko rendah", artinya jika punah, tidak ada efeknya yang berarti bagi WikiFauna lainnya, bahkan mungkin tidak akan ada yang menyadarinya. Untungnya umur WikiGnome rata-rata panjang, walaupun tidak sepanjang WikiElf. Tidak diketahui bagaimana cara WikiGnome bereproduksi, kemungkinan besar mereka terlahir dari air hujan yang bercampur dengan lumpur.

Filosofi[sunting sumber]

Beberapa pengamat mengganggap WikiGnome memiliki kelainan OCD dan ADHD (jangan dikelirukan dengan AADC, atau AC/DC, atau A) serta BCDEFG, namun sejatinya WikiGnome hanya menderita penyakit DGAF, yang sebenarnya bukan penyakit, tapi filosofi hidupnya. Dia tidak peduli apabila pekerjaannya tidak terselesaikan, karena mottonya: "Esok akan selalu lebih baik dari lusa" dan motto keduanya: "Kalau bisa dikerjakan kemarin, mengapa harus dikerjakan besok". Sebenarnya mereka punya tiga motto, tapi DGAF-lah.

Kopi[sunting sumber]

Mereka tidak suka kopi.

Identifikasi[sunting sumber]

Cara mengindentifikasi diri sebagai WikiGnome adalah memasukan ke dalam kotak pengguna templat Pengguna WikiGnome sementara daftar para pengguna sebagai WikiGnome ada di Pengguna WikiGnome.

Referensi[sunting sumber]

  1. ^ (jika laki-laki disebut WikiGnomen, perempuan disebut WikiGnowati. Kenapa bisa demikian tidak konsisten? Entahlah.)
  2. ^ Mader, Stewart (2007). Wikipatterns. Wiley. ISBN 0470223626.