Wikipedia:Arsip halaman utama/2023/09/13

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Kaligrafi Ali bin Abi Talib

Masa pemerintahan Ali dimulai di Kekhalifahan Rasyidin pada tahun 656 M setelah pendahulunya yaitu Utsman dibunuh oleh pemberontak Mesir di tengah tuduhan nepotisme, ketidakadilan, dan korupsi yang tersebar luas. Ali melakukan perubahan radikal segera setelah aksesinya di Madinah dan kebijakannya yang sangat egaliter memberinya dukungan dari kelompok-kelompok yang kurang mampu dan mengesampingkan suku Quraisy yang kuat. Beberapa di antara tokoh terkemuka Quraisy memberontak melawan Ali dengan dalih balas dendam untuk Utsman di Pertempuran Jamal (656) dan Pertempuran Siffin (657). Pertempuran Siffin berakhir dengan perjanjian damai yang gagal dan beberapa pendukung Ali yang membelot kemudian mendirikan Khawarij, sekte yang dianggap bertanggung jawab atas pembunuhan Ali pada tahun 661 saat ia memimpin salat subuh. Bagi sebagian orang, kekhalifahan singkat Ali dicirikan oleh kejujurannya, pengabdiannya yang teguh pada Islam, perlakuannya yang setara terhadap para pendukungnya, dan kemurahan hatinya terhadap musuh-musuhnya yang dikalahkan. Sementara sejarawan lain mengkritik kebijakannya karena terlalu idealis dan tidak memiliki fleksibilitas politik. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kekaisaran BrasilAbdul Karim (Sang Munsyi)Kasus Mortara

Peristiwa terkini

Chandrayaan-3
Chandrayaan-3

Tahukah Anda

  • "... bahwa Penny Wong adalah menteri Australia pertama yang lahir di Asia?"
  • "... bahwa Pulau Kunashir di Laut Okhotsk pernah dihuni suku Ainu, diklaim sebagai milik Belanda, dan kini dipersengketakan antara Rusia dan Jepang?"
  • "... bahwa simbol tak terhingga dalam matematika ∞ berasal dari bilangan Romawi 1000 atau 100 juta?"
  • "... bahwa pelukis Vincent van Gogh pernah memberikan kepada Dokter Félix Rey sebuah lukisan yang menggambarkan diri sang dokter pada tahun 1889, tetapi Dr Rey tidak menyukai lukisan tersebut sehingga ia memakainya untuk memperbaiki kandang ayam dan lalu memberikannya kepada orang lain? Pada tahun 2016, potret tersebut disimpan di Museum Seni Rupa Murni Pushkin dan nilainya diperkirakan melebihi $50 juta!"

Tantangan kolaborasi

Kolaborasi artikel baru

Wikipedia membutuhkan artikel-artikel berikut. Mari bersama-sama merintisnya pada September 2023.

Tantangan kolaborasi
Hasil kolaborasi terbaru
Panduan menerjemahkan artikel · Arsip halaman yang telah dibuat

Hari ini dalam sejarah

13 September: Hari Perayaan Santo John Chrysostom (Kristen Barat); Yom Kippur dimulai saat senja (Judaisme, 2013)

Tanggal lain: 12 September 13 September 14 September

Hari ini tanggal 13 September 2023 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Bianglala yang diterangi dengan lampu penerang, perosotan, dan komidi putar pada malam hari di pasar malam di depan Sungai Mekong, Sithane Road, Vientiane, Laos.
Bianglala yang diterangi dengan lampu penerang, perosotan, dan komidi putar pada malam hari di pasar malam di depan Sungai Mekong, Sithane Road, Vientiane, Laos.
(ukuran asli: 6.171 × 4.114 piksel, 11,85 MB)

Oleh: Basile Morin
Lisensi: CC BY-SA 4.0