Filipus si Arab dan Kekristenan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
A statue from the waist up of a bulbous-nosed man with close-cropped hair. His forehead is furrowed and his nasolabial lines are well-defined.
Patung Filipus si Arab di Museum Vatikan

Filipus si Arab adalah salah satu dari sedikit kaisar Romawi pada abad ke-3 yang bersimpati kepada umat Kristen, meskipun hubungannya dengan agama Kristen tidak jelas dan kontroversial. Filipus dilahirkan di Hauran, sebuah distrik di sebelah timur Danau Galilea. Pusat-pusat perkotaan dan wilayah Helenisasi di wilayah ini menganut agama Kristen pada tahun-tahun awal abad ke-3 melalui pusat-pusat Kristen besar di Busra dan Edessa , namun hanya ada sedikit bukti kehadiran umat Kristen di desa-desa kecil di wilayah tersebut pada periode ini, seperti tempat kelahiran Filipus. di Philippopolis . Philip menjabat sebagai prefek praetorian, komandan Pengawal Praetorian, dari 242; ia diangkat menjadi kaisar pada tahun 244. Pada tahun 249, setelah perang saudara yang singkat, ia dibunuh di tangan penggantinya, Decius.

Pada akhir abad ke-3 dan ke-4, beberapa tokoh gereja berpendapat bahwa Filipus adalah kaisar Kristen pertama; dia digambarkan seperti itu dalam Chronicon (Hieronimus) karya Jerome, yang terkenal selama Abad Pertengahan, dan dalam Historia Adversus Paganos (History Against the Pagans) karya Paulus Orosius yang sangat populer. Kebanyakan ahli berpendapat bahwa catatan ini dan catatan awal lainnya pada akhirnya berasal dari Historia Ecclesiastica (Sejarah Gereja) karya Eusebius dari Kaisarea.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ E.g., Gregg, 43; Pohlsander, "Philip the Arab and Christianity", 466; E. Stein apud Shahîd, Rome and the Arabs, 69.