Wikipedia:Arsip halaman utama/2023/04/08

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Potret Boganda pada perangko 1959

Barthélemy Boganda (1910–1959) adalah seorang politikus nasionalis ternama dari daerah yang sekarang merupakan Republik Afrika Tengah. Lahir dalam suatu keluarga petani dengan taraf hidup pas-pasan dan diadopsi oleh para misionaris Gereja Katolik, pada 1938 ia ditahbiskan sebagai imam Katolik Roma pertama dari Oubangui-Chari. Selama Perang Dunia II, Boganda melayani dalam sejumlah karya misi dan setelahnya ia diyakinkan oleh Uskup Bangui agar memasuki dunia politik. Pada tahun 1946, ia menjadi orang Oubangui pertama yang terpilih dalam Majelis Nasional Prancis, tempat ia memperjuangkan suatu platform politik yang menentang rasisme dan rezim kolonial. Ia kemudian kembali ke Oubangui-Chari demi membentuk sebuah gerakan rakyat untuk menentang kolonialisme Prancis. Gerakan tersebut menyebabkan didirikannya Gerakan Evolusi Sosial Afrika Kulit Hitam (MESAN) pada tahun 1949, yang menjadi populer di kalangan masyarakat desa dan kelas pekerja. Pada tahun 1958, setelah Republik Keempat Prancis mulai mempertimbangkan untuk memberikan kemerdekaan kepada sebagian besar koloninya di Afrika, Boganda bertemu dengan Perdana Menteri Charles de Gaulle untuk mendiskusikan syarat-syarat mengenai kemerdekaan Oubangui-Chari. De Gaulle menerima syarat-syarat yang diajukan Boganda, dan pada tanggal 1 Desember, Boganda mendeklarasikan pendirian Republik Afrika Tengah (RAT). Ia menjadi Perdana Menteri pertama wilayah otonom tersebut dan berniat untuk melayani sebagai Presiden RAT independen. Ia meninggal dunia akibat suatu kecelakaan pesawat yang misterius pada tanggal 29 Maret 1959, dalam perjalanannya menuju Bangui. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Vincent van GoghKleopatraPythagoras

Tahukah Anda

  • "... bahwa lex specialis derogat legi generali adalah asas penafsiran hukum yang menyatakan bahwa hukum yang bersifat khusus (lex specialis) mengesampingkan hukum yang bersifat umum (lex generalis)?"
  • "... bahwa warok dapat meminang gemblak (anak laki-laki rupawan) selama dua tahun? Meskipun masa kontrak antara warok dan gemblak masih berlangsung, warok dapat menikahi seorang wanita sebagai istri mereka."
  • "... bahwa Pelabuhan Antwerpen (gambar) adalah pelabuhan terbesar dan tersibuk kedua di Eropa dalam hal kapasitas kargo yang ditangani, setelah Pelabuhan Rotterdam?"
  • ... bahwa tim nasional sepak bola Skotlandia merupakan salah satu tim nasional sepak bola tertua di dunia, dan tim ini pertama kali melakukan pertandingan internasional mereka pada tahun 1872?"

Tantangan kolaborasi

Kolaborasi artikel baru

Wikipedia membutuhkan artikel-artikel berikut. Mari bersama-sama merintisnya pada April 2023.

Tantangan kolaborasi
Hasil kolaborasi terbaru
Panduan menerjemahkan artikel · Arsip halaman yang telah dibuat

Hari ini dalam sejarah

Tanggal lain: 7 April 8 April 9 April

Hari ini tanggal 8 April 2023 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Dokumen mengenai indulgensi orang beriman yang mengunjungi Kapel di Gereja Paroki Santo Yakobus di Kłodzko, Polandia. Dokumen ini berasal dari tahun 1500.
Dokumen mengenai indulgensi orang beriman yang mengunjungi Kapel di Gereja Paroki Santo Yakobus di Kłodzko, Polandia. Dokumen ini berasal dari tahun 1500.
(ukuran asli: 2.034 × 1.581 piksel, 3,3 MB)

Oleh: Jacek Halicki
Lisensi: CC BY-SA 3.0