Lampu busur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lampu busur pendek xenon 15 kW yang digunakan dalam sistem proyeksi IMAX .
Lampu busur merkuri dari mikroskop fluoresensi .

Lampu busur adalah lampu yang menghasilkan cahaya dengan busur listrik (disebut juga busur volta).

Lampu busur karbon, yang terdiri dari busur antara elektroda karbon di udara, ditemukan oleh Humphry Davy pada dekade pertama tahun 1800-an, adalah lampu listrik praktis pertama .[1][2] Ini banyak digunakan mulai tahun 1870-an untuk penerangan jalan dan bangunan besar sampai digantikan oleh lampu pijar di awal abad ke-20.[1] Ini terus digunakan dalam aplikasi yang lebih khusus di mana sumber cahaya titik intensitas tinggi diperlukan, seperti lampu sorot dan proyektor film sampai setelah Perang Dunia II.. Lampu busur karbon sekarang sudah usang untuk sebagian besar tujuan ini, tetapi masih digunakan sebagai sumber sinar ultraviolet intensitas tinggi

Istilah ini sekarang digunakan untuk lampu pelepasan gas , yang menghasilkan cahaya dengan busur antara elektroda logam melalui gas dalam bola kaca. Lampu fluoresen yang umum adalah lampu busur merkuri bertekanan rendah.[3] Lampu busur xenon , yang menghasilkan cahaya putih berintensitas tinggi, sekarang digunakan di banyak aplikasi yang sebelumnya menggunakan busur karbon, seperti proyektor film dan lampu sorot.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Whelan, M. (2013). "Arc Lamps". Resources. Edison Tech Center. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2014. Diakses tanggal November 22, 2014. 
  2. ^ Sussman, Herbert L. (2009). Victorian Technology: Invention, Innovation, and the Rise of the Machine. ABC-CLIO. hlm. 124. ISBN 9780275991692. 
  3. ^ Chen, Kao (1990). "Fluorescent Lamps". Industrial Power Distribution and Illuminating Systems. Electrical Engineering and Electronics. 65. New York: Dekker. hlm. 350. ISBN 978-0-8247-8237-5. The fluorescent lamp is ... activated by ... a low-pressure mercury arc. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]