Wikipedia:Arsip halaman utama/2022/02/21

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Rahmah El Yunusiyah

Rahmah El Yunusiyah (26 Oktober 1900 – 26 Februari 1969) adalah seorang reformator pendidikan Islam dan pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia mendirikan Diniyah Putri di Kota Padang Panjang pada 1 November 1923, yang tercatat sebagai sekolah agama Islam perempuan pertama di Indonesia. Universitas Al-Azhar menganugerahkannya gelar kehormatan "Syekhah" pada 1957, dua tahun setelah Imam Besar Al-Azhar Abdurrahman Taj berkunjung ke Diniyah Putri. Ia terpilih terpilih sebagai anggota DPR mewakili Partai Masyumi hasil pemilihan umum 1955, tetapi ia tidak pernah lagi menghadiri sidang setelah ikut bergerilya mendukung Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) pada 1958. (Selengkapnya...)

Peristiwa terkini

Tahukah Anda

  • "... bahwa dracunculiasis adalah infeksi pada manusia yang disebabkan oleh cacing guinea? Cacing betina dewasa dapat mencapai panjang 60 hingga 100 sentimeter di dalam tubuh manusia, dan cacing ini dapat dikeluarkan perlahan-lahan lewat kulit selama beberapa minggu dengan menggulungnya di batang kayu."
  • "... bahwa menurut filsuf Prancis Jean Bodin dalam bukunya Les Six Livres de la République, kedaulatan berarti wewenang untuk membuat undang-undang tanpa tunduk kepada wewenang pihak lain? Namun, menurut Bodin, kedaulatan bukan berarti wewenang tanpa batas, karena ia meyakini bahwa kedaulatan para raja tunduk kepada hukum Tuhan dan hukum kodrati."
  • "... bahwa sindrom Klinefelter adalah sekumpulan gejala yang disebabkan oleh dua atau lebih kromosom X pada laki-laki?"
  • "... bahwa Republik Nias Merdeka adalah negara yang diproklamasikan oleh tahanan Jerman di Pulau Nias, Indonesia? Negara ini bertahan kurang dari sebulan sampai pulau itu sepenuhnya diduduki oleh pasukan Jepang pada 22 April 1942."

Tantangan kolaborasi

Kolaborasi artikel baru

Wikipedia membutuhkan artikel-artikel berikut! Mari bersama-sama merintis artikel berikut pada: (Februari 2022).

Tantangan kolaborasi
Hasil kolaborasi terbaru
Panduan menerjemahkan artikel · Arsip halaman yang telah dibuat

Hari ini dalam sejarah

21 Februari: Hari Bahasa Ibu Internasional; Hari Gerakan Bahasa di Bangladesh (1952)

Tanggal lain: 20 Februari 21 Februari 22 Februari

Hari ini tanggal 21 Februari 2022 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Ritual Ma'nene di Tana Toraja, yaitu ketika jenazah leluhur keluarga dibersihkan dan digantikan baju dan kainnya
Ritual Ma'nene di Tana Toraja, yaitu ketika jenazah leluhur keluarga dibersihkan dan digantikan baju dan kainnya
(ukuran asli: 4.288 × 2.848 piksel, 8,43 MB)

Oleh: RaiyaniM
Lisensi: