Wikipedia:Arsip halaman utama/2020/09/22

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Selamat datang di Wikipedia,
Sebuah ensiklopedia bebas yang dibangun oleh sukarelawan.

Artikel pilihan

Pertempuran antara tentara VOC dan Trunajaya, digambarkan di buku cerita Belanda tahun 1890.

Pemberontakan Trunajaya adalah pemberontakan yang dilakukan oleh bangsawan Madura Raden Trunajaya dan sekutunya pasukan dari Makassar terhadap Kesultanan Mataram yang dibantu oleh Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC) di Jawa pada dekade 1670-an, dan berakhir dengan kemenangan Mataram dan VOC. Perang ini berawal dengan kemenangan pihak pemberontak: pasukan Trunajaya mengalahkan pasukan kerajaan di Gedogog (1676), lalu berhasil menduduki hampir seluruh pantai utara Jawa dan merebut keraton Mataram di Keraton Plered (1677). Raja Amangkurat I meninggal ketika melarikan diri dari keraton. Ia digantikan oleh anaknya, Amangkurat II yang meminta bantuan kepada VOC dan menjanjikan pembayaran dalam bentuk uang dan wilayah. Keterlibatan VOC berhasil membalikkan situasi. Pasukan VOC dan Mataram merebut kembali daerah Mataram yang diduduki, dan merebut ibu kota Trunajaya di Kediri (1678). Pemberontakan terus berlangsung hingga Trunajaya ditangkap VOC pada akhir 1679, dan juga kekalahan, kematian atau menyerahnya pemimpin pemberontakan lain (1679–1680). (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Kasus MortaraDi Bawah Lindungan Ka'bah (novel)Seri Rambai

Peristiwa terkini

Wikipedia tidak memberikan nasihat medis.
Saluran siaga COVID-19 Indonesia 119 ext 9 / 021-5210411 / 081212123119
Yoshihide Suga
Yoshihide Suga

Tahukah Anda

  • "... bahwa meningkatnya pengaruh Gowa-Tallo menyebabkan lima kerajaan kecil di Ajatappareng, Sulawesi Selatan membentuk persekutuan tandingan (gambar)?"
  • "... bahwa pada masa kecilnya, Miyavi, musisi Jepang, pernah bercita-cita sebagai pemain sepak bola tetapi berhenti karena cedera?"
  • "... bahwa ular gadung (Ahaetulla prasina) menyerupai pucuk tanaman gadung (Dioscroea hispida) yang berwarna hijau lampai?"
  • "... bahwa Hari Bir Internasional berkembang dari sebuah acara lokal kecil di barat Amerika Serikat menjadi perayaan seluruh dunia yang mencakup 207 kota, 50 negara dan 6 benua?"

Tantangan kolaborasi

Hari ini dalam sejarah

22 September: Hari Kemerdekaan di Bulgaria (1908) dan Mali (1960); Hari Persatuan Baltik di Latvia dan Lithuania

{{{title}}}
Bendera Uni Soviet

Tanggal lain: 21 September 22 September 23 September

Hari ini tanggal 22 September 2020 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Fisikawan Stephen Hawking dalam keadaan gravitasi nol
Fisikawan Stephen Hawking dalam keadaan gravitasi nol
(ukuran asli: 3.990 x 2.660 piksel, 797 KB)

Oleh: Jim Campbell/Aero-News Network
Lisensi: Domain umum