Wikipedia:Artikel pilihan/Daftar artikel pilihan 2020

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Artikel pilihan
2004 2005
2006 2007
2008 2009
2010 2011
2012 2013
2014 2015
2016 2017
2018 2019
2020 2021
Menurut topik
Usulan
AP 1 (30 Desember 2019 s.d. 5 Januari 2020)
Logo WTO

Organisasi Perdagangan Dunia (bahasa Inggris: World Trade Organization, disingkat WTO) adalah sebuah organisasi internasional yang menaungi upaya untuk meliberalisasi perdagangan. Organisasi ini menyediakan aturan-aturan dasar dalam perdagangan internasional, menjadi wadah perundingan konsesi dan komitmen dagang bagi para anggotanya, serta membantu anggota-anggotanya menyelesaikan sengketa dagang melalui mekanisme yang mengikat secara hukum. Organisasi ini didirikan pada 1 Januari 1995 dengan tujuan untuk mengurangi tarif dan hambatan perdagangan lainnya, yang diharapkan akan memajukan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Maria MagdalenaWanita di peradaban MayaHak asasi manusia

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 2 (6 Januari 2020 s.d. 12 Januari 2020)
Ilustrasi seorang astronom Maya

Astronomi Maya merupakan topik etnoastronomi atau arkeoastronomi yang memiliki fokus kajian pada peradaban bangsa Maya pada masa pra-Kolumbus, di wilayah Mesoamerika. Bangsa Maya dikenal memiliki ahli-ahli astronomi yang teliti. Peradaban Maya kuno telah mengembangkan pengamatan dan prediksi astronomis yang dapat dikatakan sebagai salah satu yang paling akurat di dunia pada masa sebelum ditemukannya teleskop. Mereka percaya kemauan dan perbuatan dari dewa-dewa dapat terbaca melalui matahari, bulan, bintang-bintang, dan planet, sehingga mereka menganggap astronomi dan praktik-praktiknya merupakan hal yang sangat penting. Mereka juga membuat berbagai bangunan yang memiliki keterkaitan astronomi. Peradaban Maya mempelajari secara spesifik benda-benda langit seperti Matahari, Bulan, Venus, dan beberapa planet lainnya. Bangsa Maya juga menggunakan kalender yang dikembangkan berdasarkan pengamatan astronomis. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 3 (13 Januari 2020 s.d. 19 Januari 2020)
Model SOLRAD/GRAB 1 di National Cryptologic Museum

SOLRAD 1 adalah satelit ilmiah merangkap satelit mata-mata milik Amerika Serikat yang diluncurkan ke orbit pada 22 Juni 1960. Dikembangkan oleh Laboratorium Penelitian Angkatan Laut AS, SOLRAD 1 adalah satelit pertama berhasil mengamati sinar X yang dipancarkan matahari, melakukan misi mata-mata dari orbit, maupun diluncurkan bersamaan dengan satelit lain (yaitu satelit navigasi Transit 2A). Dalam misi ilmiahnya, SOLRAD 1 berhasil mengumpulkan data mengenai besar radiasi sinar X matahari dan mengukuhkan teori yang menghubungkan aktivitas sinar X matahari dengan fenomena melemahnya gelombang radio di ionosfer. Satelit ini juga memiliki misi rahasia untuk memetakan jaringan radar pertahanan udara Uni Soviet di tengah-tengah Perang Dingin. Melalui satelit ini, AS menemukan bahwa jaringan radar Soviet ternyata jauh lebih besar dari yang diperkirakan. Operasi satelit ini dihentikan pada April 1961, dan ini adalah pertama kalinya sebuah satelit dapat dinonaktifkan dari darat. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Astronomi MayaOrganisasi Perdagangan DuniaMaria Magdalena

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 4 (20 Januari 2020 s.d. 26 Januari 2020)
Ilustrasi utusan-utusan Romawi Timur yang menghadap Kaisar Tang Taizong pada tahun 643.

Hubungan Romawi dengan Tiongkok mengacu kepada kontak yang utamanya tak langsung antara Kekaisaran Romawi dan Dinasti Han dan kemudian antara Kekaisaran Romawi Timur dengan berbagai dinasti dalam sejarah Tiongkok. Hubungan yang berlangsung dapat berupa pertukaran barang dagang serta informasi dan terkadang juga mencakup kedatangan pengelana dan pengiriman utusan. Dalam sejarahnya, Romawi terus memperluas wilayahnya di kawasan Timur Dekat, sementara pasukan Han merambah hingga ke kawasan Asia Tengah, sehingga kedua negara ini semakin mendekat secara perlahan. Namun, kedua negara ini kurang menyadari keberadaan satu sama lain, dan hanya sedikit upaya kontak langsung yang tercatat dalam sejarah. Selain itu, kekaisaran-kekaisaran besar yang berada di antara kedua negara ini (seperti Parthia dan Kushan) berupaya mengendalikan Jalur Sutra, alhasil kontak langsung di antara kedua negara besar tersebut pun terhalang. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: SOLRAD 1Astronomi MayaOrganisasi Perdagangan Dunia

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 5 (27 Januari 2020 s.d. 2 Februari 2020)
Patung marmer Epikuros yang dibuat pada zaman Romawi

Epikuros adalah seorang filsuf Yunani Kuno yang mendirikan sebuah mazhab filsafat yang disebut epikureanisme. Ia konon telah menulis banyak sekali karya, tetapi sebagian besar sudah hilang ditelan zaman. Yang tersisa kini hanya tiga surat yang ditulis olehnya (Surat kepada Menoikeus, Pitokles, dan Herodotos) dan dua rangkaian kutipan (Ajaran Pokok dan Pepatah Vatikan), ditambah dengan beberapa penggalan dan kutipan tulisannya yang lain. Pemikiran Epikuros telah menyebar luas pada zaman kuno, dan para penganut epikureanisme bahkan mengagumi sosoknya sebagai guru besar, penyelamat, atau dewa. Namun, ajaran Epikuros sudah menuai kontroversi sedari awal, termasuk ketika ia diusir dari Mitilene karena telah membuat resah penduduknya. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Hubungan Romawi dengan TiongkokSOLRAD 1Astronomi Maya

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 6 (3 Februari 2020 s.d. 9 Februari 2020)
Penggambaran penggunaan api Yunani dari Skylitzes Matritensis. Api Yunani digunakan untuk pertama kalinya selama pengepungan pertama Konstantinopel oleh Arab pada tahun 677 atau tahun 678

Pengepungan Konstantinopel (674–678) adalah salah satu konflik besar dalam Perang Arab-Romawi Timur, dan merupakan puncak pertama dari usaha perluasaan wilayah yang dilancarkan terhadap Kekaisaran Romawi Timur oleh Khilafah Bani Umayyah di bawah pimpinan Khalifah Muawiyah I. Khalifah Muawiyah I, yang naik takhta pada tahun 661 seusai Perang Saudara Kaum Muslim I, kembali memerangi Kekaisaran Romawi Timur selepas jeda beberapa tahun, dengan harapan dapat menaklukkan seluruh negara kekaisaran itu dengan cara merebut ibu kotanya, Konstantinopel. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: EpikurosHubungan Romawi dengan TiongkokSOLRAD 1

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 7 (10 Februari 2020 s.d. 16 Februari 2020)
Perjanjian Brest-Litovsk

Traktat adalah sebuah perjanjian yang dibuat di bawah hukum internasional oleh beberapa pihak yang utamanya adalah negara, walaupun ada juga perjanjian yang melibatkan organisasi internasional. Traktat merupakan salah satu sumber hukum internasional. Hal-hal yang terkait dengan perjanjian internasional diatur dalam Konvensi Wina tentang Hukum Perjanjian tahun 1969, dan sebagian dari isinya kini dianggap melambangkan kebiasaan internasional sehingga menjadi norma hukum internasional yang mengikat. Pada dasarnya praktik perjanjian internasional diatur oleh asas pacta sunt servanda, yang berarti perjanjian tersebut mengikat semua pihak yang berjanji untuk melaksanakan kewajibannya dengan iktikad baik. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 8 (17 Februari 2020 s.d. 23 Februari 2020)
Muhammad bin Yahya

Muhammad bin Yahya atau yang lebih dikenal dengan gelar "Pangeran Noto Igomo" adalah seorang ulama Indonesia kelahiran Hadramaut yang menjadi mufti Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura pada masa kekuasaan Sultan Aji Muhammad Alimuddin (1899-1910). Noto Igomo adalah gelar yang diberikan oleh Sultan Aji Muhammad Alimuddin, gelar tersebut adalah gelar tertinggi yang diberikan pihak kesultanan karena jasa-jasanya dalam mengembangkan agama Islam. Di samping mengurus dan mengajarkan agama, dia juga memperhatikan masalah kesejahteraan rakyat dengan cara mengajak masyarakat menggarap perkebunan. Bersama masyarakat, dia kemudian membuka perkebunan kelapa di Sangkulirang, Kutai Timur; perkebunan rotan di Sandaran, Kutai Timur; dan perkebunan karet di Bukit Jering, Muara Kaman, Kutai Kartanegara. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: TraktatPengepungan Konstantinopel (674–678)Epikuros

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 9 (24 Februari 2020 s.d. 1 Maret 2020)
Diagram waktu paruh nuklida-nuklida yang telah ditemukan

Pulau kestabilan adalah sekumpulan isotop dari unsur superberat yang diprediksi memiliki waktu paruh yang jauh lebih panjang daripada isotop-isotop superberat yang telah diketahui. Menurut prediksi ini, isotop-isotop tersebut akan muncul sebagai "pulau" di tabel nuklida, terpisah dari isotop-isotop stabil dan isotop radioaktif "primordial" yang berumur panjang. Secara teori, kestabilan anggota pulau ini terjadi akibat efek "bilangan ajaib" proton dan neutron yang menambah kestabilan inti atom. Jika berhasil ditemukan, anggota-anggota pulau ini diprediksi berada di penghujung tabel periodik yang telah diketahui, dengan jumlah neutron melebihi isotop-isotop yang telah ditemukan saat ini. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 10 (2 Maret 2020 s.d. 8 Maret 2020)
Penggambaran Zenobia sebagai maharani di bagian depan koin Antoninianus (272 M)

Zenobia adalah Ratu Kekaisaran Tadmur (juga disebut Palmira) di wilayah Siria pada abad ke-3. Zenobia menjadi wali penguasa untuk anaknya, Vaballathus, dan memegang kekuasaan secara de facto. Pada tahun 270, Zenobia melancarkan sebuah serangan yang menjadikannya sebagai penguasa seluruh wilayah Timur Romawi, bahkan ia berhasil mengambil alih wilayah Mesir. Setelah Kaisar Romawi Aurelianus mengobarkan perang melawannya pada tahun 272, Zenobia menyatakan anaknya sebagai kaisar dan mengambil gelar maharani. Namun, setelah berlangsungnya pertempuran yang sengit, bangsa Romawi berhasil memenangi perang melawan Zenobia. Sang ratu terkepung di ibu kotanya dan ditangkap oleh Kaisar Aurelianus. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pulau kestabilan nuklirMuhammad bin YahyaTraktat

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 11 (9 Maret 2020 s.d. 15 Maret 2020)
Poster film

Ouw Peh Tjoa, juga dikenal dengan judul Melayu Doea Siloeman Oeler Poeti en Item, adalah film Hindia Belanda tahun 1934. Film ini disutradarai dan diproduseri The Teng Chun. Diadaptasi dari Legenda Siluman Ular Putih, sebuah cerita rakyat Tiongkok, film ini mengisahkan seekor ular ajaib yang hidup sebagai manusia tetapi akhirnya mati. Film yang kemungkinan hilang ini memiliki satu sekuel, Anaknja Siloeman Oeler Poeti, yang dirilis tahun 1936. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: ZenobiaPulau kestabilan nuklirMuhammad bin Yahya

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 12 (16 Maret 2020 s.d. 22 Maret 2020)
Perpecahan politik umat Islam di tengah Perang Saudara Islam II, sekitar tahun 686. Dalam waktu kurang dari setahun, Marwan mengembalikan kekuasaan Umayyah (yang tadinya hanya di sebagian Syam) ke wilayah berwarna merah.

Marwan bin al-Hakam adalah khalifah Umayyah keempat, yang berkuasa kurang dari setahun pada 684–685. Awalnya ia adalah seorang katib pada masa sepupunya Khalifah Utsman, dan ikut terluka saat para pemberontak mengepung rumah Utsman dan membunuhnya. Ia lalu menjadi wali negeri Madinah di bawah pemerintahan kerabatnya Muawiyah bin Abi Sufyan, pendiri Kekhalifahan Umayyah. Ia terpilih sebagai khalifah dalam sebuah pertemuan kabilah setelah meninggalnya Muawiyah bin Yazid di tengah berkecamuknya Perang Saudara Islam II. Ia menjadi khalifah pertama dari trah Marwani, menggantikan para khalifah sebelumnya yang merupakan keturunan Abu Sufyan. Setelah berkuasa, ia mengembalikan kekuasaan Umayyah di Mesir, Palestina, dan Syam Utara, serta mengirim pasukan ke Irak sebelum meninggal dan digantikan oleh putranya Abdul Malik. Keturunannya berhasil melanggengkan kekuasaan Umayyah hingga tahun 750. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Ouw Peh TjoaZenobiaPulau kestabilan nuklir

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 13 (23 Maret 2020 s.d. 29 Maret 2020)
Batu Rosetta

Batu Rosetta adalah sebuah prasasti bertulisan Mesir Kuno yang pertama ditemukan pada zaman modern. Batu hitam besar ini pertama kali ditemukan pada 1799 dan mengandung tiga versi dari sebuah maklumat atas nama Raja Ptolemaios V. Ketiga versi ini masing-masing ditulis dalam Bahasa Mesir Kuno beraksara hieroglif, Bahasa Mesir Kuno beraksara demotik, dan bahasa Yunani Kuno. Karena redaksi maklumat ini hampir sama dalam ketiga versi bahasa dan tulisan, Batu Rosetta pun dimanfaatkan sebagai kunci penerjemahan aksara hieroglif Mesir, yang pada akhirnya meluaskan wawasan mengenai sejarah kuno Mesir. Batu ini awalnya ditemukan dekat kota Rasyid (Rosetta) oleh pasukan Napoleon yang melakukan ekspedisi militer di Mesir. Saat Prancis dikalahkan Britania, batu ini diserahkan dan dibawa ke London. Hingga kini, batu ini dipajang di British Museum dan merupakan obyek dengan pengunjung terbanyak di museum tersebut. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Marwan bin al-HakamOuw Peh TjoaZenobia

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 14 (30 Maret 2020 s.d. 5 April 2020)
Poster

Srigala Item (juga dipasarkan dengan judul Belanda De Zwarte Wolf) adalah film Hindia Belanda tahun 1941 yang disutradarai Tan Tjoei Hock dan diproduseri The Teng Chun untuk Action Film. Dibintangi Hadidjah, Mohammad Mochtar, dan Tan Tjeng Bok, alur film ini (terinspirasi oleh Zorro) mengisahkan seorang pemuda yang menjadi penghakim bertopeng yang hendak balas dendam terhadap pamannya. Srigala Item sukses di pasaran yang menurut Misbach Yusa Biran disebabkan oleh alur eskapismenya. Salinan film hitam putih yang memakai musik keroncong ini disimpan di Sinematek Indonesia. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Batu RosettaMarwan bin al-HakamOuw Peh Tjoa

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 15 (6 April 2020 s.d. 12 April 2020)
Tulisan karya Epifanius dari Salamis, Panarion, merupakan sumber utama mengenai Injil orang Ebionit.

Injil orang Ebionit merupakan nama konvensional yang diberikan oleh para ahli kepada sebuah naskah apokrifa Perjanjian Baru yang hanya terlestarikan dalam tujuh kutipan singkat dalam Panarion, tulisan mengenai ajaran-ajaran sesat karya Epifanius dari Salamis. Ada ahli modern yang menganggap Epifanius keliru menafsirkan naskah itu sebagai "Injil orang Ibrani", yang diyakininya sebagai versi yang disingkat dan diubah dari Injil Matius. Kutipan-kutipan itu termaktub dalam suatu polemik yang menjabarkan ketidaksesuaian ajaran dan praktik sekte Kristen Yahudi yang dikenal sebagai kaum Ebionit, jika dibandingkan dengan ajaran yang didasarkan dari Kredo Nikea. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Srigala ItemBatu RosettaMarwan bin al-Hakam

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 16 (13 April 2020 s.d. 19 April 2020)
Surya Vergina

Makedonia adalah sebuah kerajaan kuno yang terletak di pinggiran Yunani pada masa Arkais dan Klasik, dan kemudian menjadi negara yang dominan di Yunani pada masa Helenistik. Kerajaan ini dibentuk oleh Dinasti Argeadai, tetapi dalam sejarahnya juga pernah dikuasai oleh Dinasti Antipatridai dan Antigonidai. Kerajaan tempat tinggal orang Makedonia Kuno ini mula-mula berpusat di bagian timur laut Semenanjung Yunani, yang berbatasan dengan Epiros di barat, Paionia di utara, Trakia di timur, dan Tesalia di selatan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Injil orang EbionitSrigala ItemBatu Rosetta

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 17 (20 April 2020 s.d. 26 April 2020)
Kiblat dari Yogyakarta

Kiblat adalah arah yang digunakan umat Islam dalam berbagai konteks ibadah, termasuk salat. Arah ini menuju kepada bangunan Ka'bah di Masjidil Haram, Mekkah. Dikenal dua cara menghadap kiblat, yaitu jihatul ka'bah (kira-kira mengarah ke Ka'bah) atau 'ainul ka'bah (persis mengarah). Umat Islam awal menggunakan metode-metode tradisional untuk mencari arah kiblat dari tempat yang jauh dari Mekkah. Sejak berkembangnya astronomi di Dunia Islam, berbagai metode matematis ditemukan oleh sejumlah ilmuwan, termasuk Habasy al-Hasib, An-Nairizi, dan Ibnu Yunus. Saat ini, definisi teknis kiblat yang paling umum adalah arah yang ditunjukkan lingkaran besar pada bola dunia yang menghubungkan suatu tempat dengan Ka'bah, sehingga memungkinkan perhitungan arah kiblat dengan rumus trigonometri menggunakan koordinat lintang dan bujur setempat serta koordinat Ka'bah. Selain itu, dalam dua kali setahun (yaitu 28 Mei pukul 16.18 WIB dan 16 Juli pukul 16.27 WIB) Ka'bah berada tepat di bawah posisi matahari sehingga bayangan benda tegak menunjukkan arah kiblat. Dalam arsitektur masjid, umumnya terdapat mihrab yaitu sebuah relung yang menunjukkan sisi kiblat. Selain itu, umat Islam juga menggunakan alat bantu seperti kompas kiblat dan perangkat lunak untuk menemukan arah ini. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Makedonia (kerajaan kuno)Injil orang EbionitSrigala Item

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 18 (27 April 2020 s.d. 3 Mei 2020)
Sebuah pesawat McDonnell Douglas DC-9 milik JAT Airways yang identik dengan JAT Penerbangan 367.

Vesna Vulović adalah seorang pramugari asal Serbia. Ia memecahkan rekor dunia Guinness karena berhasil selamat dari terjun tanpa parasut dengan ketinggian 10.160 m. Ia jatuh dari pesawat setelah terjadinya sebuah ledakan di kompartemen bagasi JAT Penerbangan 367 pada 26 Januari 1972. Menurut para penyelidik keselamatan penerbangan, pemicu ledakan ini adalah bom di dalam sebuah tas kantor. Pemerintah Yugoslavia menduga bahwa pelakunya adalah kelompok nasionalis Kroasia, tetapi tidak ada satu pun pelakunya yang telah ditangkap. Pesawat tersebut jatuh di dekat Srbská Kamenice, Cekoslowakia. Vesna merupakan satu-satunya korban selamat dari peristiwa ini. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: KiblatMakedonia (kerajaan kuno)Injil orang Ebionit

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 19 (4 Mei 2020 s.d. 10 Mei 2020)
Ilustrasi teknik raycasting

Wolfenstein 3D adalah sebuah permainan tembak-menembak orang-pertama yang dibuat oleh id Software,diterbitkan oleh Apogee Software dan FormGen, dan dirilis pada 1992 untuk sistem operasi MS-DOS. Permainan ini mengandalkan teknik grafika raycasting (ilustrasi lihat gambar) yang dirancang oleh John Carmack. Tokoh utama permainan ini adalah B.J. Blazkowicz, mata-mata Sekutu dalam Perang Dunia II yang melarikan diri dari penjara Jerman Nazi dan menjalankan misi-misi penting melawan Nazi. Wolfenstein 3D adalah karya besar kedua dari id Software, dan awalnya dirilis sebagai dua set yang masing-masing terdiri dari tiga episode, menggunakan model distribusi kongsi (shareware): episode pertama digratiskan untuk menarik minat pembeli untuk episode-episode selanjutnya. Episode tambahan berjudul Spear of Destiny dirilis sebagai produk terpisah oleh FormGen. Wolfenstein 3D mendapat tanggapan positif oleh pembeli maupun pengamat, mendapat berbagai penghargaan, dan terjual hingga 200.000 unit sebelum akhir 1993. Permainan ini dianggap berperan memopulerkan genre permainan tembak-menembak orang pertama dan menciptakan standar aksi serba-cepat dan kemampuan teknologi yang akan diikuti genre ini. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Vesna VulovićKiblatMakedonia (kerajaan kuno)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 20 (11 Mei 2020 s.d. 17 Mei 2020)
Ketopong Benty Grange

Ketopong Benty Grange adalah sebuah ketopong berjambul celeng peninggalan suku bangsa Anglo-Saxon dari abad ke-7 tarikh Masehi. Ketopong ini ditemukan oleh Thomas Bateman pada tahun 1848 saat mengekskavasi sebuah tumulus di lahan usaha tani Benty Grange, bagian dari civil parish Monyash yang terletak di ujung barat wilayah county Derbyshire. Gundukan makam ini agaknya sudah pernah dijarah pada saat diekskavasi oleh Thomas Bateman, tetapi masih menyimpan barang-barang peninggalan kalangan berstatus ningrat yang menimbulkan kesan bahwa di dalamnya pernah terpendam banyak sekali barang bekal kubur bernilai tinggi, misalnya saja sisa-sisa kepingan sebuah mangkuk gantung. Ketopong ini sekarang terpajang di Museum Weston Park setelah dibeli oleh museum tersebut dari ahli waris Thomas Bateman pada tahun 1893. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Wolfenstein 3DVesna VulovićKiblat

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 21 (18 Mei 2020 s.d. 24 Mei 2020)
Bendera Suku Bangsa Tatar Krimea

Deportasi Tatar Krimea adalah pembersihan etnis yang berdampak terhadap setidaknya 191.044 orang Tatar dari Krimea pada 18–20 Mei 1944. Deportasi ini dilancarkan oleh Lavrentiy Beria, kepala polisi rahasia dan keamanan negara Soviet, yang bertindak atas nama Josef Stalin. Dalam waktu tiga hari, polisi rahasia NKVD menggunakan kereta-kereta ternak untuk mendeportasi orang-orang Tatar Krimea, termasuk wanita, anak-anak, lansia, dan bahkan komunis dan anggota Tentara Merah. Mereka dipindahkan secara paksa ke Uzbekistan yang terletak ribuan kilometer jauhnya. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Ketopong Benty GrangeWolfenstein 3DVesna Vulović

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 22 (25 Mei 2020 s.d. 31 Mei 2020)
I. M. Pei di Luksemburg pada tahun 2006

I. M. Pei adalah seorang arsitek Tionghoa Amerika. Nama Pei mulai mencuat setelah ia merancang bangunan National Center for Atmospheric Research di Colorado pada tahun 1961. Berkat pencapaiannya ini, ia terpilih sebagai perancang Perpustakaan John F. Kennedy di Massachusetts. Pada awal dasawarsa 1980-an, Pei menuai kontroversi karena ia merancang sebuah piramida kaca dan baja untuk Museum Louvre di Paris. Pada tahun 1983, ia memenangkan Penghargaan Pritzker, yang terkadang disebut Penghargaan Nobel untuk bidang arsitektur. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Deportasi Tatar KrimeaKetopong Benty GrangeWolfenstein 3D

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 23 (1 Juni 2020 s.d. 7 Juni 2020)
Pertempuran Lepanto

Perang Utsmaniyah–Venesia pecah antara Kesultanan Utsmaniyah dan Republik Venesia dari tahun 1570 hingga 1573. Venesia kemudian juga dibantu Liga Suci, koalisi negara-negara Kristen yang dibentuk Paus Pius V. Perang ini terjadi pada masa pemerintahan Sultan Selim II, dimulai dengan invasi Utsmaniyah terhadap Pulau Siprus, jajahan Republik Venesia. Ibu kota Siprus, Nikosia, dan sejumlah kota lain direbut dalam waktu singkat oleh bala tentara Utsmaniyah yang jauh lebih kuat. Famagusta sempat bertahan selama 11 bulan, tetapi bala bantuan terhadap kota tersebut datang terlambat sehingga jatuh pada Agustus 1571. Dua bulan kemudian, armada laut Liga Suci datang dan menghancurkan armada Utsmaniyah dalam Pertempuran Lepanto. Kesultanan Utsmaniyah dapat memulihkan kekuatan tempur angkatan lautnya dalam waktu singkat. Alhasil, Venesia terpaksa meminta damai, mengakui kekuasaan Utsmaniyah di Siprus, dan membayar 300.000 keping dukat. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: I. M. PeiDeportasi Tatar KrimeaKetopong Benty Grange

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 24 (8 Juni 2020 s.d. 14 Juni 2020)
Hasil angiogram pada pengidap hipertensi paru tromboemboli kronis

Hipertensi paru adalah peningkatan tekanan di dalam pembuluh darah arteri yang berasal dari jantung menuju paru-paru yang menyebabkan jantung sebelah kanan bekerja lebih keras. Gejala yang timbul adalah gejala khas yang akan ditemukan pada seseorang dengan gagal fungsi jantung kanan yaitu sesak napas, napas pendek atau terputus-putus, nyeri dada, mudah lelah saat beraktivitas, batuk, pusing hingga pingsan. Penyakit ini merupakan penyakit langka dengan prevalensi secara global adalah 6,6 hingga 26 kasus per 1 juta orang dewasa. Penderita hipertensi paru yang tidak ditangani dapat bertahan hidup sekitar 2,8 hingga 3 tahun. Penyakit ini tidak bisa sembuh dan penderitanya harus mengonsumsi obat seumur hidup. (Selengkapnya...)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 25 (15 Juni 2020 s.d. 21 Juni 2020)
Artikel pilihan untuk periode ini belum dipilih. Lihat halaman usulan penjadwalan Artikel Pilihan untuk memilih.

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 26 (22 Juni 2020 s.d. 28 Juni 2020)
Artikel pilihan untuk periode ini belum dipilih. Lihat halaman usulan penjadwalan Artikel Pilihan untuk memilih.

Artikel pilihan sebelumnya: ? – Hipertensi paruPerang Utsmaniyah–Venesia (1570–1573)

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 27 (29 Juni 2020 s.d. 5 Juli 2020)
Artikel pilihan untuk periode ini belum dipilih. Lihat halaman usulan penjadwalan Artikel Pilihan untuk memilih.

Artikel pilihan sebelumnya: ? – ? – Hipertensi paru

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 28 (6 Juli 2020 s.d. 12 Juli 2020)
Artikel pilihan untuk periode ini belum dipilih. Lihat halaman usulan penjadwalan Artikel Pilihan untuk memilih.

Artikel pilihan sebelumnya: ? – ? – ?

lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 29 (13 Juli 2020 s.d. 19 Juli 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/29 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 30 (20 Juli 2020 s.d. 26 Juli 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/30 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 31 (27 Juli 2020 s.d. 2 Agustus 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/31 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 32 (3 Agustus 2020 s.d. 9 Agustus 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/32 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 33 (10 Agustus 2020 s.d. 16 Agustus 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/33 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 34 (17 Agustus 2020 s.d. 23 Agustus 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/34 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 35 (24 Agustus 2020 s.d. 30 Agustus 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/35 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 36 (31 Agustus 2020 s.d. 6 September 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/36 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 37 (7 September 2020 s.d. 13 September 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/37 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 38 (14 September 2020 s.d. 20 September 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/38 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 39 (21 September 2020 s.d. 27 September 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/39 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 40 (28 September 2020 s.d. 4 Oktober 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/40 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 41 (5 Oktober 2020 s.d. 11 Oktober 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/41 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 42 (12 Oktober 2020 s.d. 18 Oktober 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/42 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 43 (19 Oktober 2020 s.d. 25 Oktober 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/43 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 44 (26 Oktober 2020 s.d. 1 November 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/44 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 45 (2 November 2020 s.d. 8 November 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/45 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 46 (9 November 2020 s.d. 15 November 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/46 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 47 (16 November 2020 s.d. 22 November 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/47 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 48 (23 November 2020 s.d. 29 November 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/48 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 49 (30 November 2020 s.d. 6 Desember 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/49 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 50 (7 Desember 2020 s.d. 13 Desember 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/50 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 51 (14 Desember 2020 s.d. 20 Desember 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/51 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu


AP 52 (21 Desember 2020 s.d. 27 Desember 2020)

Wikipedia:Artikel Pilihan/52 2020 lihat · bicara · sunting · versi terdahulu