Venom: Let There Be Carnage

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Venom: Let There Be Carnage
SutradaraAndy Serkis
ProduserAvi Arad, Matt Tolmach, Amy Pascal, Kelly Marcel, Tom Hardy, Hutch Parker
Ditulis olehKelly Marcel
Cerita
Berdasarkan
Marvel Comics
Pemeran
Penata musikMarco Beltrami
SinematograferRobert Richardson
Penyunting
  • Maryann Brandon
  • Stan Salfas
Perusahaan
produksi
DistributorSony Pictures Releasing
Tanggal rilis
  • 14 September 2021 (2021-09-14) (London)
  • 01 Oktober 2021 (2021-10-01) (Amerika serikat)
Durasi97 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$110 juta[2]
Pendapatan
kotor
$506.9 juta[3][4]

Venom: Let There Be Carnage adalah Film superhero Amerika tahun 2021 yang menampilkan karakter Marvel Comics Venom, diproduksi oleh Columbia Pictures bekerja sama dengan Marvel. Didistribusikan oleh Sony Pictures Releasing, ini adalah film kedua di Sony's Spider-Man Universe dan sekuel Venom (2018). Film ini disutradarai oleh Andy Serkis dari skenario oleh Kelly Marcel, berdasarkan cerita yang dia tulis dengan Tom Hardy yang dibintangi sebagai Eddie Brock dan Venom bersama Michelle Williams, Naomie Harris, Reid Scott, Stephen Graham, dan Woody Harrelson. Dalam film tersebut, Brock dan alien symbiote Venom harus menghadapi pembunuh berantai Cletus kasady (Harrelson) setelah ia menjadi inang dari cabang Venom bernama Carnage.

"Venom" dimaksudkan oleh Sony sebagai awal dari dunia bersama yang baru, dan rencana untuk sekuel dimulai selama produksi film pertama. Harrelson berperan untuk membuat penampilan singkat sebagai Kasady di akhir "Venom", dengan maksud agar dia menjadi penjahat Carnage di sekuelnya. Pekerjaan resmi pada sekuel dimulai pada Januari 2019, dengan Hardy dan Harrelson dikonfirmasi untuk kembali bersama Marcel sebagai penulis. Serkis dipekerjakan sebagai sutradara pada bulan Agustus itu, sebagian karena pengalamannya bekerja dengan CGI dan motion capture technology, yang merupakan bagian penting dari penggambaran Venom dan Carnage dalam film . Pembuatan film berlangsung di Leavesden Studios di Inggris dari November 2019 hingga Februari 2020, dengan syuting tambahan di San Francisco pada bulan Februari. Judul tersebut diumumkan pada April 2020.

Venom: Let There Be Carnage tayang perdana di London pada 14 September 2021, dan dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat pada 1 Oktober. Ini ditunda dari tanggal awal Oktober 2020 karena pandemi COVID-19. Film ini meraup $502 juta di seluruh dunia, menjadikannya film dengan pendapatan kotor tertinggi ketujuh pada tahun 2021, dan menerima tinjauan yang beragam dari para kritikus, meskipun secara umum dianggap sebagai peningkatan dari pendahulunya. Film "Venom" ketiga sedang dalam pengembangan.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1996, Cletus Kasady muda menyaksikan tanpa daya saat kekasihnya, Frances Barrison, dibawa pergi dari St Estes Home for Unwanted Children ke Ravencroft Institute. Dalam perjalanan, Barrison menggunakan kekuatan teriakan soniknya untuk menyerang petugas polisi muda Patrick Mulligan. Mulligan menembak mata Barrison dan menderita luka di telinganya karena teriakannya. Tanpa sepengetahuan Mulligan, yang percaya bahwa ia telah membunuhnya, Barrison tetap dibawa ke Ravencroft, di mana kemampuannya dibatasi.

Di masa sekarang, Mulligan sekarang menjadi seorang detektif dan meminta jurnalis Eddie Brock untuk berbicara dengan pembunuh berantai Kasady di Penjara Negara Bagian San Quentin, karena Kasady menolak untuk berbicara dengan orang lain selain Brock. Setelah kunjungan tersebut, simbiot alien Brock, Venom, menyimpulkan di mana Kasady menyembunyikan mayat para korbannya, yang memberikan Brock dorongan karir yang cukup besar. Brock dihubungi oleh mantan tunangannya Anne Weying, yang memberitahunya bahwa dia sekarang bertunangan dengan Dr. Kasady, yang telah dinyatakan bersalah atas kejahatannya dan dijatuhi hukuman mati dengan suntikan mematikan, mengundang Brock untuk menghadiri eksekusinya. Brock berbicara dengan Kasady, yang menghina Brock, memprovokasi Venom untuk menyerang Kasady. Kasady menggigit tangan Brock dan menelan sebagian kecil symbiote. Kembali ke rumah, Venom berdebat dengan Brock tentang keinginan untuk mendapatkan lebih banyak kebebasan untuk memakan para penjahat, dan symbiote tersebut memutuskan untuk meninggalkan tubuh Brock dan pergi dengan sendirinya.

Saat eksekusi Kasady dimulai, sebuah symbiote merah muncul dan memblokir suntikan. Diberi nama Carnage, ia mengamuk dengan kejam di seluruh penjara, membebaskan para narapidana dan membunuh para penjaga. Carnage setuju untuk membantu Kasady mengeluarkan Barrison dari Ravencroft dengan imbalan bantuan Kasady menghabisi Brock dan Venom. Mulligan mengunjungi Brock di rumah dan memperingatkan dia tentang situasinya. Di Ravencroft, Kasady membebaskan Barrison, dan mereka pergi ke panti asuhan St. Mulligan menjadi curiga terhadap Brock dan menangkapnya. Brock menghubungi Weying sebagai pengacaranya dan mengungkapkan bahwa Venom telah berpisah dengannya. Ketika Venom berjalan melalui San Francisco dengan melompat dari satu tubuh ke tubuh lainnya, Weying menemukannya terikat pada Nyonya Chen dan meyakinkannya untuk memaafkan Brock. Venom bertemu kembali dengan Brock, dan mereka melarikan diri dari tahanan. Kasady menyandera Mulligan, dan Barrison menangkap Weying, membawa mereka berdua ke sebuah katedral di mana Kasady dan Barrison berencana untuk menikah.

Brock dan Venom tiba untuk melawan Carnage sementara Barrison tampaknya membunuh Mulligan dengan menggantungnya dengan rantai. Venom dikalahkan oleh Carnage namun memprovokasi Barrison untuk menggunakan kekuatannya untuk memisahkan Carnage dan Kasady. Venom melahap Carnage dan membunuh Kasady sementara katedral yang runtuh menimpa Barrison. Kemudian, mata Mulligan yang masih hidup berkedip biru, mengungkapkan bahwa dia entah bagaimana menyerap bagian dari Carnage.[a] Brock dan Venom, yang sekarang menjadi buronan, memutuskan untuk berlibur sambil memikirkan langkah selanjutnya. Dalam adegan mid-credit, saat Venom memberi tahu Brock tentang pengetahuan symbiote tentang alam semesta lain, sebuah cahaya yang menyilaukan membawa mereka dari kamar hotel ke ruangan lain di mana mereka menyaksikan J. Jonah Jameson berbicara tentang identitas Spider-Man yang terungkap sebagai Peter Parker di televisi. Venom kemudian menjilati layar setelah berkata, "Orang itu."[b]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Diidentifikasi di luar layar sebagai Toxin.
  2. ^ Brock dan Venom dibawa ke Marvel Cinematic Universe (MCU) sebagai hasil dari mantra Doctor Strange di Spider-Man: No Way Home (2021).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama BBFC
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama VarietyBudget
  3. ^ "Venom: Let There Be Carnage (2021)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal January 28, 2022. 
  4. ^ "Venom: Let There Be Carnage (2021)". The Numbers. Nash Information Services, LLC. Diakses tanggal January 28, 2022. 
  5. ^ Outlaw, Kofi (August 24, 2018). "Tom Hardy Is Already Signed for 'Venom' Movie Trilogy". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-08-30. Diakses tanggal August 31, 2018. 
  6. ^ Weintraub, Steve (May 25, 2018). "Woody Harrelson on Filming 'Lost in London' in Real Time and in a Single Take". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 26, 2018. Diakses tanggal May 26, 2018. 
  7. ^ Weintraub, Steve (October 12, 2018). "Director Ruben Fleischer on 'Venom', Carnage, and Tom Hardy's Insane Performance". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-16. Diakses tanggal October 17, 2018. 
  8. ^ Kroll, Justin (January 7, 2019). "'Venom' Sequel in Works With Kelly Marcel Returning to Pen Script (Exclusive)". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 8, 2019. Diakses tanggal January 8, 2019. 
  9. ^ Kit, Borys (September 26, 2019). "'Venom 2' Adds 'X-Men' Films Producer to Ranks". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 26, 2019. Diakses tanggal September 26, 2019. 
  10. ^ Kroll, Justin (October 18, 2019). "'Venom 2': Naomie Harris Eyed to Play Villain Shriek Opposite Tom Hardy (Exclusive)". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 18, 2019. Diakses tanggal October 19, 2019. 
  11. ^ N'Duka, Amanda; D'Alessandro, Anthony (December 5, 2019). "'Venom 2': 'The Irishman' & 'Rocketman' Actor Stephen Graham Boards Sony Sequel". Deadline Hollywood. Diakses tanggal December 5, 2019. 
  12. ^ Acuna, Kirsten (April 10, 2020). "'Killing Eve' star Sean Delaney says he has a 'blink-and-you'll-miss-it' role in 'Venom 2'". Insider. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 30, 2020. Diakses tanggal April 14, 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]