System of a Down

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

System Of a Down
SOADJONESBEACH.jpg
System of a Down sedang konser langsung di New York
Latar belakang
Nama lain
  • SOAD
  • System
Asal Glendale, California, U.S.
Genre nu Metal,Alternative metal,hard rock,progressive metal
Tahun aktif
  • 1994–2006
  • 2010–present
Label
Artis terkait
Situs web systemofadown.com
Anggota
Mantan anggota Andy Khachaturian

System Of A Down adalah sebuah band rock dari Glendale, California, Amerika Serikat. Keempat anggota band System of a Down merupakan keturunan etnis Armenia. Tankian dan Dolmayan lahir di lebanon

Lagu-lagu mereka terutama terkenal selain gayanya yang inovatif, dengan sentuhan musik Armenia.[butuh rujukan] Selain itu isinya juga berisikan ide, pandangan-pandangan,dan apa yang mereka rasakan. Serj Tankian sebagai anggota yang cukup menonjol, memaparkan ide-ide politiknya dalam lagu-lagu SOAD. Mulai dari kampanye rekonisi terhadap Genosida Armenia oleh pemerintah Turki yang terus mereka usung, hingga masalah sosial-politik seperti konsumerisme, perang, globalisasi, lingkungan, dan kekerasan. Selain itu, mereka menulis lagu tentang perubahan atau transformasi pemikiran mereka.

Pemikiran Serj cukup di pengaruhi oleh pengamat politik kiri AS Noam Chomsky. Serj Tankian bersama Tom Morello mantan gitaris Rage Against The Machine mendirikan LSM Politik dengan nama Axis of Justice (nama LSM ini merupakan plesetan sarkastis dari salah satu pidato Presiden Amerika Serikat yang menyebut 3 negara sebagai Axis of Evil).

Gaya musik[sunting | sunting sumber]

System of a Down menawarkan kepada pendengar gaya musik yang terbilang "out of the box". Musik yang mereka tawarkan memiliki banyak sekali unsur, mulai dari musik etnis (khususnya timur tengah), rock, ska, reggae, blus, funk, metal, dan nu-metal. Secara umum, kita dapat mengkategorikan musik mereka kedalam genre besar "Metal". Dalam lagu-lagu SOAD unsur "Metal" bukanlah konten utama dalam lagu-lagu mereka, melainkan sebagai wadah yang menyatukan unsur-unsur lain yang membuat musik mereka terdengar begitu kaya nuansa. Metal yang ditawarka SOAD terbilang sangat baru, bahkan bagi industri musik sebesar Amerika.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Soil (1992-1994)[sunting | sunting sumber]

Serj Tankian dan Daron Malakian bertemu di Rose and Alex Pilibos Armenian School sebagai anak-anak, meskipun perbedaan usia delapan tahun , mereka mengerjakan proyek terpisah di studio rekaman yang sama.[1] Mereka membentuk band bernama Soil dengan Tankian pada vokal dan keyboard, Malakian pada vokal dan gitar, Dave Hakopyan (yang kemudian bermain di The Apex Theory/Mt. Helium) pada bass dan Domingo "Dingo" Laranio pada drum. Band ini mempekerjakan Shavo Odadjian (alumni Rose and Alex Pilibos lainnya) sebagai manajer, meskipun ia akhirnya bergabung dengan Soil sebagai gitaris ritme. Pada tahun 1994, setelah hanya satu pertunjukan langsung, dan satu sesi rekaman jam, Hakopyan dan Laranio meninggalkan band.

Awal dari System of a Down (1994-1997)[sunting | sunting sumber]

Setelah Soil berpisah, Tankian, Odadjian, dan Malakian membentuk band baru, System of a Down. Kelompok ini mengambil namanya dari sebuah puisi yang ditulis Malakian berjudul "Victims of a Down".[2] Kata "victims" diubah menjadi "system" karena Odadjian percaya bahwa itu akan menarik khalayak yang lebih luas dan juga karena kelompok itu menginginkan catatan mereka secara alfabet diletakkan lebih dekat dengan pahlawan musik mereka, Slayer. Odadjian beralih dari gitar ke bass dan meneruskan tugas manajerialnya ke Velvet Hammer Music and Management Group dan pendirinya, David "Beno" Benveniste.[3] Band ini merekrut drummer Ontronik "Andy" Khachaturian, teman sekolah Malakian dan Odadjian yang pernah bermain dengan Malakian di band bernama Snowblind saat remaja.[2]

Pada awal 1995, System bermain sebagai "Soil" di Cafe Club Fais Do-Do, klub malam di Los Angeles. Tak lama setelah acara, System of a Down membuat apa yang dikenal sebagai Untitled 1995 Demo Tape, yang tidak dirilis secara komersial tetapi muncul di jaringan file sharing sekitar waktu kesuksesan band dengan Toxicity sekitar enam tahun kemudian. Demo Tape 2 dirilis pada tahun 1996. Pada awal tahun 1997, System of a Down merekam rekaman demo akhir mereka yang dirilis secara publik, Demo Tape 3. Pada pertengahan tahun 1997, drummer Andy Khachaturian meninggalkan band karena cedera tangan (ia kemudian bekerja sama). mendirikan The Apex Theory, yang termasuk mantan bassis Soil Dave Hakopyan).[2] Khachaturian digantikan oleh John Dolmayan.

Rilisan resmi pertama band dari lagu yang direkam secara profesional ada dalam koleksi yang disebut Hye Enk ("kami Armenia" dalam bahasa Indonesia), kompilasi rekombinan Genosida Armenia, pada tahun 1997. Segera setelah bermain di klub-klub Hollywood terkenal seperti Whisky-A-Go-Go dan Viper Room band ini menangkap perhatian produser Rick Rubin yang terkenal yang meminta mereka untuk tetap berhubungan dengannya. Menunjukkan minat yang besar, grup ini merekam Demo Tape 4 menjelang akhir tahun 1997. Tidak seperti kaset demo sebelumnya, bagaimanapun, Demo Tape 4 dibuat hanya untuk dikirim ke perusahaan rekaman (meskipun sejak itu telah bocor ke internet). Rubin menandatangani grup ke American / Columbia Records, dan System of a Down mulai merekam di studio Rubin dengan insinyur Sylvia Massy, ​​meletakkan lagu yang akhirnya akan dirilis di album debut mereka.

Juga pada tahun 1997, grup ini memenangkan Penghargaan Best Signed Band dari Rock City Awards.[4]

Hiatus atau Bubar?[sunting | sunting sumber]

Setelah mengeluarkan double album, Mesmerize dan Hypnotize, Band ini menyatakan diri hiatus (berpisah untuk waktu yang tidak ditentukan). Mereka memutuskan untuk melanjutkan hidup dan mejalani proyek masing-masing.tapi pada tahun 2007 ini tankian berkarier solo.

Reuni dan tur (2010–15)[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 29 November 2010, setelah beberapa minggu rumor internet, System of a Down secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan bersatu kembali untuk sebuah string besar tanggal festival Eropa pada bulan Juni 2011. Di antara tanggal tur mengumumkan termasuk Inggris Download Festival, Swiss Greenfield Festival, Rock am Ring Jerman / Rock im Park, Metaltown Swedia, Austria Nova Rock Festival dan Provinssirock Finlandia. Dalam pernyataan mereka reuni dipos pada situs web mereka, band ini tidak jelas sejauh reformasi mereka. Itu berbunyi, "Kami tidak memiliki rencana induk macam - kita bermain ini menunjukkan hanya karena kita ingin bermain bersama lagi sebagai sebuah band dan untuk Anda, penggemar menakjubkan kami.".

Potensi album studio ke-6 (2016–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Sampai saat ini, System of a Down tetap melakukan tur konser, meski mereka sekian lama tidak menelurkan album baru.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Anggota sekarang
Mantan anggota
Kontributor sementara
  • Arto Tunçboyacıyan – perkusi, komposision (pada Toxicity: "Science" dan "ATWA". Steal This Album!: "Bubbles" serta beberapa konser langsung tahun 2005)[5]
Lini masa

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

  1. System of a Down (30 Juni 1998) #124 AS
  2. Toxicity (4 September 2001) #1 AS, #13 Britania
  3. Steal This Album! (26 November 2002) #15 AS, #56 Britania
  4. Mezmerize (17 Mei 2005) #1 AS, #2 Britania
  5. Hypnotize (11 September 2005)

Singel[sunting | sunting sumber]

Video klip[sunting | sunting sumber]

Garis waktu[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Meyers, Ben. System Of A Down: Right Here In Hollywood (2007), p. 14.
  2. ^ a b c "OnTroniK: System of a Down Information". Diarsipkan dari versi asli tanggal February 20, 2010. Diakses tanggal July 18, 2010. 
  3. ^ "Interview With David 'Beno' Benveniste". lamusicblog.com. March 13, 2011. Diakses tanggal August 8, 2012. 
  4. ^ "Rock City Awards 1997". rockcitynews.com. Diakses tanggal July 25, 2007. 
  5. ^ Toxicity (booklet). System of a Down. Los Angeles: American Recordings. 2001. 86059. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]