Gitar akustik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gitar akustik modern.

Gitar akustik adalah jenis gitar dimana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara di dalam ruang suara ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar. Jenis dan kualitas kayu serta jenis senar yang digunakan akan memengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik.

Karateristik[sunting | sunting sumber]

  • Suara senar diperkuat oleh bagian resonansi.
  • Gitar akustik memiliki enam senar. Namun beberapa gitar memiliki tujuh senar atau lebih.
  • Beberapa gitar menggunakan senar yang terbuat dari nilon dan yang lainnya terbuat dari baja. Gitar yang menggunakan senar nilon sering pula di sebut sebagai gitar klasik
  • Seluruh bagian gitar terbuat dari kayu. Hal ini tentunya membuat suara gitar menjadi lebih kuat dan lebih baik.

Bagian Gitar[sunting | sunting sumber]

Bagian Gitar Akustik.
  1. "Headstock" (kepala) (1)
  2. "Nut" (2)
  3. Alat Pemutar (3)
  4. Frets (4)
  5. "Neck" (Leher) (7)
  6. Heel (Penghubung) (8)
  7. Badan Gitar (9)
  8. "Bridge" (12)
  9. Bagian Belakang (14)
  10. "Soundboard" (Bagian Penghasil Suara / kotak resonansi) (15)
  11. Bagian Sisi (Samping) (16)
  12. Lubang suara (17)
  13. Senar (18)
  14. "Saddle" (19)
  15. "Fretboard" (Fingerboard) (20)

Nada[sunting | sunting sumber]

Setiap gitar rata-rata memiliki setelan nada yang berbeda. Hal ini bergantung kepada penggunaan gitar serta keinginan oleh pengguna gitar itu.

Nada yang paling umum digunakan adalah:

Senar Notasi Saintis Notasi Umum Frekuensi
Pertama E4 e' 329.63 Hz
Kedua B3 b 246.94 Hz
Ketiga G3 g 196.00 Hz
Keempat D3 d 146.83 Hz
Kelima A2 A 110 Hz
Keenam E2 E 82.41 Hz

Nada di atas berurut mulai dari senar pertama hingga senar keenam. Senar pertama memiliki nada paling tinggi, lalu hingga senar keenam yang memiliki nada paling rendah. Nada tersebut dapat dihasilkan dengan melakukan penyetelan pada gitar.

Apabila senar ditekan pada bagian frets, maka akan menghasilkan nada yang berbeda - beda. Berikut ini adalah tabel yang menunjukkan urutan

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
E F F G A A B B C C D E E
B C C D E E F F G A A B B
G A A B B C C D E E F F G
D E E F F G A A B B C C D
A B B C C D E E F F G A A
E F F G A A B B C C D E E


Beberapa jenis Pick

Alat Pemetik (Pick)[sunting | sunting sumber]

Sebuah "Pemetik (Pick)" atau "plectrum" adalah sebuah alat dari bahan keras umumnya diletakkan antara ibu jari dan jari telunjuk dari tangan digunakan untuk "memetik" senar. Meskipun pemain klasik memetik dengan kombinasi kuku dan ujung jari , memetik juga sering digunakan untuk gitar akustik listrik . Meskipun saat ini bahan yang paling sering digunakan plastik, sbenarnya banyak variasi yang ada, seperti tulang, kayu, baja atau cangkang kura-kura. Picks ada dalam berbagai bentuk dan ukuran. Pick bervariasi dari yang kecil sampai yang besar. Ketebalan memetik sering menentukan penggunaannya. Sebuah pick tipis (antara 0,2 dan 0,5 mm) biasanya digunakan untuk memetik atau memainkan irama (melodi), dan yang lebih tebal (antara 0,7 dan 1,5 + mm). Banyak alat yang dibuat sebagai pengganti pick. Banyak orang yang menggunakan kartu yang cukup keras yang lalu dibentuk sesuai keinginan.

Chord Gitar[sunting | sunting sumber]

Bagi Seorang pemula chord gitar adalah dasar utama yang harus di pahami. Chord gitar terdiri dari berbagai macam jenis tetapi yang paling sering dimainkan oleh pemula adalah chord mayor dan minor. Kedua chord ini adalah dasar utama yang harus dikuasai oleh pemula. Chord mayor lebih bernada gembira sedangkan chord minor lebih ke nada sedih. Dengan berpatokan pada hal tersebut dapat digunakan sebagai penanda ketika sedang mendengarkan sebuah lagu. Seorang Gitaris Pemula dapat memainkan lagu saat telah mahir dalam berbagai chord dengan pola progresi tertentu.Pola Progresi dasar yang dianjurkan kepada pemula adalah pola I-IV-V. Dengan pola ini dapat dilihat pada tangga nada dasar C D E F G A maka berdasarkan urutannya chord yang dimaksud adalah C = I , F = IV dan G = V . Dengan menggunakan dasar tersebut seorang gitaris dapat memainkan berbagai macam lagu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]