Entendre ganda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Entendre Ganda atau Peserta ganda (bahasa French: dubl ɑ̃.tɑ̃dʁ (ə)) adalah sebuah kiasan atau cara pengkalimatan khusus yang dirancang untuk dipahami lewat dua cara.

Sebagai catatan Entendre Ganda memiliki makna yang benar-benar Ganda (Double).[1]

Pengertian[sunting | sunting sumber]

Biasanya yang pertama artinya 'Sangat Jelas' karena isi konteksnya, sedangkan yang Lain cenderung membutuhkan lebih banyak pemikiran. Sebagai anggapan yang lebih spesifik, Sindiran itu dapat menyampaikan pesan yang akan terlalu Canggung secara Sosial, Sugestif ke arah Seksual, atau bahkan dengan menyinggung secara langsung.


Oxford English Dictionary menggambarkan makna ganda sebagai digunakan untuk "menyampaikan makna yang tidak sopan", sementara Longman Dictionary of Contemporary English mendefinisikannya sebagai kata atau frasa yang dapat dipahami dalam dua cara yang berbeda, dan salah satunya sering berbau seksual".


Entendre ganda dapat mengeksploitasi permainan kata-kata untuk menyampaikan makna yang kedua. Entendre ganda juga biasanya bergantung pada banyak makna kata, atau pengartian (interpretasi) berbeda dari makna utama yang sama. Mereka sering mengeksploitasi ambiguitas dan dapat digunakan untuk mengenalkannya secara sengaja dalam sebuah teks maupun subteks. Terkadang homophone juga dapat digunakan sebagai permainan kata-kata. Ketika tiga atau lebih makna telah dikonstruksikan, maka ini dikenal sebagai tiga makna, tiga arti, kata tiga isi dan masih banyak yang lain.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://christianfighterpilot.com/blog/2006/06/13/fighter-pilot-linguistic-games-so-to-speak/
  2. ^ http://www.ldoceonline.com/dictionary/double-entendre