Buckethead

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Buckethead
Nama lahir Brian Patrick Carroll
Nama lain Death Cube K
Lahir 13 Mei 1969 (umur 46)
Genre Avant-garde metal, speed metal, funk rock, instrumental rock, progressive rock, experimental rock, funk metal, ambient, acoustic music, jazz fusion, progressive metal
Pekerjaan Musician, songwriter
Instrumen Guitar, bass, mandolin, ukulele, piano, banjo, keyboards, cello
Tahun aktif 1988–present
Label TDRS Music, Hatboxghost Music, Bucketheadland, Avant, Day Eight Music, Sony Music Entertainment, CyberOctave, Sub Meta, Metastation, City Hall, Stray, Gonervill, Catalyst Entertainment, Ion, Disembodied, Tzadik, Avabella Productions, Serjical Strike
Artis terkait Colonel Claypool's Bucket of Bernie Brains, Guns N' Roses, Praxis, Serj Tankian, Deli Creeps, Science Faxtion, Cornbugs, El Stew, Arcana, Thanatopsis, Primus, Bill Laswell, Bootsy Collins, Viggo Mortensen
Situs web www.bucketheadland.com www.bucketheadpikes.com
Instrumen khusus
Gibson Les Paul Buckethead Signature
Jackson Y2KV
ESP M-II

Buckethead adalah nama julukan dari Brian Patrick Caroll, salah seorang anggota grup Guns N ‘Roses, sebuah grup musik Amerika Serikat.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Cerita tentang Buckethead dimulai dengan seorang anak bernama Brian Carroll yang tumbuh di pinggiran kota California Selatan tidak jauh dari Disneyland. Dia anak pemalu dan menghabiskan banyak waktu di kamarnya, yang dipenuhi dengan buku-buku komik, video game, seni bela diri memorabilia film, koleksi pedang perang-perangan, yang semuanya biasa dimiliki oleh anak-anak pada masa itu. Ia juga menghabiskan banyak waktunya di Disneyland. Sebagai seorang remaja, Brian mengambil gitar, mengambil pengaruh dari kekuasaan master musik metal seperti Angus Young dari AC/DC, Randy Rhoads dari Ozzy Osbourne Band dan virtuoso asal Swedia Yngwie Malmsteen. Brian Carroll menggabungkan sejumlah besar musik klasik dan kesadarannya tentang perkembangan musik ini. Dia membaca banyak teori musik. Dia memulai pembelajarannya dengan benar-benar serius. Tidak seperti idolanya, bagaimanapun juga Brian Carroll adalah sesuatu tapi flamboyan. Dia tidak pernah nyaman untuk berusaha menggeser posisi flamboyant dari dewa-dewa gitar pujaannya tersebut. Faktanya, dalam dunia ideal, akan ada orang lain suatu hari nanti yang ingin sepanggung dengan dia dan bersembunyi di baliknya. Semacam alter ego. Pada tahun 1988 orang-orang sedang menyukai film “Halloween 4: The Return of Michael Myers.” Setelah 10 tahun, film itu masih sering diputar ditelevisi-televisi. Brian Carrol adalah salah satu orang yang saat itu sangat menyukai film itu, dia terinspirasi oleh film itu. Dia langsung pergi keluar setelah melihat film itu dan membeli topeng putih Michael Myers. Kemudian, malam itu dia makan dan menghabiskan seember ayam goreng, dan dia dilanda inspirasi lain dari ember wadah ayam goring itu. Brian Carrol menggambarkannya dalam sebuah wawancara dengan majalah Guitar Player pada tahun 1996, “Aku sedang makan ayam, dan aku meletakkan topeng dan kemudian meletakkan ember itu di kepalaku, aku bercermin, aku lalu berkata, ‘Buckethead. Ya ada Buckethead di sana.’ Itu hanya salah satu hal, setelah itu aku ingin menjadikan hal itu sepanjang waktu.” Tentu saja ada banyak calon penyihir gitar di luar sana, namun Brian Carroll secara tegas telah membentuk karakter diri menjadi ‘Buckethead’ yang dia bentuk secara susah payah. Karakter ini, dengan topeng yang samar-samar mengerikan, tenang dibalik ember KFC, adalah seorang surealisme murni Amerika. Buckethead adalah bintang dari jenis baru yang aneh: bukan cerminan dari kepribadian yang gemar bersolek, seperti yang biasanya terjadi, tetapi dengan karakternya yang demikian ia selalu dicintai oleh orang-orang.

Perjalanan Karier Brian Carroll[sunting | sunting sumber]

Buckethead mulai bermain gitar pada usia dua belas. dia mengatakan, bagaimanapun, bahwa dia tidak akan menjadi serius hingga satu tahun kemudian, ketika ia pindah dari Huntington Beach, CA untuk Claremont, CA. Bermain-Nya mulai membaik dengan mengambil pelajaran privat dari berbagai guru di sebuah toko musiklokal,. Guru awal nya termasuk Max McGuire, Johnny akhir Fortune (1943-2006), Mark Hammond, dan Pebber Brown. Buckethead mamberikan penghargaan kepada semua guru awal ketika Deli Creep memainkan pertunjukan di ulang tahun ke 25 Styles Music. Buckethead kemudian mulai membuat demo rekaman kedua, yang akan dirilis sebagai album akustik di masa depan.

Tahun 1988[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1988 setelah meninggalkan band Class-X, Carroll memasukan lagu berjudul "Brazos" ke dalam kontes majalah Guitar Player. Itu adalah runner-up. Pada tahun yang sama, editor majalah, Jas Obrecht, datang untuk mengetahui Buckethead. ketika itu Brian dan orang tuanya meninggalkan rekaman demo di meja resepsionis majalah untuk Obrecht. Terkesan dengan demo ini, ia bergegas ke restoran tempat Buckethead dan orang tuanya sedang makan siang dan mendorongnya untuk membuat sebagian besar bakatnya disalurkan. Mereka segera menjadi teman. Pada tahun 1989 lagu berjudul "Soowee" oleh Buckethead disebutkan sebagai lagu terhormat dalam kontes lagu lain. Pada tahun 1991,Buckethead pindah ke ruang bawah tanah Obrecht's (ini juga di mana"Buckethead di Basement" rekaman untuk Young Buckethead DVD difilmkan). Lagu "Brazos" akhirnya dirilis pada tahun 1991 demo tapeband-nya Deli Creep, berjudul "Tribal Ritus," dan lagi sebagai bahan bonus di Buckethead's Secret Recipe DVD pada tahun 2006. LukeSacco adalah gurunya.

Tahun 1992[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1992, Buckethead, dengan Bill Laswell, Bernie Worrell, Bootsy Collins, dan Bryan "Brain" Mantia, membentuk Praxissupergrup. Album pertama mereka, Transmutasi (mutatis mutandis),dirilis pada tahun yang sama, diterima dengan baik. Proyek ini konsep milik Bill Laswell's, dan sejak ada tamu-tamu lain yang terlibat seperti SerjTankian Sistem of a Down, di antara banyak lainnya. Buckethead tidak berpartisipasi dalam semua rilis kecuali rilis 1984 awal dan Mold(1998).

Tahun 1994[sunting | sunting sumber]

Juga pada tahun 1994, Buckethead merilis album studio kedua, Giant Robot, yang menampilkan penampilan tamu banyak oleh seniman seperti Iggy Pop dan Bill Moseley. Nama album berasal dari seri Jepang Johnny Sokko dan nya Flying Robot, karena Buckethead adalahseorang penggemar seri tersebut. Ia juga merilis dua album lain dengan Praxis, Menurut Anthony Kiedis ', Scar Tissue, Buckethead pernah mengikuti audisi untuk bermain gitar untuk Red Hot Chili Peppers, tak lama setelah John Frusciante meninggalkan band, tanpa harus mendengar salah satu lagu mereka. Pemain bas band Flea mencatat bahwa : "Ketika ia selesai, band raucously bertepuk tangan. Dia adalah "manisdan normal", tetapi mereka menginginkan seseorang "... yang juga bisa menendang alur."

Tahun 1995[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1995, Buckethead tidak merilis album solo apapun tapi berkolaborasi dengan beberapa seniman seperti Jonas Hellborg dan Michael Shrieve (Oktaf from Holy Innocents). Ia juga berkontribusi untuk soundtrack film, diantaranya sebagai Johnny Mnemonic danMortal Kombat. Kemudian, pada tahun 1996, Buckethead merilis album studio yg ketiga “The day Of the Robot “dengan bantuan produser Inggris DJ Ninj dan Laswell,ditambah album lain dengan Brain and keyboardist Pete Scaturro pada label Jepang NTT kecil Records, yang disebut Giant Robot. Kedua album tersebut dicetak hanya dalam jumlah kecil dan item kolektor'sekarang. Sebuah tape demo kedua oleh Deli Creep juga direkam.

Tahun 1999[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1999, Buckethead merilis album kelima, sebuah kolaborasi dengan Les Claypool dari Primus band, berjudul Monster dan Robot - saat ini menjadi album dengan penjualan terbaik sepanjang karirnya. Isi dari album ini diantaranya "The Ballad Of Buckethead," adalah video musik pertama yang pernah dibuat. Juga pada tahun ini, ia memulai tiga proyek baru, yang pertama adalah Cornbugs band, kolaborasi dengan aktor Bill Moseley,Pinchface drummer, dan kemudian keyboardist Travis Dickerson.Proyek lain, Cobra Strike dengan album yang disebut The 13th Scroll, menampilkan Pinchface, Bryan "Brain" Mantia, DJ Disk, dan BillLaswell. Buckethead juga rekaman dengan aktor Viggo Mortensen, dimana mereka pertama kali bertemu melalui proyek rekaman bernama Mitos: Mimpi Dunia pada tahun 1996. Bersama-sama mereka merilis One Man's Meat, One Less Thing to Worry About, and The Other Parade. Rilis tersebut cukup langka sekarang, tapi sebuah album kompilasi yang disebut ini, itu, dan The Other dikeluarkan pada tahun 2004 untuk mengkompensasi hal ini. Sebuah versi ulang Live diPolandia oleh Praxis, disebut Warszawa, ditambah soundtrack film Mighty Morphin Power Rangers, juga keluar tahun ini. SelanjutnyaBuckethead menawarkan fans untuk membeli setengah jam khususpanjang "rekaman pribadi" dengan harga sebesar $ 50 masing-masing. Pembeli bisa memilih keluar isi beberapa kategori.

New Guns n Roses[sunting | sunting sumber]

Tahun 2001... New GNR... Ketika Brian Carroll pertama kali mendapat telepon dari Axl Rose untuk mengundangnya bergabung bersama Guns N ‘Roses, ia bingung pada awalnya. Dia tahu band itu tentu saja, tapi itu tidak benar-benar terpikirkan untuk itu, kan? Meskipun demikian Axl bertahan untuk tetap mengundang Brian Carrol. Pada Natal ia mengundang Brian Carrol ke rumahnya. Dihari liburan Natal itu, Buckethead belum benar-benar merasa bahagia saat itu, dia sangat menginginkan hadiah natal berupa boneka Leatherface, namun tak ada seorang pun yang memberikannya hadiah tersebut. Dan ketika dia tiba di rumah Axl Rose, Axl tiba-tiba memberikannya bungkusan hadiah yang ternyata adalah boneka Leatherface yang sangat dia inginkan selama ini, dia benar-benar berpikir bagaimana bisa Axl tahu tentang apa yang dia inginkan, dan lalu dia setuju untuk bergabung bersama Guns N’ Roses. Pada tahun 2004 Buckethead memutuskan untuk keluar dari Guns N’ Roses, dia terlalu bosan untuk menunggu kepastian rilisnya album Chinese Democracy, yang ia merasa tugas-tugasnya di sana sudah selesai ia lakukan. Pada tahun 2008, perusahaan minuman ringan asal Amerika Serikat bernama Dr.Peppers berjanji akan memberikan sekaleng minuman ringan gratis kepada seluruh warga AS jika album Chinese Democracy Guns N’ Roses benar-benar akan dirilis pada tahun 2008, kecuali hanya ada dua orang yang tidak bisa menikmati promo ini yaitu, Slash dan Buckethead. Dr.Peppers memberikan bentuk dukungan hebat kepada Axl Rose dan GNR untuk segera merilis album pada tahun itu, dan dia merasa bahwa orang-orang seperti Slash dan Buckethead tidak pantas menerima promo itu karena dianggap telah mengkhianati Axl Rose. Beberapa waktu kemudian Slash, mantan gitaris Guns N’ Roses yang disebut-sebut Dr Peppers tidak akan menerima minuman ringan gratis darinya itu menanggapi, “Haha, santai saja, Saya dan Buckethead akan melewati hari itu dengan minuman Coca-Cola.” Ujar Slash pada tahun 2008. Komentar ini cukup pedas mengingat Coca-Cola jauh lebih besar daripada Dr.Peppers. Dave Mustaine (gitaris Megadeth) Berpendapat Bahwa Buckethead Lebih Hebat Daripada Slash dan Dirinya. Pada tahun 2008, seorang wartawan bernama Erin Broadley dari LA Weekly melakukan wawancara dengan Slash pada Selasa, 7 Oktober 2008 di Hollywood, California.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Interview dari LA Weekly: “Saya mewawancarai Dave Mustaine dari Megadeth beberapa waktu yang lalu di Guitar Center Sessions dan ia banyak memuji Anda, tetapi kemudian ia berkata,”Buckethead (mantan gitaris Guns N’ Roses) mungkin dua kali lebih bagus dibanding seorang pemain gitar seperti saya dan Slash jika digabungkan, dan bisa berdiri dengan tutup kepala Fried Chicken sepanjang malam selama beberapa jam." Slash: “Yah, itu sebenarnya benar. Siapa saja yang mengenal saya tahu bahwa secara teknis saya tidak bisa bermain dengan cara saya keluar dari kantong kertas. Haha… Atau menggunakan ember Kentucky Fried Chicken, dalam hal ini. Saya berhasil melakukan apa yang saya lakukan didasarkan pada jenis perasaan tertentu dan sound. Aku mulai lebih baik, tapi aku belum pernah apa menjadi seorang yang Anda sebut pemain gitar teknis sehingga dia (Dave Mustaine) sangat benar hahaha."