Speed metal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Speed metal adalah subgenre ekstrim musik heavy metal yang berasal dari akhir 1970-an dari gelombang baru akar British heavy metal (NWOBHM).[2] Ini digambarkan oleh AllMusic sebagai musik yang "sangat cepat, kasar, dan menuntut secara teknis".[3]

Biasanya dianggap kurang abrasif dan lebih melodis daripada thrash metal, menunjukkan pengaruh yang lebih kecil dari hardcore punk. Namun, speed metal biasanya lebih cepat dan lebih agresif daripada heavy metal tradisional, juga menunjukkan lebih banyak kecenderungan untuk bermain solo virtuoso dan menampilkan bagian instrumental pendek di antara bait. Lagu-lagu speed metal sering menggunakan vokal yang sangat ekspresif, tetapi biasanya lebih kecil kemungkinannya untuk menggunakan vokal "keras" daripada lagu-lagu thrash metal.[4]

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Gelombang baru heavy metal Inggris[sunting | sunting sumber]

Salah satu pengaruh utama pada perkembangan speed metal adalah gelombang baru heavy metal Inggris, atau NWOBHM. Ini adalah gerakan heavy metal yang dimulai pada akhir 1970-an, di Inggris, dan mendapat perhatian internasional pada awal 1980-an. Band-band NWOBHM mengurangi pengaruh blues dari aksi-aksi sebelumnya, memasukkan unsur-unsur punk, meningkatkan tempo, dan mengadopsi suara yang "lebih keras", mengambil pendekatan yang lebih keras terhadap musik mereka.

Itu adalah era yang ditujukan hampir secara eksklusif pada penggemar heavy metal dan dianggap sebagai batu fondasi utama untuk genre metal ekstrim.

NWOBHM mendominasi kancah heavy metal pada awal pertengahan 1980-an. Itu musik ditandai dengan lagu-lagu tempo cepat upbeat, power chords, solo gitar cepat dan melodi, vokal melonjak. Grup seperti Iron Maiden, Judas Priest, Venom, Saxon dan Motorhead serta banyak grup yang kurang dikenal, menjadi bagian dari kanon yang memengaruhi band-band Amerika yang terbentuk pada awal tahun delapan puluhan.

Pengaruh metal lainnya[sunting | sunting sumber]

Motorhead bermain di tahun 2005

Motorhead sering dianggap sebagai band pertama yang memainkan speed metal pada pertengahan 1970-an.[5] The Sweet merilis "Sweet F.A." dan "Set Me Free" pada bulan April 1974 yang sangat mempengaruhi speed metal di akhir dekade ini. Beberapa pengaruh speed metal sebelumnya termasuk "Children of the Grave" milik Black Sabbath dan "Symptom of the Universe", "Breadfan" milik Budgie dan "Stone Cold Crazy" milik Queen (dua yang terakhir akhirnya dibawakan oleh band thrash metal Metallica),[6] sebagai serta lagu-lagu Deep Purple tertentu seperti "Speed King", "Fireball" dan "Highway Star". Yang terakhir disebut "early speed metal" oleh Robb Reiner dari band speed metal Anvil.[7]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal usul nama genre adalah "Speed King" yang tepat oleh Deep Purple.[8] Perekaman pada lagu dimulai pada tahun 1969 membuatnya hampir satu dekade penuh sebelum gaya musik diakui. Lagu ini tidak hanya sangat cepat dan teknis tetapi juga sangat keras menciptakan distorsi yang nyata dalam proses perekaman. Judul lagu untuk album band berikutnya, Fireball, adalah penyempurnaan lebih lanjut dari pengaruh band dengan penggunaan drum bas ganda oleh drummer Ian Paice. Cara memainkan double bass drum di "Fireball"—uptempo "four on the floor"—menjadi andalan di banyak lagu heavy, speed, dan thrash metal di tahun-tahun berikutnya.

Ini adalah satu-satunya lagu Deep Purple yang menggunakan double bass drum, dan video dari band menunjukkan bahwa mereka benar-benar mengeluarkan bass kedua sesuai kebutuhan untuk memainkan lagu tersebut. Meskipun permainan teknis yang cepat tidak mendominasi musik Deep Purple, mereka jelas merupakan penemu rock yang cepat, teknis, dan keras. Karakteristik tersebut akan menjadi keunggulan dari speed metal. Nama lagu asal, "Speed ​​King" juga akan berperan dalam penamaan genre. Paling tidak, band ini mengakui apa yang mereka lakukan yang merupakan keberangkatan radikal dari semua musik rock sebelumnya.

Black Sabbath adalah band heavy metal Inggris dari Birmingham, Inggris dan sering disebut sebagai salah satu kakek dari genre tersebut. Meskipun biasanya dikenal karena memainkan tempo yang lambat dan lamban, "After Forever" adalah lagu dengan tempo yang sangat tinggi dengan tempo yang jauh lebih cepat daripada lagu-lagu lain dalam katalog mereka. Masih pada lagu-lagu tertentu lainnya seperti "Electric Funeral", "Into the Void" dan "Under the Sun (Every Day Comes and Goes)" terdapat bagian di tengah lagu yang bergeser menjauh dari musik inti dan memainkan kecepatan yang jauh lebih cepat daripada lagu lainnya, lalu kembali ke melodi aslinya. Ada orang yang percaya bahwa lagu mereka "Symptom of the Universe" dari album Sabotage rilisan 1975 mereka adalah contoh nyata pertama dari lagu speed metal.

Judas Priest adalah band heavy metal Inggris, juga dibentuk di Birmingham, Inggris, yang sering bermain lebih cepat daripada kebanyakan grup rock saat itu dan membawa suara yang lebih "metalik" ke gitar. Beberapa lagu, seperti "Exciter" tahun 1978, merupakan terobosan karena keganasan dan kecepatannya; sedikit, jika ada, band yang mengecualikan Motorhead bermain dengan tempo yang sama.[butuh rujukan]

Exciter (yang mengambil nama mereka dari lagu Judas Priest yang disebutkan di atas) adalah band speed metal Kanada dari Ottawa, Ontario, yang dibentuk pada tahun 1978. Mereka secara luas dianggap sebagai salah satu band speed metal pertama dan pengaruh mani dari thrash genre logam. Anvil adalah band speed metal Kanada lainnya, dari Toronto, Ontario, yang juga dibentuk pada tahun 1978. Sampai saat ini, band ini telah merilis tujuh belas album studio, dan telah disebut-sebut telah mempengaruhi banyak grup thrash metal terkenal, termasuk Metallica, Anthrax, Slayer dan Megadeth.[9]

Accept adalah band heavy metal Jerman yang memainkan peran penting dalam pengembangan speed dan thrash metal, menjadi bagian dari scene heavy metal Jerman, yang muncul pada awal hingga pertengahan 1980-an. Yang paling penting adalah lagu 1982 mereka "Fast as a Shark".

Speed ​​metal akhirnya berkembang menjadi thrash metal.[3] Meskipun banyak yang cenderung menyamakan kedua subgenre tersebut, yang lain berpendapat bahwa ada perbedaan yang mencolok di antara keduanya. Dalam bukunya Sound of the Beast: The Complete Headbanging History of Heavy Metal, Ian Christe menyatakan bahwa "...thrash metal lebih mengandalkan istirahat berirama yang panjang dan memilukan, sementara speed metal... adalah subkategori yang lebih bersih dan lebih rumit secara musikal, masih setia pada melodi duel metal klasik."[10] Namun, di halaman berikutnya, Christe menyebut speed metal sebagai "bagian dari thrash metal" dan berpendapat bahwa "Ada sedikit perbedaan intrinsik antara speed metal dan thrash metal. Namun, dengan ledakan mendadak dari band yang cepat dan mengamuk, terkadang membantu untuk membedakan antara thrash metal yang berdenyut-denyut, ritme-berat dan sesuatu yang sedikit lebih bersih dan lebih merdu--dijuluki speed metal."[11] Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa band black metal gelombang pertama seperti Venom, Sodom, dan Bathory adalah speed metal dan black metal berevolusi sebagai bentuk ekstrim dari speed metal.

Perbedaan daerah[sunting | sunting sumber]

Suara speed metal bervariasi di antara berbagai adegan regional. Band-band Eropa condong ke arah suara band-band seperti Venom dan Motorhead. Band-band Jepang memiliki suara yang lebih melodik yang menyerupai power metal. Band-band Amerika Utara memiliki suara yang lebih cepat dan lebih agresif yang nantinya akan mempengaruhi gerakan thrash metal.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Popoff, Martin (2017). Speed Metal. 
  2. ^ K. Kahn-Harris, Extreme Metal: Music and Culture on the Edge (Berg Publishers, 2007), ISBN 1-84520-399-2, p. 31.
  3. ^ a b c "Speed/Thrash Metal". AllMusic. All Media Network. Diakses tanggal 2 January 2017. 
  4. ^ "The Best Speed Metal Albums". Heavy Metal Encyclopedia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 April 2011. Diakses tanggal 5 February 2014. 
  5. ^ Erlewine, Stephen Thomas. "Motörhead: Biography". AllMusic. All Media Network. Diakses tanggal 4 May 2010. 
  6. ^ Jones, Chris (7 June 2007). "Queen: Sheer Heart Attack Review". BBC Music. Diakses tanggal 28 March 2009. 
  7. ^ "Anvil On Deep Purple's "Highway Star"". VH1. 16 March 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 June 2011. Diakses tanggal 8 April 2013. 
  8. ^ "Speed Metal - Music genre - RYM". Rate Your Music. 
  9. ^ "SPEED METAL, a metal music subgenre". metalmusicarchives. 
  10. ^ * Christe, Ian (2004). Sound of the Beast: The Complete Headbanging History of Heavy Metal. !t Books. New York City, New York: HarperCollins. hlm. 137. ISBN 978-0-380-81127-4. 
  11. ^ Christe 2004, p. 138.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]